Penerapan Model Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Semangat Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas 5 Dengan Materi Siklus Air Di SDN 2 Muara Ciujung Timur

Authors

  • Gita Nurjihan Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Icha Mawarni Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Ina Julianti Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Yadi Heryadi Universitas Setia Budhi Rangkasbitung

Keywords:

Pembelajaran Audio Visual, Semangat Belajar, IPA, Siklus Air, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi siklus air melalui penerapan model pembelajaran audio visual. Rendahnya minat dan semangat siswa dalam pembelajaran IPA menjadi latar belakang penelitian ini. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN 2 Muara Ciujung Timur tahun ajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan melalui observasi langsung terhadap 40 siswa, dengan 36 siswa hadir pada saat kegiatan berlangsung. Model pembelajaran yang diterapkan memadukan metode ceramah dengan penggunaan media audiovisual dan pemberian Lembar Kerja Siswa (LKPD) yang menarik. Kegiatan ice breaking juga dilaksanakan untuk meningkatkan semangat siswa  selama proses pembelajaran .Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran audio visual dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Evaluasi melalui pos tes menunjukkan bahwa 75% siswa dalam kelompok belajar mencapai ketuntasan belajar sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 72 sedangkan 25% sisanya belum mencapai kesuksesan terutama pada aspek aktivitas dan kekompakan kelompok. Simulasi video dan media interaktif membantu siswa memahami konsep siklus air dengan lebih menarik dan menyenangkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran audio visual efektif dalam meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa pada materi siklus air. Oleh karena itu, disarankan agar guru menggunakan media audio visual dalam pembelajaran IPA untuk menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan motivatif. 

References

Kosilah & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, vol.1 No.6, 1139.

Nisa, N., Au Hurit, A., & Bari, A. A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 416–422. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66971

Nurcahyanti, R. M., & Tirtoni, F. (2023). Media Pembelajaran Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 265–270. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4605

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Nurjihan, G. ., Mawarni, I. ., Julianti, I. . ., & Heryadi, Y. . (2025). Penerapan Model Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Semangat Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas 5 Dengan Materi Siklus Air Di SDN 2 Muara Ciujung Timur . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 3(2), 174–177. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/5281

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)