Sistem Pendukung Keputusan Pengajuan PinjamanDi Koperasi Karya Utama Dengan Metode Analytic Hierarchy Process

Authors

  • Rengga Herdiansyah Universitas Pamulang
  • Ardy Wirasaputra Universitas Pamulang

Keywords:

AHP, Koperasi, Pinjaman, Sistem Penunjang Keputusan

Abstract

Koperasi Karya Utama adalah lembaga keuangan yang memberikan layanan pinjaman uang kepada anggota untuk memenuhi kebutuhan finansial. Namun, seringkali mengalami kesulitan dalam menentukan keputusan persetujuan pengajuan pinjaman uang oleh anggota koperasi. Kondisi tersebut diakibatkan oleh minimnya pengetahuan anggota koperasi dalam mengelola keuangan, sehingga seringkali terjadi keterlambatan pembayaran cicilan pinjaman dan adanya risiko gagal bayar. Dalam proses pengajuan pinjaman, Koperasi Karya Utama membutuhkan sistem pendukung keputusan yang efektif dan efisien untuk menentukan apakah suatu pengajuan pinjaman dapat disetujui atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pendukung keputusan persetujuan pengajuan pinjaman uang di Koperasi Karya Utama dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) berbasis website. Metode AHP digunakan untuk mengukur tingkat kepentingan setiap kriteria dan alternatif yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan yang mampu membantu petugas Koperasi Karya Utama dalam menentukan persetujuan pengajuan pinjaman dengan lebih cepat dan memberikan hasil yang berkualitas. Sistem ini juga dapat membantu anggota Koperasi Karya Utama dalam memahami kriteria yang dipertimbangkan dalam proses pengambilan keputusan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap koperasi.

References

Hadiwijaya, N. A., Hamdani, H., Syafrianto, A., & Tanjung, Z. (2018). The decision model for selection of tourism site using analytic network process method. International Journal of Intelligent Systems and Applications, 10(9), 23-31.

Gamal, M. (2019). Análisis Koperasi Sebagai Lembaga Keuangan Non Bank.

Rivalda, R., & Ardiansyah, H. (2021). Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode AHP Dan TOPSIS Untuk Menentukan Tenaga Pengajar Terbaik Berbasis Web Pada Boston Course Indonesia. Scientia Sacra: Jurnal Sains, Teknologi dan Masyarakat, 1(3), 160-173.

Septilia, H. A., Parjito, P., & Styawati, S. (2020). Sistem pendukung keputusan pemberian dana bantuan menggunakan metode AHP. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 34-41.

Sitorus, S. P. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Pinjaman Kepada Konsumen Dengan Jaminan BPKB Sepeda Motor Di Kios PT. FIF Negeri Lama Dengan Methode Analytic Hierarchi Process (AHP). INFORMATIKA, 9(1), 20-31.

Sutrisno, I., & Hariman, I. (2021). Model Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Menggunakan Metode AHP Di Koperasi Spps. Jurnal Komputer Bisnis, 14(2), 34-38.

Downloads

Published

2024-02-18

How to Cite

Herdiansyah, R. ., & Wirasaputra, A. . (2024). Sistem Pendukung Keputusan Pengajuan PinjamanDi Koperasi Karya Utama Dengan Metode Analytic Hierarchy Process . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(2), 502–516. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/4040