LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic <p><strong>LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan dengan ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230104082165000"> 2985-4172 </a></strong></p> en-US admin@mediapublikasi.id (Jurnal Logic) journal.mediapublikasi@gmail.com (admin) Tue, 01 Aug 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 SISTEM PEMBAYARAN SPP BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PAYMENT GATEWAY MIDTRANS https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2465 <p>Tujuan dari penelitian adalah untuk mengembangkan sistem pembayaran SPP menggunakan payment gateway midtrans agar dapat mempermudah pendataan dan proses pengolahan data pembayaran SPP siswa sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang cepat dan akurat. Metodologi penelitian yang digunakan dalam sistem pembayaran SPP menggunakan payment gateway midtrans adalah metode studi pustaka yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan mengambil data-data dari berbagai buku diperpustakaan, jurnal serta buku-buku lainnya yang dapat dijadikan landasan untuk menganalisis masalah yang dapat dibahas dalam penelitian, serta metode studi lapangan yaitu dengan melakukan pengamatan secara langsung seperti wawancara dan observasi. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode <em>Waterfall</em>. Hasil dari penelitian ini adalah adanya suatu perangkat aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan penyimpanan data menggunakan <em>database </em>dari MySQL sehingga proses pembayaran SPP menggunakan payment gateway midtrans pada SMK Taruna Terpadu 2 menjadi lebih efektif, efisien dan praktis.</p> Riki Rikardo Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2465 Tue, 01 Aug 2023 00:00:00 +0000 Rancangan Bangun Aplikasi Pengelolaan Pasien Berbasis Web Dengan Metode Scrum https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2480 <p>Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat dan terbukti berperan dalam berbagai kegiatan, sehingga mendukung kinerja peningkatan efisiensi, efektivitas dan produktivitas bagi berbagai instansi, baik instansi pemerintahan negeri, swasta maupun perorangan atau individual, serta mendorong pewujudan masyarakat yang maju dan sejahtera. Sektor kesehatan yang merupakan salah satu sektor penting dari pemerintah merupakan salah satu sektor pembangunan yang sangat potensial untuk dapat di integrasikan dengan kehadiran teknologi informasi. Puskesmas Setu yang menjadi salah satu pusat pelayanan kesehatan di Kota Tangerang Selatan merupakan salah satu instansi kesehatan yang sedang dikembangkan. Dengan jumlah pasien yang cukup banyak, menyebabkan masalah dalam mendapatkan informasi tentang pasiennya, jumlah pasien, jumlah kunjungan, total pendapatan, data persediaan obat dan data obat yang sudah digunakan oleh puskesmas tersebut. Selain masalah pendataan pasien dan pengarsipan catatan medis merupakan suatu hal penting yang perlu diperhatikan. Dengan melihat permasalahan yang ada, maka puskesmas setu, dengan berkembangnya teknologi informasi dan dengan memanfaatkan teknologi informasi, dirasa perlu untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat mengatasi masalah- masalah yang dihadapi sehingga bisa meningkatkan pelayan kesehatan kemasyarakat demi terwujudnya visi dan misi puskesmas setu. Aplikasi yang dibuat adalah aplikasi berbasis web. Aplikasi ini akan penulis buat dengan menggunakan Apache sebagai web server, PHP sebagai bahasa pemrogramannya dan MySQL sebagai database.</p> Muhamad Hadi Yusuf, Atang Susila Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2480 Tue, 01 Aug 2023 00:00:00 +0000 Perancangan Sistem Informasi Pemilihan Karyawan Terbaik PT. Nusa Dua Natura Berbasis Web Menggunakan Metode Topsis https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2481 <p>Karyawan merupakan unsur yang paling utama dan inti dalam berjalannya roda perusahaan sehingga membutuhkan kinerja karyawan yang baik yang paham visi dan misi perusahaan juga yang bisa menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik mungkin. untuk meningkatkan kinerja karyawan perlu adanya mekanisme penilaian kinerja bagi seluruh karyawan. PT. Nusa Dua Natura selama ini melakukan penilaian karyawannya belum menggunakan metode apapun yang ilmiah sehingga dirasa hasilnya tidak adil dan sangat subyektif menimbulkan ketidak puasan terhadap hasil penilain tersebut. Perlu adanya metode Sistem Pengambilan Keputusan (SPK) dalam penilaian kinerja karyawannya. Metode TOPSIS dirasa cocok untuk dijadikan metode di dalam mengambil keputusan memilih karyawan terbaik karena konsepnya sederhana tetapi tahapan pemecahan masalahnya termasuk kompleks sehingga penilaian kinerja yang di hasilkan bersifat objektif dan dpat diterima semua pihak.</p> Ogig Wibowo, Atang Susila Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2481 Tue, 01 Aug 2023 00:00:00 +0000 Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Supplier Terbaik dengan menggunakan Metode Profile Matching https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2518 <p>Supplier memegang peranan penting dalam ketersediaan bahan baku untuk berlangsungnya aktivitas produksi suatu perusahaan. Perusahan perlu mengambil sebuah keputusan untuk pemilihan supplier biji plastik terbaik agar dapat menjadi pemasok tetap dan meningkatkan produksi yang berkualitas. Pemilihan supplier di PT Global Polimer Indonesia selama ini belum menggunakan sistem yang terkomputerisasi dan masih dinilai secara subyektif. Sistem pendukung keputusan dapat membantu dalam pemilihan supplier pada PT Global Polimer Indonesia. Sistem pendukung keputusan yang saat ini berkembang dengan beberapa metodenya yang diantaranya adalah metode Profile Matching. Kriteria yang digunakan pada sistem pendukung keputusan penentuan supplier ini berdasarkan 3 (tiga) aspek penilaian yaitu aspek harga, aspek kualitas dan aspek pelayanan. Sistem pada penelitian ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan database menggunakan MySQL.</p> Rasdiyana Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2518 Tue, 01 Aug 2023 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI WEBSERVER BERBASIS DOCKER DAN LINUX https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2526 <p>Teknologi Docker countainer dan jenis Bahasa pemrograman kini kiat berpengaruh dalam mengembangkan aplikasi, dengan menggunkan Docker sebagai teknologi container kita dapat menghemat resource jika di bandingkan dengan teknologi virtualisasi seperti Virtualbox, VMWare. Linux adalah nama yang diberikan kepada kumpulan system operasi mirip unix sebagai kernelnya, linux merupakan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka terbesar di dunia, seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber linux dapat dimodifikasi, dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja dan biaya operasional yang rendah, dan kompatiblitas yang tinggi dibandingkan system unix yang tak bebas.</p> Antonio Hati Dame, Achmad Udin Zailani Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2526 Tue, 01 Aug 2023 00:00:00 +0000 Aplikasi Pengaduan Anggota Serikat Pekerja Dengan Metode Object Oriented Analysis Design (OOAD) Berbasis Website https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2534 <p>Serikat Pekerja adalah organisasi yang berfungsi untuk memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja/buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya. Namun karena banyaknya kendala, banyak anggota yang menjadi malas untuk pergi ke kantor pengurus untuk mengadukan keluhannya. Grup chat whatsapp yang sudah dibuat oleh pengurus pun menjadi tidak efektif, Maka Dari itu Penggunaan aplikasi pengaduan anggota merupakan solusi dalam pengelolaan keluhan dan pengaduan dari anggota kepada pengurus keanggotaan serikat.</p> Muhammad Restu Al Kholiq, Sewaka Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2534 Tue, 01 Aug 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Internet Of Things Pada Sistem Aplikasi Presensi Siswa Berbasis Web https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3426 <p>Presensi siswa merupakan hal yang penting dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dengan adanya presensi dapat memberikan informasi yang berguna untuk penilaian kepada siswa. Presensi siswa yang dilakukan di SMK Negeri 8 Kabupaten Tangerang masih menggunakan sistem manual yaitu setiap guru mata pelajaran mengabsen siswa dari buku kehadiran yang dimiliki oleh setiap guru. Sistem ini memiliki kekurangan yaitu rekapitulasi data kehadiran seringkali berbeda antara guru mata pelajaran dengan buku kehadiran di kelas maupun rekap kehadiran yang ada di bagian kesiswaan dan Tata Usaha, selain itu untuk mencari data kehadiran setiap siswa membutuhkan waktu karena harus mengecek satu persatu rekap kehadirannya. Dengan adanya masalah tersebut maka peneliti mencoba memberikan solusi dengan membuat sebuah aplikasi web yang dikombinasikan dengan perangkat IoT. Teknisnya setiap siswa akan mendapatkan kartu siswa, kemudian kartu tersebut di daftarkan ke sistem melalui perangkat IoT, setelah terdaftar maka siswa melakukan scan ke perangkat IoT di setiap jam pelajaran dan data tersebut akan masuk ke database sistem sehingga guru mata pelajaran, bagian kesiswaan dan tata usaha bisa langsung melihat setiap kehadiran siswa di setiap kelasnya. Dengan pererapan IoT dalam sistem presensi ini dapat memberikan kemudahan dalam melakukan rekapitulasi dan pencarian data juga data yang didapat akan sama baik data di kelas, data di setiap guru mata pelajaran, juga data di bagian kesiswaan dan tata usaha sehingga ini kan lebih efektif juga lebih efisien dari segi waktu sehingga data menjadi <em>real time</em>.</p> Muhamad Rosdiana, Erdi Sutriyatna Copyright (c) 2023 https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3426 Tue, 01 Aug 2023 00:00:00 +0000 SISTEM INFORMASI PENERIMAAN KARYAWAN BERBASIS WEB METODE PROTOTYPE PADA PT. NITTOH PRESISI INDONESIA https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2181 <p>PT. Nittoh Presisi Indonesia merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi lensa optik kaca, penyalur tenaga kerja pada perusahaan lain yang mempunyai kesulitan melakukan rekrutmen karyawan yaitu dalam proses administrasi dan test. Disini penulis telah melakukan penelitian pada perusahaan ini dimana penulis menemukan beberapa kekurangan khususnya pada administrasi dan test baik dalam pengolahan data pelamar dan ujian seleksi tertulis yang seharusnya menggunakan website untuk mempermudah calon pelamar. Maka dibutuhkan suatu sistem informasi rekrutmen karyawan secara online pada PT. Nittoh Presisi Indonesia yang bisa membantu mengatasi masalah pada PT. Nittoh Presisi Indonesia. Hasil yang diperoleh dari sistem informasi rekrutmen karyawan secara online pada PT. Nittoh Presisi Indonesia ini adalah peningkatan pelayanan berupa informasi mengenai lowongan pekerjan secara terbaru, proses lamaran administrasi yang bisa dilakukan dimana saja, serta pengolahan data lamaran yang lebih mudah dilakukan oleh perusahan dan kegiatan penyeleksian berupa test tertulis yang lebih menghemat biaya dan waktu. Diharapkan dengan dibuatnya website sistem informasi ini lebih memudahkan masyarakat khususnya para pencari pekerjaan untuk mendaftarkan diri sebagai calon tenaga kerja pada PT. Nittoh Presisi Indonesia.</p> Ramdoni Abdul Rahman, Nurjaya Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2181 Tue, 01 Aug 2023 00:00:00 +0000 PERANCANGAN SISTEM ABSENSI ONLINE MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING PADA PT. BICOM MITRA SOLUSINDO https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2551 <p>Absensi kehadiran karyawan merupakan faktor penting bagi sebuah instansi atau perusahaan untuk mencapai tujuan, hal ini berkaitan pada kedisiplinan dan berdampak pada kinerja dari masing-masing pegawai. Oleh karena itu, perlu adanya pendataan khusus untuk mencatat absensi kehadiran dan ketidakhadiran agar aktifitas kerja dapat tercatat secara realtime dan baik. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencapai sistem informasi absensi yang baik, salah satunya menggunakan teknologi komputer dimana penerapannya dengan aplikasi absensi berbasis website. <em>Extreme programming</em> merupakan salah satu metode pengembagan turunan dari <em>agile development</em>. <em>Agile development</em> adalah teknik pengembangan yang dapat dilakukan dengan cepat atau dalam artian pemenuhan kebutuhan perangkat lunak atau sistem informasi yang melibatkan pengguna dengan tujuan meminimalisir kesalahan pengembangan. Penulisan penenlitian ini menggunakan metode Extreme Programming dengan tahapan perencanaan, desain, coding dan testing. Untuk pembuatan aplikasi menggunakan Bahasa pemrograman PHP serta database MYSQL sebagai penyimpanan data untuk laporan absensi. Penulis melakukan penelitian untuk membuat suatu aplikasi yang dapat membantu PT Bicom Mitra Solusindo agar mempermudah melakukan proses dan mendapat laporan absensi dengan efektif dan efisien.</p> Mochamad Dany, Perani Rosyani Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2551 Tue, 01 Aug 2023 00:00:00 +0000 PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN SMARTHOME LOCK DOOR MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER ARDUINO BERBASIS INTERNET OF THINGS https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2571 <p><em>Internet of Things</em> (IoT) merupakan penerapan teknologi modern dibidang elektronika. <em>Internet of Things</em> (IoT) merupakan teknologi yang memungkinkan adanya pengendalian, komunikasi, dan kerja sama dengan berbagai perangkat keras melalui jaringan internet. IoT dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan peralatan elektronik seperti kunci pintu. Sebuah sistem keamanan pada pintu biasanya dilakukan secara manual dengan kunci untuk membuka atau mengunci sebuah pintu dan tentu keamanannya sangat tidak terjamin. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem kunci pintu otomatis menggunakan aplikasi blynk berbasis IoT untuk pengamanan pada rumah tinggal pribadi. Hasil perancangan dan pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa alat pengaman kunci pintu otomatis berfungsi sesuai dengan harapan. Dengan adanya alat inii diharapkan dapat meningkatkan keamanan pada rumah tinggal pribadi agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan saat pemilik rumah ada atau tidak sedang ada dirumah.</p> Junda Lazuardhi Komara, Munawaroh Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2571 Tue, 01 Aug 2023 00:00:00 +0000 PEMILIHAN SUPPLIER MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2933 <p>Pemilihan suplier yang tepat merupakan hal penting bagi toko mebel dalam menjaga kualitas produk dan keberlanjutan bisnis. Metode <em>Analytical Hierarchy Process</em> (AHP) adalah salah satu pendekatan yang efektif untuk memilih suplier yang paling sesuai dengan kebutuhan toko mebel. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan metode AHP dalam pemilihan suplier toko mebel. Studi ini mencakup beberapa tahapan. Pertama, kriteria-kriteria penting untuk pemilihan suplier toko mebel diidentifikasi, seperti kualitas produk, harga, keandalan suplier, dan layanan purna jual. Kemudian, berdasarkan kriteria-kriteria tersebut, matriks perbandingan pasangan dibentuk untuk menilai tingkat kepentingan relatif antara kriteria-kriteria tersebut. Selanjutnya, matriks perbandingan pasangan dikonsultasikan dengan pemangku kepentingan terkait, seperti manajer toko mebel atau ahli industri, untuk memperoleh bobot relatif dari setiap kriteria. Metode AHP mengolah matriks perbandingan pasangan dan bobot relatif untuk menghitung prioritas relatif dari setiap suplier yang dipertimbangkan.</p> Nursa Fitriah, Iwan Giri Waluyo Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2933 Tue, 01 Aug 2023 00:00:00 +0000 PERANCANGAN ALAT MONITORING KUNCI PINTU DENGAN KONSEP IOT MENGGUNAKAN NODEMCU BERBASIS TELEGRAM https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2555 <p>Kebiasaan manusia yang sering lupa untuk mengunci pintu saat akan meninggalkan rumah mengakibatkan kejadian yang menimbulkan kerugian bagi pemilik rumah karena pada saat mengunci pintu masih menggunakan teknikal atau manual. Maka dari itu memerlukan notifikasi dan pencegahan apabila pintu rumah sedang terbuka ketika kita meninggalkan rumah. Dalam permasalahan ini, memanfaatkan teknologi dan aplikasi yang sudah ada sehingga dapat dipergunakan dengan baik untuk kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah IOT (<em>Internet of Things</em>) yang memanfaatkan koneksi internet untuk melakukan berbagai hal yang memudahkan untuk segala aktivitas dan sistem aplikasinya menggunakan Telegram, karena pada aplikasi Telegram terdapat fitur Bot yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian, pengingat dan sebagai penghubung. Hasil dari aplikasi Bot Telegram ini adalah sebuah akses kontrol kunci pintu dan memonitoring keadaan pintu secara langsung berbasis NodeMCU ESP8266 yang memiliki fungsi untuk mengendalikan kunci pintu dan mengirim notifikasi berupa chat ke Bot Telegram melalui jaringan internet sehingga pengguna dapat mengontrol dari jarak jauh.</p> Veny Ramadhani, Bambang Santoso Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2555 Sat, 12 Aug 2023 00:00:00 +0000 Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Jasa Hukum Berbasis Web https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2578 <p>Sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yeng mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Sebuah lembaga atau organisasi sangatlah membutuhkan sistem informasi, khususnya lembaga peyedia jasa hukum akan melayani berbagai aktifitas pembukuan maupun pembayaran. Pada kantor hukum DAN <em>Law Office</em> penulis melihat penyimpanan semua informasi administrasi menggunakan dokumen maupun pembukuan yang disimpan dalam lemari dokumen yang membutuhkan tempat lebih luas, sedangkan pada lembaga jasa layanan hukum tersebut harus tetap menyimpan informasi administrasi sebagai bukti transakasi. Melihat dari studi kasus pada kantor hukum tersebut penulis berinisiatif membuatkan program informasi administrasi pembayaran jasa hukum berbasis web dengan menggunakan metode <em>Xteme Programming</em>, adalah metode pendekatan yang berorientasi pada objek sebagai paradigm pengembangan.</p> Aprian Afandi Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2578 Sat, 12 Aug 2023 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN APLIKASI REMINDER SERVICE KENDARAAN DENGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI WHATSAPP GATEWAY BERBASIS WEBSITE https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2577 <p><em>Reminder service</em> kendaraan operasional roda dua pada PT. Telkom Akses adalah sebuah sistem yang dirancang untuk membantu pengguna kendaraan operasional roda dua di perusahaan PT. Telkom Akses dalam mengingat jadwal perawatan dan pemakaian kendaraan. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan kendaraan operasional dan menjaga kondisi kendaraan agar selalu siap digunakan dalam kegiatan operasional perusahaan. Dalam <em>reminder service</em> ini, pengguna kendaraan operasional roda dua di PT. Telkom Akses akan menerima notifikasi melalui aplikasi mobile tentang jadwal perawatan kendaraan dan pemakaian kendaraan yang harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan operasional perusahaan. Notifikasi ini akan dikirimkan secara berkala sesuai dengan jadwal perawatan dan pemakaian kendaraan yang telah ditentukan oleh perusahaan. Sistem ini juga dilengkapi dengan fitur pelaporan kerusakan atau masalah yang terjadi pada kendaraan operasional. Pengguna kendaraan operasional dapat mengirimkan laporan tersebut melalui aplikasi mobile dan akan diteruskan kepada pihak terkait di perusahaan untuk segera melakukan perbaikan. Dengan adanya <em>reminder service</em> kendaraan operasional roda dua pada PT. Telkom Akses, diharapkan pengguna kendaraan operasional dapat lebih mudah dan teratur dalam melakukan perawatan kendaraan serta memaksimalkan penggunaan kendaraan operasional dalam kegiatan operasional perusahaan. Selain itu, sistem ini juga diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengelola kendaraan operasional dengan lebih efektif dan efisien.</p> Yudi Prasetyo, Teti Desyani Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2577 Sat, 12 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENERAPAN ALGORITMA QUEUE PADA APLIKASI PEMESANAN OBAT BERBASIS MOBILE PADA APOTEK ARUBA FARMA DEPOK https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2588 <p>Apotek Aruba Farma saat ini masih melakukan pembelian obat secara menual yang menyebabkan para pasien harus datang dan menunggu lama untuk mendapatkan obat. Hal ini disebabkan karena tidak adanya informasi mengenai ketersediaan obat dan nomor antrian yang diperlukan. Oleh karena itu, perlu adanya aplikasi <em>mobile</em> yang memudahkan pasien dalam melakukan pemesanan obat dan megetahui ketersediaan obat yang dibutuhkan tanpa harus datang terlebih dahulu ke apotek. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah pasien dalam melakukan pemesanan obat di Apotek Aruba Farma Depok dengan menggunakan aplikasi <em>mobile </em>yang diterapkan dengan algoritma <em>queue. </em>Metode penelitian yang digunakan adalah metode <em>waterfall </em>yang meliputi tahap analisis, perancangan implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi <em>mobile </em>yang dapat memudahkan pasien dalam mengetahui ketersediaan obat dan nomor antrian yang diperlukan saat melakukan pemesanan obat. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini berjalan dengan bauj dan memenuhi kebutuhan pengguna. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan algoritma <em>queue </em>pada aplikasi pemesanan obat berbasis <em>mobile </em>dapat membantu meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan di Apotek Aruba Farma Depok.</p> Agam Rizky Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2588 Sat, 12 Aug 2023 00:00:00 +0000 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MI AL-HIDAYAH ARCO BERBASIS WEB https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2592 <p>MI Al-Hidayah Arco merupakan lembaga pendidikan islam sebagai suatu lembaga pendidikan dasar Islam yang lebih modern, yang memadukan antara pendidikan pesantren dan sekolah, yang mana materinya mengintegrasikan agama dan pengetahuan umum. Dalam menjalankan pendidikan, dimana proses penerimaan peserta didik baru dilakukan secara tatap muka dimana calon siswa dan orang tuanya harus datang ke sekolah untuk mendaftar dengan cara manual sehingga sangat tidak efisien. Untuk mengatasi permasalahan di atas, perlu dibangun sistem yang mampu menangani proses pengelolaan data dan berbagai proses lainnya agar pelayanan penerimaan peserta didik baru bisa menjadi optimal serta mampu menyajikan keluaran, baik berupa informasi maupun laporan secara tepat dan mudah. Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web ini dibangun dengan menggunakan metode <em>prototype,</em> bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Sistem aplikasi ini menangani proses pengolahan data yang berupa data calon siswa baru, Sistem aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi pihak Mi Al-Hidayah Arco dalam mengolah data serta mampu meningkatkan kinerja dan proses pelayanan terhadap calon siswa.</p> Jagad Bachtiar Sunarto, Perani Rosyani Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2592 Sat, 12 Aug 2023 00:00:00 +0000 Perancangan Sistem Informasi Persetujuan Pengajuan Pembayaran Perjalanan Dinas Berbasis Web Pada PT. Metranet https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2593 <p>Teknologi mempunyai peranan sebagai alat untuk mempermudah dan memperlancar suatu pekerjaan sehingga mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan manusia. Dengan digunakannya sistem komputerisasi sebagai solusi tercepat dan terakurat saat ini. Dalam pengelolaan pembayaran perjalanan dinas pada PT Metranet, masih terbilang sederhana. Oleh karena itu perlu adanya sistem yang terintegerasi untuk mempermudah pengelolaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem persetujuan pengajuan pembayaran agar terkomputerisasi dengan baik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall. Hasil yang dicapai dalam perancangan aplikasi ini membantu manager melakukan peninjauan dokumen tidak hanya dikantor dan dapat memberikan informasi status permohonan menjadi lebih efisien.</p> Bayu Aji Priyalingga Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2593 Sat, 12 Aug 2023 00:00:00 +0000 Perancangan Sistem Informasi Penjualan Buket Bunga Kain Flanel Pada Toko R-Collection Berbasis Web https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2602 <p><em>E-Commerce</em> adalah kegiatan-kegiatan bisnis online yang bertujuan mengambil keuntungan. Masalah yang terjadi pada toko R-Collection kesulitan bagi pelanggan harus datang ke toko untuk memesan dan mengetahui informasi produk, pembuatan rekap data-data penjualan pada toko masih manual serta area penjualan belum meluas hingga ke luar kota. Oleh karena itu solusi yang diberikan adalah dengan membangun perancangan sistem informasi penjualan buket bunga kain flanel pada toko R-Collection berbasis <em>web</em>. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam membuat atau merancang menggunakan metode waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu, komunikasi, perencanaan, pemodelan, konstruksi dan penyerahan sistem. Hasil dari pembuatan sistem informasi <em>e-commerce</em> penjualan buket bunga kain flanel pada toko R-Collection ini, para pelanggan dapat memcari informasi dan pemesanan produk melalui internet serta bagi pemilik toko dan karyawan toko dapat mengakses dan mengolah data dengan mudah.</p> Dadan Lesmana, Kussigit Santosa Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2602 Sat, 12 Aug 2023 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI WEBSITE TOPUP GAME OTOMATIS MENGGUNAKAN PROVIDER DIGIFLAZZ DENGAN PAYMENT GATEWAY TRIPAY https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2626 <p>Pembayaran pada <em>game online</em> sering kali dilakukan melalui situs pihak ketiga yang rawan penipuan. Beberapa pemain terpaksa harus memasukkan <em>username</em> dan <em>password</em> akun <em>game</em> mereka ketika melakukan pembelian <em>item</em> di situs tersebut, yang dapat menyebabkan akun mereka hilang. Pembelian <em>item</em> secara <em>ilegal</em> dapat menyebabkan akun <em>game dibanned</em> oleh situs <em>game</em> selama berbulan-bulan, sehingga <em>item</em> tersebut tidak dapat digunakan pada akun yang dimaksud. Metode yang digunakan adalah <em>System Devolopment Life Cycle</em> (SDLC) yaitu kerangka kerja atau model manajemen proyek terstruktur yang menguraikan fase-fase yang diperlukan untuk membangun sistem, dari awal hingga hasil akhir. Tujuan dari <em>Software Development Life Cycle</em> adalah untuk menciptakan proses produksi yang efektif dan berkualitas tinggi agar dapat memenuhi atau melampaui harapan klien sesuai dengan anggaran dan jadwal yang telah ditentukan. Digiflazz semakin mempermudah pembelian, dikarenakan sistem yang akan memproses data pembelian item tersebut, <em>Payment Gateway</em> berfungsi sebagai alat pemroses pembayaran yang mempermudah pembelian dalam sebuah <em>website</em>, penulis memilih Tripay sebagai <em>Payment Gateway</em> dikarenakan biaya <em>admin</em> murah dan <em>customer service</em> yang sangat tanggap dalam mengatasi masalah.</p> Bima Prawira Kusuma Atmaja, Sholihin Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2626 Sat, 12 Aug 2023 00:00:00 +0000 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN MATERIAL PROYEK MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2629 <p>Perkembangan teknologi informasi telah meningkatkan kualitas dan efisiensi dalam pengelolaan material proyek. PT. Sumber Cemerlang Kencana Permai adalah perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi yang membutuhkan sistem informasi untuk mengelola material proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi pengelolaan material proyek yang efisien dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Waterfall. Metode Waterfall terdiri dari lima tahap, yaitu analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan sistem informasi pengelolaan material proyek yang efisien dan efektif. Sistem informasi ini terdiri dari beberapa modul, yaitu modul data master, modul transaksi, modul laporan, dan modul pengaturan. Sistem informasi ini dapat membantu PT. Sumber Cemerlang Kencana Permai dalam mengelola material proyek dengan lebih efisien dan efektif. Dengan sistem informasi ini, PT. Sumber Cemerlang Kencana Permai dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi dalam pengelolaan material proyek.</p> Achmad Faisal, Rinna Rachmatika Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2629 Sat, 12 Aug 2023 00:00:00 +0000 Aplikasi Pengetahuan Buah-buahan Berbasis Android Dengan Metode Prototype https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2634 <p>Pengetahuan buah-buahan merupakan hal yang penting diketahui oleh masyarakat, masih banyak informasi buah-buahan yang belum diketahui secara umum yang mengakibatkan minimnya minat pada buah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang aplikasi berbasis android untuk mempermudah mencari informasi buah-buahan. Dalam merancang aplikasi ini dimodelkan dengan <em>Unified Modelling Languange</em> (UML) meliputi <em>Use Case Diagram</em>, <em>Class Diagram</em>, <em>Activity Diagram</em>, dan <em>Sequence Diagram</em>. Dibangun menggunakan Bahasa pemrograman <em>Kotlin</em> dengan firebase sebagai databasenya.</p> Muhamad Aldiansyah, Irpan Kusyadi Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2634 Sat, 12 Aug 2023 00:00:00 +0000 Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kebocoran Tabung Gas Dengan Menggunakan Sensor Mq-2 Dan Flame Detector https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2631 <p>Penggunaan tabung gas dari <em>Liquefied Petroleum Gas </em>(LPG) sangat bermanfaat bagi masyarakat dengan berbagai macam keperluan dalam kegiatan sehari-hari. Namun, terdapat beberapa permasalahan akibat kelalaian manusia dalam penggunaan tabung gas tersebut, salah satunya adalah terjadi kebocoran tabung gas. Jika tabung gas tidak digunakan secara hati-hati, maka kemungkinan akan membahayakan terhadap kesehatan manusia dan menimbulkan kerugian yang sangat besar. Tujuan penelitian yang diajukan penulis adalah membuat rancangan alat deteksi kebocoran tabung gas dengan menggunakan sensor gas dan api yang dapat membantu pengguna dan teknisi gas dalam tindakan penanggulangi bencana kebakaran akibat kebocoran tabung gas dengan menggunakan aplikasi yang terhubung oleh jaringan Internet. Metodologi penelitian yang akan digunakan untuk mempelajari analisis dalam permasalahan tersebut, yaitu studi pustaka; pengamatan; dan metode <em>waterfall</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mampu menjalankan fungsinya sesuai dengan cara kerja dari hasil perancangan sistem. Adapun aplikasi Telegram dapat disampaikan pesan pemberitahuan melalui mikorokontroler yang tersambung dengan jaringan Internet, sehingga sistem tersebut dapat memberikan kemudahan dalam mengawasi kondisi tabung gas bagi pengguna dan teknisi gas.</p> Muhammad Zuhron Wahid, Alvino Octaviano Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2631 Sat, 12 Aug 2023 00:00:00 +0000 SISTEM PAKAR SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT JERAWAT DI WAJAH BERBASIS WEB DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2651 <p>Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Kemungkinan besar perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak <em>(seburn)</em> di kulit yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Jerawat merupakan penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Seringkali orang awam mengalami kesulitan dalam melakukan proses mengidentifikasi antara penyakit jerawat dengan penyakit yang mirip dengan jerawat, karena gejala yang ditimbulkan dari penyakit hampir sama . Rata-rata pasien mengalami keluhan jerawat karena masa pubertas, hormon atau keturunan, ataupun kesalahan dalam penggunaan kosmetik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu adanya pengembangan sistem pakar untuk mengidentifikasi gejala awal permasalahan jerawat di area wajah, penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai jenis-jenis jerawat dan tindakan perawatan jerawat yang biasa terjadi melalui gejala yang ditimbulkannya serta solusi dalam pengobatannya melalui sistem pakar metode <em>Certainty factor</em>. Hasil penerapan metode <em>certainty factor</em> dapat memberikan diagnosa penyakit jerawat berdasarkan gejala – gejala yang diberikan. Berdasarkan hasil perhitungan, maka keterangan tingkat keyakinan berdasarkan tabell interpretasi dari pakar dan presentase akhir sebesar 99,3448% adalah Sangat yakin metode ini diterapkan untuk menyelesaikan masalah yang ada.</p> Lidya Febriyanti Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2651 Sat, 12 Aug 2023 00:00:00 +0000 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERLOMBAAN ROBOTIK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2659 <p>Sistem informasi perlombaan berbasis <em>web </em>adalah sebuah sistem yang berkomputerisasi, terintergrasi dan terstruktur dengan baik guna mendukung kegiatan pendataan penilaian, Permasalahan yang ditemui dalam penelitian ini diantaranya, data-data yang rentan hilang. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun sistem informasi perlombaan yang diantaranya memiliki beberapa tahapan definisi ruang lingkup, analisis sistem, desain sistem, serta implementasi dengan menggunakan metode pengembangan <em>Metode Extreme Programming </em>(XP), yang mana didalamnya merancang desain proses tersebut dan dijabarkan melalui <em>use case diagram, activity diagram </em>dan <em> sequence diagram </em>dengan menggunakan <em>tools Unified Modelling Languange </em>(UML). Penelitian ini menghasilkan rancangan sistem informasi perlombaan dengan <em>output </em>berupa aplikasi Sistem Informasi Perlombaan bebasis <em>web</em>. Perancangan sistem ini diharapkan dapat meningkatkan responsibilitas kerja, mengurangi resiko data-data yang hilang, rusak, mengontrol kegiatan pendataan, serta menigkatkan kualitas pelayanan dalam kegiatan sistem informasi perlombaan.</p> Nia Lestari Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2659 Sat, 12 Aug 2023 00:00:00 +0000 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN PAKET PERNIKAHAN PADA HAER RIAS WEDDING BERBASIS WEB https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2653 <p>Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan penyewaan paket pernikahan, mengelola data pelanggan, dan pemesanan. Metode <em>prototype</em> digunakan untuk merancang sistem informasi dengan melibatkan pengguna dan mendapatkan umpan balik dalam proses pengembangan sistem. Tahap-tahap yang dilakukan meliputi pengumpulan kebutuhan, perancangan prototipe awal, pengujian prototipe, dan penyempurnaan. Hasil penelitian ini adalah sistem informasi penyewaan paket pernikahan pada Haer Rias <em>Wedding</em> berbasis <em>website</em> yang terdiri dari beberapa modul, antara lain modul penyewaan paket, modul pendaftaran pelanggan, modul pemesanan. Diharapkan sistem informasi ini dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan kepada pelanggan serta dapat meningkatkan keuntungan bisnis Haer Rias <em>Wedding</em>.</p> Jirdan Syawali, Dola Irwanto Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2653 Sat, 12 Aug 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pengembangan Sistem CRM, Cash Flow, dan Management Stock Inventory Pada Aplikasi Krealogi https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3464 <p><em>Krealogi</em> merupakan aplikasi yang bertujuan mendukung UMKM dalam mendukung perkembangan era digital. Krealogi memiliki beberapa layanan seperti pengelolaan barang, pengelolaan pesanan, dan pencatatan transaksi baik dari pemasok hingga pembeli. Saat ini Krealogi memiliki beberapa keterbatasan berupa belum adanya sistem <em>Customer Relationship Management (CRM)</em> untuk pengelolaan data pelanggan baik yang sudah menjadi pelanggan maupun calon pelanggan baru, belum adanya pencatatan arus kas keluar masuk, hingga belum adanya manajemen persediaan barang. Penyelesaian masalah menggunakan Proses Desain dengan pendekatan metode <em>Design Thinking</em> untuk mempelajari kebutuhan pengguna. Dalam proses<em> Design Thinking</em>, adanya beberapa tahapan seperti <em>Emphatize, Define, Ideate, Prototype,</em> dan <em>Test</em>. Seluruh proses tersebut dilakukan sebelum menentukan komponen perbaikan dalam aplikasi. Juga adanya proses <em>Design System</em> untuk membantu menentukan kebutuhan komponen pada antarmuka desain yang dapat digunakan dengan tujuan pemakaian berulang (<em>reusable</em>) dengan pendekatan <em>Atomic’s Design</em>. Pada tahapan validasi atau testing terhadap hasil pengembangan fitur, metode yang digunakan adalah dengan metode <em>Skala Likert</em> untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna. Hasil akhir dari rancangan pengembangan ini berupa menyediakan fitur keuangan untuk membuat laporan transaksi dan melihat arus kas, menyediakan <em>Database</em> pelanggan untuk menjaga hubungan dan menyederhanakan proses pemesanan dengan pelanggan lama dan menyediakan status transaksi pesanan untuk menjaga kemajuan pengiriman pesanan. Pada hasil akhir pengujian <em>Usability Testing </em>dengan <em>Usability Metrics</em> menggunakan <em>SEQ (Single Ease Question)</em> mendapatkan nilai 6 (dari 7 poin), hal ini diartikan sebagai Lulus untuk setiap kriteria pengujian yang dilakukan oleh pengguna.</p> Yuda Samudra, Nanang Copyright (c) 2023 https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3464 Sat, 12 Aug 2023 00:00:00 +0000 Efektifitas Metode Belajar Melalui Video Tutorial Dan Tatap Muka Dalam Bahasa Inggris Di Perguruan Tinggi https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3474 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemanfaatan video tutorial sebagai media alternatif sistem pembelajaran menggunakan teknologi, dibanding belajar secara tatap muka, yang dilaksanakan di sebuah universitas swasta di Jakarta Selatan. Pembelajaran menggunakan bahasa inggris, baik penyampaian melalui video tutorial maupun secara tatap muka. Peserta berjumlah 47 orang mahasiswa strata satu ilmu komunikasi yang kerap kali menggunakan aplikasi Canva sebagai pendukung tugas-tugasnya di kampus, baik untuk materi presentasi maupun pembuatan desain di media sosial. Penelitian ini dilakukan terhadap dua kelas, yakni kelas yang belajar pemanfaatan Canva melalui video tutorial dan kelas yang belajar Canva secara langsung dengan pengajar di kelas secara tatap muka. Mahasiswa diberikan kuesioner usai pembelajaran dilakukan untuk mendapat gambaran hasil penyerapan dan pemahaman terhadap Canva selama belajar. Pengukuran dilakukan dengan melihat <em>relative advantage, compatibility, complexity, triability, </em>dan<em> observability.</em> Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang belajar secara tatap muka walau bisa bertanya secara langsung, nilai yang diperoleh sebesar 79,11%. Nilainya tersebut tidak setinggi yang belajar menggunakan video tutorial sebesar 82,10%. Penggunaan alat TIK video tutorial juga efektif dalam mempermudah mahasiswa belajar, karena memungkinkan mereka untuk mengulang berkali-kali materi video bila dirasa kurang jelas. Semua tahapan pendekatan membantu mahasiswa meningkatkan keterampilan baik dalam penggunaan alat teknologi maupun belajar secara langsung yang memungkinkan mereka untuk menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi.</p> Fachmi Ibrahim, Lymbarski Caesariano Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3474 Fri, 18 Aug 2023 00:00:00 +0000 Perancangan Sistem Informasi Warga Berbasis Web Pada Perumahan Pesona Wibawa Praja Dengan Metode Scrum https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2431 <p>Sebagai lembaga kemasyarakatan dan mitra pemerintah daerah RW memiliki peranan yang sangat penting dalam melayani warga. Namun pada kenyataannya, masih terdapat banyak RW yang belum dapat memaksimalkan pelayanannya karena terkendala oleh fasilitas sistem. Membuat Sistem Informasi Warga untuk memudahkan pengurus RW, RT, dan warga dalam melakukan aktivitas pelayanan warga. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi warga berbasis website untuk memenuhi kebutuhan warga dan pengurus RT dan RW. Model pengembangan perangkat lunak yang direkomendasikan untuk membangun sistem informasi warga berbasis website adalah dengan metode scrum. <em>SCRUM</em> adalah salah satu metode rekayasa perangkat lunak dengan menggunakan prinsip-prinsip pendekatan <em>AGILE</em>, yang bertumpu pada kekuatan kolaborasi tim, incremental product dan proses iterasi untuk mewujudkan hasil akhir. Dengan adanya sistem infromasi ini pendataan warga dapat tersimpan dalam sistem secara rapih, pembayaran iuran warga dapat terlihat pada sistem, dan informasi juga dapat dilihat pada sistem dengan mudah.</p> Zifa Fauziah, Suryaningrat Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2431 Fri, 18 Aug 2023 00:00:00 +0000 Perancangan Sistem Antrian Stok Barang Berbasis Web Dengan Metode First In First Out (FIFO) https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2459 <p>PT Pinus Merah Abadi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Distributor makanan ringan yang terletak di Poris Plawad Utara Jl. KH Hasyim Ashari No.149, RT.005/RW.003, Poris Plawad Utara, Kecamatan. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15141. PT. Pinus Merah Abadi adalah salah satu perusahaan yang masih menggunakan Microsoft Excel dan belum tersinkronisasi secara realtime untuk mengolah seluruh data manajemen persediaan barang seperti penyimpanan data produk, stok barang masuk dan keluar, transaksi beserta masing-masing laporan yang ada. Selama ini pengolahan data dari admin gudang hanya ter-update sebulan sekali dalam format Microsoft Excel. Cara tersebut tidak terstruktur dan memakan waktu lama, terkadang tidak tahu jika ada barang masuk, sehingga terjadinya miskomunikasi dan pengolahan laporan yang di butuhkan sering terjadi keterlambatan tidak cepat dan tepat dalam memberikan laporan-laporan yang di butuhkan, hal ini terjadi karena sistem yang berjalan belum sepenuhnya membantu aktifitas pegawai dalam melakukan pekerjaannya. Berdasarkan analisa diatas, PT. Pinus Merah Abadi membutuhkan sistem dimana data barang yang masuk ataupun keluar akan segera ter-update secara otomatis setiap admin gudang dengan menerapkan metode FIFO pada sistem yang digunakan.</p> Aldi Maulana, Endar Nirmala Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2459 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI E-COMMERCE SECARA BUSINESS TO CUSTOMER (B2C) UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK FASHION MENGGUNAKAN REACTJS https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3305 <p>Zaurach.Co merupakan salah satu perusahaan <em>online shop</em> yang bergerak di bidang <em>Modest Fashion Wear</em> yang berkiprah sejak tahun 2017. Zaurach.co memiliki berbagai macam jenis produk <em>fashion</em> wanita &amp; pria, seperti dress, casual, atasan, hijab. Tidak hanya produk <em>fashion</em> saja, Zaurach.co kini mengeluarkan produk berupa set aksesoris kalung, cincin, hingga anting untuk menambah hiasan <em>fashion</em>. Zaurach.co mengumpulkan data laporan penjualan, dengan mencatat transaksi penjualan berupa <em>invoice</em> atau kuitansi penjualan ke aplikasi <em>Spreadsheet. </em>Sehingga sering terjadi kesalahan dalam penginputan dan keterlambatan membuat laporan, hal tersebut membuat laporan transaksi penjualan menjadi sering terhambat. Untuk mempermudah pengerjaan dalam membuat laporan penjualan dan juga aplikasi ini bisa membantu dalam meningkatkan promosi produk secara <em>online</em>. Dalam penelitian ini penulis menggunakan<em> framework reactJS,</em> serta database MySQL sebagai penyimpanan data untuk laporan transaksi jual-beli, hingga data pelanggan. Dan penulis menggunakan metode RAD dalam membuat alur perancangannya.&nbsp; Diharapkan pembuatan aplikasi <em>e-commerce</em> berbasis web ini dapat mempermudah <em>customer</em> dalam melihat informasi produk yang dibutuhkan, serta pemrosesan data tersimpan secara terpusat dan terintegrasi ke dalam database dan dapat memasarkan dan mempromosikan produk secara <em>online</em>.</p> Rizqi Wahyuni Rohmahwati, Hadi Zakaria Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3305 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 Implementasi Aplikasi Mobile Android Sebagai Utility Alarm dan Note Untuk Notifikasi Journey Karyawan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3303 <p>PT Teknologi Medis Kesehatan adalah perusahaan yang bergerak di bidang Kesehatan yang menyediakan distribusi obat, vitamin dan alat kesehatan dengan cara <em>offline</em> maupun <em>online</em>. Dalam kegiatan operasionalnya, PT TMK banyak memiliki kegiatan yang berhubungan dengan pihak eksternal dan internal perusahaan. Jadwal kegiatan dibuat setiap minggu, yang menyangkut tentang perkembangan, perubahan dan rencana suatu perusahaan. PT TMK memiliki jadwal-jadwal kegiatan yang cukup banyak, sering terjadi karyawan di PT TMK lupa sehingga karyawan terlambat atau bahkan tidak mengikuti rapat sesuai jadwal yang telah disepakati. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu aplikasi yang dapat mengingatkan karyawan agar tidak terjadi kelupaan jadwal dan <em>over lapping</em> kegiatan. Dengan memanfaatkan android dan <em>smartphone</em> yang banyak dimiliki oleh karyawan maka akan lebih mudah dalam menggunakan aplikasi tersebut. Penulis melaksanakan riset untuk merancang suatu aplikasi pengingat jadwal dan catatan berbasis android. Diharapkan pembuatan aplikasi alarm ini bisa memudahkan sebagai pengingat karyawan PT TMK akan jadwal harian.</p> Nikmatul Chasanah, Hadi Zakaria Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3303 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN SISTEM PRESENSI KARYAWAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER DAN LIBRARY GEOLOCATOR https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3309 <p>PT. KAIA Anugerah Internasional merupakan sebuah pabrik yang didirikan pada tahun 2019 khusus untuk memproduksi item kaos kaki kualitas tinggi sehingga menjadi langganan merek-merek ternama baik skala nasional maupun internasional. PT. KAIA Anugerah Internasional memiliki permasalahan pada presensi karyawan. Penggunaan mesin presensi sidik jari pada sistem presensi yang berjalan pada PT. KAIA Anugerah Internasional memiliki permasalahan dalam aksesibilitas data presensi. Sehingga data tidak bisa dilihat secara cepat dan langsung. Data yang dihasilkan dari mesin presensi masih berupa file berformat .xlsx yang harus diolah kembali secara manual. Sehingga terkadang terdapat kekeliruan dalam proses rekapitulasi data. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis membuat sebuah penelitian dengan membuat sebuah aplikasi yang berbasis android guna membantu PT. KAIA Anugerah Internasional untuk mempermudah aksesibilitas data kehadiran dan rekapitulasi data kehadiran dengan cepat dan langsung serta menghindarkan dari kesalahan dalam rekapitulasi data. Aplikasi dibangun dengan menggunakan framework Flutter dan library Geolocator untuk memudahkan integrasi dengan GPS, serta menggunakan MySQL database untuk menyimpan data presensi karyawan. Diharapkan penelitian ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan aksesibilitas dan rekapitulasi data presensi sehingga karyawan HRD PT. KAIA Anugerah Internasional dapat dengan mudah melakukan monitoring kehadiran karyawan dan rekapitulasi data presensi.</p> Ismail, Hadi Zakaria Copyright (c) 2023 LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3309 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000