Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada CV. Jomistpy Textile

Authors

  • Fahmil Universitas Pamulang
  • Muhammad Fikri Universitas Pamulang
  • Muhammad Iqbal Ashara Universitas Pamulang
  • Thoyyibah .T Universitas Pamulang

Keywords:

Pemasaran, Sistem Informasi, Penjualan, Waterfall

Abstract

CV. JOMISTPY TEXTILE merupakan salah satu perusahaan textile dari sekian banyak perusahaan textile yang ada di Jakarta Selatan. Transaksi jual beli dan pemasaran yang ada dalam CV. JOMISTPY TEXTILE saat ini masih terbilang sangat sederhana dan manual. Dari permasalahan diatas maka akan dirancang sebuah website pemasaran dan penjualan di toko ini. Dengan adanya website untuk pemasaran dan penjualan ini mencangkup kalangan luas untuk dapat mengetahui informasi yang ada didalam toko yang dimiliki oleh perusahaan ini. Pelanggan pun bisa mengakses dengan mudah untuk pemesanan barang di toko tanpa harus datang langsung ke toko, mereka dapat memesan dimana saja. Metode Model Waterfall merupakan salah satu Software Development Life Cycle (SDLC) dimana aktivitas pengembangan perangkat lunak dimulai dari spesification, development, validation, dan evolution lalu membaginya menjadi fase proses seperti spesifikasi kebutuhan, rancangan perangkat lunak, implementasi, pengujian, dan lain- lain. Hasil penelitian menunjukan bahwa sitem yang di rancang berjalan dengan baik setelah dilakukan pengujian dan melalui tahapan-tahapan pengembangan sistem .Berdasarkan perancangan sistem informasi Penjualan CV. JOMISTPY TEXTILE maka didapatkan kesimpulan sebagai berikut :1. Sistem informasi penjualan ini dirancang dengan basis website menggunakan bahasa pemrograman PHP dan pengolahan database menggunakan MySQL.2. Proses pesanan jadi lebih cepat dan flexible tanpa harus datang ke toko langsung. 3. Dengan mengimplementasikan sistem penjualan online maka admin akan lebih mudah dalam mengelola data stock dan penjualan.

References

Agus Satriansyah (2018) “Sistem Informasi Inventaris Alat Tulis Kantor Dan Suvenir Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumbawa Sumbawa Besar Berbasis Dekstop”. Skripsi Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Komputer Teknologi Sumbawa.

Andri, Kristanto, 2007, Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasinya. Klaten: Gava Media.

Ariani, D. (2018). "Jurnal Pembelajaran Inovatif Komponen Pengembangan E-Learning", 1(14), 58–64. https://doi.org/10.21009/JPI.011.09

A. D. Hermandra dan Anofrizen, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KERJA PRAKTEK (Studi Kasus : Jurusan Sistem Informasi UIN SUSKA Riau),” J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, hal. 11–14, 2016.

Eva Juliani (2017) “Sistem Informasi Sarana Dan Aset Di Universitas Teknologi Sumbawa”Skripsi Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Komputer Teknologi Sumbawa.

Gordon, B.Davis, 2002, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen PPM, Jakarta.

Husein, Muhammad Fakhri dan Amin Wibowo. 2006. Sistem Informasi Manajemen Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta.

Jogiyanto, H.M., 2005, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta.

Romindo. (2017). "Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web Pada SMA Padamu Negeri Medan", 2, 75–80.

Suhartini, M. Sedali, dan Y. K. Putra, “Sistem Informasi Berbasis Web Sma Al- Mukhtariyah Mamben Lauk Berbasis Php Dan Mysql Dengan Framework Codeigniter,” vol. 3, no. 1, hal. 79–84, 2020.

Sutabri, Tata. (2004). Analisa Sistem Informasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi

Wahyudin, Y. (2020). Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 26-40.

S. Masyruhatin, Y. T. Mursityo, dan D. Pramono, “Pengembangan Sistem Informasi Penilaian Hasil Belajar Siswa berbasis Web pada SMA Brawijaya Smart School,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 10, hal. 9984– 9992, 2019.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Fahmil, Muhammad Fikri, Muhammad Iqbal Ashara, & Thoyyibah .T. (2023). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada CV. Jomistpy Textile. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(2), 180–186. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/1466