PERANCANGAN SISTEM MANAGEMENT KERJA MAINTENANCE MESIN DI PT. SAMCO FARMA

Authors

  • Bayu Wibowo Universitas Pamulang
  • Sutarto Universitas Pamulang
  • Wenang Perdana Universitas Pamulang
  • Saprudin Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Manajemen Kerja, Maintenance Mesin, Efisiensi Operasional, Perusahaan Manufaktur, Farmasi

Abstract

Perusahaan manufaktur modern menghadapi tantangan yang signifikan dalam mempertahankan kinerja dan keandalan mesin produksi. PT. Samco Farma sebagai salah satu perusahaan manufaktur farmasi berusaha untuk meningkatkan efisiensi operasionalnya melalui implementasi sistem manajemen kerja maintenance mesin yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem manajemen kerja maintenance mesin yang optimal di PT. Samco Farma. Metode penelitian yang digunakan meliputi survei, wawancara dengan personel terkait, dan tinjauan literatur. Data dianalisis untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan yang ada dalam pengelolaan maintenance mesin saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Samco Farma menghadapi beberapa beberapa kendala dalam mengolah atau memanagement data seperti pendataan masih menggunakan media kertas yang di tulis secara manual dan ini yang menyebabkan banyaknya kehilangan data dan juga sulit dalam melakukan pencarian lokasi mesin. Serta dalam pelaporannya juga masih terbilang tidak efisien yang mana salah satu PIC harus menginputkan kembali data yang sudah di catat di kertas tersebut ke dalam excel untuk melakukan laporan, yang mana hal ini juga menyebabkan kesalahan input dalam pembuatan laporan. Sistem yang diusulkan ini memuat semua data yang di kelola secara terkomputerisasi dan secara terperinci agar setiap karyawan mudah dalam melakukan pekerjaan pendataan tersebut dan juga dapat meminimalisir kehilangan data dan juga mengurangi resiko kekeliruan data. Diharapkan bahwa implementasi sistem manajemen kerja maintenance mesin di PT. Samco Farma akan ini dapat meningkatkan keandalan mesin, mencegah kerusakan yang tidak terduga, dan memastikan ketersediaan mesin yang optimal untuk proses produksi.

References

Agung, F. N., Ifan , J., & Akmal, B. Y. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Customer Dengan Platform Web. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, 2(4), 320-325.

Apriliah, W, Subekti, N., & Haryati, T. (2019). Penerapan model waterfall dalam perancangan aplikasi sistem informasi simpan pinjam pada koperasi PT. Chiyoda Integre Indonesia Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(2), 81-89.

Harumy, & T, H. F. (2018). Sistem Informasi Absensi Pada Pt. Cospar Sentosa Jaya Menggunakan Bahasa Pemprograman Java. Jurnal Teknik dan Informatika, 5(1), 63-70.

Ningsih, N, A., Abidin, & M, R. I. (2021). Perancangan Design User Interface Website Pada Pet Shop Azria Di Kabupaten Lamongan. BARIK, 2(3), 202-216.

Notohadiprawiro, T. (2006). Sistem Informasi Pengertian dan Kepentingannya. Univ.Stuttgart, 1-7.

Rahmawati, N. A., & Arif, C. B. (2018). Analisis dan perancangan sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 14(1), 76-86.

Rusmayanti, A. (2013). Sistem informasi pengelolaan keuangan pada Desa Ngadirejan. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 6(2).

Sanca, P. A. (2018). Perancangan Mesin Penyiraman Taman Menggunakan Fuzzy Logic. Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET), 1(1), 28-34.

Zufria, & I. (2013). Pemodelan Berbasis UML (Unified Modeling Language) dengan Strategi Teknik Orientasi Objek User Centered Design (UCD) dalam Sistem Administrasi Pendidikan Pemodelan Berbasis UML (Unified Modeling Language) dengan. J. Sains Teknol, 1(1), 1-16.

Downloads

Published

2023-06-17

How to Cite

Bayu Wibowo, Sutarto, Wenang Perdana, & Saprudin. (2023). PERANCANGAN SISTEM MANAGEMENT KERJA MAINTENANCE MESIN DI PT. SAMCO FARMA. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(4), 735–745. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2943