Pemilihan Siswa Terbaik Melalui Metode Pendukung Keputusan WP, TOPSIS Dan SAW

Authors

  • Dede Supriyadi Universitas Pamulang
  • Muhamad Ridzal Khasbullah Universitas Pamulang
  • Muhamad Galih Aria Sunarso Universitas Pamulang
  • Perani Rosyani Universitas Pamulang

Keywords:

Metode WP, Sistem Pendukung Keputusan, Metode SAW, Metode TOPSIS

Abstract

Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem yang bisa membantu dalam menentukan pemilihan dalam berbagai bidang. Dalam menentukan keputusan dengan kriteria lebih dari satu atau disebut dengan multikriteria terkadang dianggap rumit dikarenakan faktor yang mempengaruhi diantaranya ketidakpastian akan informasi dan juga data yang digunakan. sekolah menengah di daerah malang, sistem pemilihan siswa terbaik masih dianggap subjektif. Oleh sebab itu, diperlukan metode pendukung keputusan yang akan membantu pengolahan data dari segi kriteria yang multikritaria bukan hanya berdasarkan nilai saja. Metode WP merupakan salah satu metode yang digunakan sebagai sistem pendukung keputusan untuk membantu menyelesaikan permsalahan dengan sistem pendukung keputusan dengan multikriteria. Penggunaan metode WP dilakukan dengan perbaikan nilai bobot yang selanjutnya perhitungan nilai preferensi setiap alternative dengan hasil akhir dari perhitungan nilai preferensi relasi.

References

Alamsyah, Z., & Gustian, D. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Weighted Product Dan Simple Additive Weighting Terhadap Penerimaan Guru. 129-137.

Aulia, A. U., Supriadi, D., & Ramadhani, R. D. (2018). Implementasi metode simple additive weighting (SAW) dan weighted product (WP) dalam pemilihan guru teladan (studi kasus : mi ma’arif nu 1 ajibarang wetan). 259-264.

Prihatin, T. (2018). Implementasi Metode Simple Additive Weighting Dalam Susu UHT Untuk Anak Balita.Jurnal Teknik Komputer, 4(2), 1–6. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/arti cle/view/3255/2461.

Kusumantara, P. M., Kustyani, M., & Ayu, T. (2019). Analisis Perbandingan Metode SAW Dan WP Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Di Surabaya. Teknika: Engineering and Sains Journal, 3(1), 19- 24.

Kusumantara, P. M., Putra, A. B., Mukaromah, S. (2021). Analisis Perbandingan Metode SAW dan AHP Pada Sistem Pendukung Keputusan.

D. W. T. Putra, S. NoviaSanti, G. Y. Swara, and E. Yulianti, “Metode Topsis Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Objek Wisata,” J. TeknoIf, vol. 8, no. 1, p. 1, 2020.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Supriyadi, D., Muhamad Ridzal Khasbullah, Muhamad Galih Aria Sunarso, & Perani Rosyani. (2023). Pemilihan Siswa Terbaik Melalui Metode Pendukung Keputusan WP, TOPSIS Dan SAW . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(3), 479–484. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/1703

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>