ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MASJID BERBASIS WEBSITE PADA MASJID NURUL ULUM ABAI SANGIR

Authors

  • Cendra Harmon Universitas Pamulang
  • Tedi Purwanto Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Informasi, PHP, HTML, Website, Masjid

Abstract

Sistem informasi manajemen masjid Nurul Ulum adalah sistem informasi untuk manajemen salah satu masjid raya yang berada di Abai Sangir, Kecematan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Masjid besar ini mempunyai banyak jamaah dan memiliki banyak agenda dan organisasi remaja masjid serta memiliki BKMT (Badan Kontak Majelis Taklim), namun begitu banyak kegiatan tersebut masjid ini belum memiliki sebuah sistem informasi untuk mengelola kegiatan dan juga dalam manajemen keuangan masjid. sehingga dengan banyaknya kegiatan tersebut maka manajemen keuangan yang belum tertata dengan baik serta pengelolaan data yang masih dilakukan secara manual atau konvensional yang menyebabkan pengurus masjid mengalami kesulitan dalam mengelolah data seperti data dalam mengatur jadwal penceramah, pemasukan kas, jadwal sholat dan lain-lain. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu adanya sistem manajemen yang bisa diakses dengan mudah, tepat guna dan akurat oleh pengurus masjid serta memberikan informasi mengenai kegiatan maupun keuangan masjid Nurul Ulum di kenagarian Abai Sangir. Atas dasar tersebut sehingga membuka peluang kepada kami dalam mengembangkan sistem informasi manajemen masjid berbasis web menggunakan Bahasa Hypertext Preprocessor (PhP), HTML, framework dan database MySQL yang bertujuan untuk mempermudah pengurus masjid dalam hal mengelola data keuangan maupun kegiatan yang akan dilaksanakan di masjid serta akan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi yang berbasis teknologi, cepat dan akurat melalui sistem informasi website yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, inflementasi dan pengujian. Sistem informasi manajemen pada masjid Nurul Ulum ini akan di uji dengan pengujian black box dan pengujian User (white box).

References

Amarudin., &. A. (2018). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI IKHTISAR KAS MASJID ISTIQOMAH BERBASIS DESKTOP. Jurnal TEKNO KOMPAK, Vol. 12, No. 2, 2018, 51-56. ISSN 1412-9663.

Jeffery L. Whitten, Metode desain dan analisis sistem, (Yogyakarta:Andi, 2006).

Suartana, Sistem informasi perhotelan, (Yogyakarta:Andi, 2004).

Agus Saputra, Membuat Aplikasi Absensi dan Kuesioner unuk Panduan Skripsi, (Jakarta:Penerbit PT Elex Media Komputindo, 2012).

Abdul Kadir, Membuat Aplikasi Web dengan PHP + Database MySQL, (Yogyakarta: Andi, 2009).

Nataniel, D., & Hatta, H. R. (2009). Perancangan Sistem Informasi Terpadu Pemerintah Daerah Kabupaten Paser.

Salamah, U., & Herlawati, H. (2018). Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Web Pada Percetakan Rahayu Bekasi. PIKSEL : Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak. Informatika.

A.S Rosa dan Shalahuddin. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Informatika Bandung, 2014.10. Mustaqbal, M.S.M., Firdaus, R.F.F., dan Rahmadi, H.R. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Terapan (JITTER), 2015.

Sakethi, D.S., Kurniawan, D.K., dan Tantriawan, H.T. Pengujian dan Perawatan Sistem Informasi Menggunakan White Box Testing (Studi Kasus: Sistem Penghitung Jumlah Mahasiswa Aktif Jurusan Ilmu Komputer). Jurnal Komputasi, 2014.

Sucipto. (2011). Konsep dan Teknik Pengembangan Sistem Berbasis Teknologi Informasi. Banten: Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

Nugraha, S. A., & Setiawan, R. (2016). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Administrasi Keuangan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Assalam Garut. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut ISSN: 2302-7339.

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: ABDI SISTEMATIKA.

Abdullah.(2018). Pemograman Web Untuk Pemula .Jakarta :Elex Media Komputindo.

Harminingtyas, Rudika. (2014). Analisis Layanan Website Sebagai Media Promosi, Media Transaksi Dan Media Informasi Dan Pengaruhnya Terhadap Brand Image Perusahaan Pada Hotel Ciputra Di Kota Semarang. Semarang : Jurnal Stie Semarang.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Cendra Harmon, & Tedi Purwanto. (2023). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MASJID BERBASIS WEBSITE PADA MASJID NURUL ULUM ABAI SANGIR. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(4), 1026–1036. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3398