Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking
Kata Kunci:
Prototipe, Daur Ulang, Sampah, UI/UX, Design ThinkingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototipe User Interface (UI) dan User Experience (UX) dari aplikasi daur ulang sampah dengan menggunakan metode Design Thinking. Penelitian ini dilakukan karena pentingnya peran daur ulang dalam mengurangi dampak sampah terhadap lingkungan dan kesehatan manusia, serta untuk mempermudah masyarakat dalam memilih cara daur ulang yang tepat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini melibatkan calon pengguna aplikasi, yaitu masyarakat yang membutuhkan layanan daur ulang sampah. Desain UI/UX dibuat berdasarkan hasil dari lima tahapan Design Thinking, yaitu Empathy, Define, Ideate, Prototype.dan Testing, Hasil dari penelitian ini adalah prototipe UI/UX aplikasi daur ulang sampah yang dirancang dengan metode Design Thinking. Prototipe ini dibuat menggunakan software desain UI/UX seperti Figma, dan diuji coba pada calon pengguna untuk mengetahui respons dan pemahaman calon pengguna terhadap desain yang dibuat. Kesimpulannya, desain UI/UX prototipe aplikasi daur ulang sampah yang dirancang dengan metode Design Thinking dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan mempermudah masyarakat dalam memilih cara daur ulang yang tepat. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pihak terkait untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya daur ulang sampah dan memperluas akses layanan daur ulang yang lebih efektif dan efisien.
Referensi
Fariyanto, F., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 52–60. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/853
Garrett, J. J. (2011). The Elements of User Experience: User-centered Design for the Web and Beyond. New Riders.
Isadora, F. R., Hanggara, B. T., & Mursityo, Y. T. (2021). Perancangan User Experience Pada Aplikasi Mobile HomeCare Rumah Sakit Semen Gresik Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(5), 1057. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021844550
Karnawan, G. (2021). Implementasi User Experience Menggunakan Metode Design Thinking Pada Prototype Aplikasi Cleanstic. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 61. https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.540
Kristin Angelina, E. S. V. N. (2022). Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking. JurnalTeknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), Volume 9, 70–78. https://doi.org/10.38204/tematik.v9i1.915
Lockwood, T., & Papke, E. (2017). Innovation by Design: How Any Organization Can Leverage Design Thinking to Produce Change, Drive New Ideas, and Deliver Meaningful Solutions. Red Wheel Weiser.
Mursyidah, A., Aknuranda, I., & Az-zahra, H. M. (2019). Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Prosedur Pelayanan Umum Menggunakan Metode Design Thinking ( Studi Kasus : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputers, 3(4), 3931–3938. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5071
Refly Ilham Syabana, Pramana Yoga Saputra, A. N. R. (2020). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Kotakku. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 40–60. http://jurnalti.polinema.ac.id/index.php/SIAP/article/view/719
Rusanty, D. A., Tolle, H., & Fanani, L. (2020). Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(11), 10484–10493. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6700
Tsoi, J. (2021). What are the flaws of Design Thinking? UX Collective. https://uxdesign.cc/what-are-the-flaws-of-design-thinking-83e22213232a
Vallendito, B. (2020). Pemodelan User Interface Dan User Experience Menggunakan Design Thinking. Barly Vallendito, 30. http://etheses.uin-malang.ac.id/19476/
Wardana, F. C., Lanang, I. G., & Eka, P. (2022). Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 03(04), 1–12. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47740