Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Sistem Pernapasan Manusia Melalui Model Pembelajaran Proyek Dan Media Audio Visual Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Rangkasbitung Timur

Authors

  • Alvina Fitriani Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Daroh Jatun Ambiallah Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Ilham Nur Dzikri Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Yadi Heryadi Universitas Setia Budhi Rangkasbitung

Keywords:

Sistem Pernapasan, Organ Pernapasan, Inspirasi, Ekspirasi, Pembelajaran IPA SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses sistem pernapasan pada manusia dalam bentuk yang mudah dipahami oleh siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Sistem pernapasan merupakan salah satu sistem organ penting yang memungkinkan tubuh manusia mendapatkan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Pada tingkat pendidikan dasar, pemahaman tentang organ-organ pernapasan (hidung, tenggorokan, bronkus, paru-paru) dan fungsinya menjadi fondasi penting dalam pembelajaran IPA. Metode pembelajaran menggunakan pendekatan visual dan praktik sederhana untuk menggambarkan proses pernapasan, termasuk proses inspirasi dan ekspirasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman tentang sistem pernapasan dapat ditingkatkan melalui demonstrasi dan aktivitas praktis yang melibatkan siswa secara langsung. Dengan memahami sistem pernapasan, siswa diharapkan dapat menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ pernapasan dan lingkungan sekitar.

References

Wahyuni, W. R., Chasanatun, F., & Sumeni, M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas 5 SD pada Materi Organ Pernapasan Manusia dengan Media Paru-paru Balon Melalui Siklus TaRL dan Pendekatan Diferensiasi. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1453–1458.

Lamalundu, P., Panai, A. H., & Arifin, I. N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran PJBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Organ Pernapasan Manusia di Kelas V SDN 3 Bone Raya. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 112–119.

Puspita, R. D., Paksi, H. P., & Sutaji. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi (Gaya Belajar) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPAS Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Sukowati Kapas Bojonegoro. Journal on Education, 6(1), 871–885.

Roswita, R., Rede, A., & Ratman. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Alat Pernapasan pada Manusia Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas V SDN Taningkola. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(2), 74–80.

Nuryani, L., & Abadi, I. G. S. (2021). Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 247–254.

Sari, A. L. (2021). Wawancara langsung dengan peserta didik kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati pada tanggal 16 April 2021 pukul 08.00 WIB.

Fitria, R. (2012). Proses Pembelajaran dalam Setting Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 90–101.

Yulaika, L. (2019). Maestro. Kartasura: CV. Hasan Pratama.

Guyton, A. C., & Hall, J. E. (2021). Textbook of Medical Physiology (15th ed.). Philadelphia: Elsevier.

Tortora, G. J., & Derrickson, B. (2023). Principles of Anatomy and Physiology (16th ed.). New York: Wiley.

Wahyuni, W. R., et al. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Sains... MARAS, 2(3), 1453–1458.

Lamalundu, P., et al. (2024). Penerapan PJBL...Diaktik, 10(2), 112

Puspita, R. D., et al. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi... Journal on Education, 6(1),

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Fitriani, A., Jatun Ambiallah, D., Nur Dzikri, I. ., & Heryadi, Y. . (2025). Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Sistem Pernapasan Manusia Melalui Model Pembelajaran Proyek Dan Media Audio Visual Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Rangkasbitung Timur. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 3(3), 207–211. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/5302

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)