Analisa Perbandingan Metode Simple Additive Weighting (SAW), Weighted Product (WP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) Untuk Menentukan Siswa Berprestasi

Authors

  • Bagas Gilang Sudrajat Universitas Pamulang
  • Dimas Kuncoro Jati Universitas Pamulang
  • Krisna Yoda Dwi Prasetya Universitas Pamulang
  • Muhammad Zaki Indriansyah Universitas Pamulang
  • Perani Rosyani Universitas Pamulang

Keywords:

Siswa Berprestasi, SPK, SAW, WP, TOPSIS

Abstract

Pemberian Beasiswa merupakan program kerja yang ada di setiap sekolah. Program beasiswa diadakan untuk meringankan beban siswa dalam menempuh masa studi khususnya dalam masalah biaya. Pemberian beasiswa kepada siswa dilakukan secara selektif sesuai dengan jenis beasiswa yang diadakan, penerima beasiswa berprestasi dalam lingkup peserta akademik, nilai rata-rata raport terakhir, absensi kehadiran, berprilaku baik, berakhlak baik, aktif dalam organisasi. Pemberian Beasiswa merupakan penghasilan bagi yang menerima dan tujuan beasiswa adalah untuk membantu meringankan beban biaya pendidikan siswa yang mendapatkan beasiswa. Dalam perhitungan penulis menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW), ), metode Weighted Product (WP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Untuk menentukan siswa berprestasi terdapat 5 kriteria yaitu Kedisiplinan, Akhlak, Nilai Raport Tertinggi, Absensi, dan Nilai Ekstrakulikler dengan 5 alternatif dan 5 bobot pada masing-masing kriterianya. Berdasarkan hasil penganalisaan dan pengolahan data dihasilkan rangking yang berbeda-berbeda setiap metodenya, meskipun begitu masih ada beberapa hal yang mengahasilkan data yang sama, seperti pada ketiga metode menghasilkan rangking ke-1 dan rangking ke-2 yang sama. Persamaan pemeringkatan yang dihasilkan dipicu oleh pengaruh skor kinerja alternatif, dan nilai bobot kriteria yang diterapkan pada masing-masing metode, karena metode ini cocok digunakan untuk perhitungan yang akurat dan sangat membantu dalam perhitungan setiap data yang diperoleh.

References

Adhar, D. (2021). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN MENU MAKANAN BAGI PENDERITA DIABETES MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES BERBASIS ANDROID. 5(2), 140–147.

Gusdevi, H., Kuswayati, S., Iqbal, M., Abu Bakar, M. F., Novianti, N., & Ramadan, R. (2022). Pengujian White-Box Pada Aplikasi Debt Manager Berbasis Android. Naratif : Jurnal Nasional Riset, Aplikasi Dan Teknik Informatika, 4(1), 11–22. https://doi.org/10.53580/naratif.v4i1.147

Hidayat, R. (2017). Metode Simple Additive Weighting Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Murid Berprestasi. SinkrOn (Jurnal & Penelitian Teknik Informatika), 2(2), 13–17. https://stmikglobal.ac.id/journal/index.php/sisfotek/article/view/147/151

Ketaren, R. M., Lumbanbatu, K., Manik, F. Y., Informasi, S., Kaputama, S., No, J. V., & Binjai, K. (2022). Diagnosa Penyakit Diabetes dan Menentukan Menu Makanan Sehat Dengan Metode Certainty Factor. 6(3).

Lusiani, T., Qoiriah, A., Informatika, M., Elektro, T., Surabaya, U. N., & Mellitus, D. (2010). Sistem Pakar untuk Menentukan Menu Makanan Sehat pada Penderita Diabetes Mellitus. 9–23.

Maisaroh, S., & Sofia, D. (2022). Web-Based Learning Design and its Implementation on TOEIC Reading Skills to Measure the Usability and Learning Outcome A Case Study at Global Institute. 12(2), 94–100.

Nasional, J., Komputer, T., Penelitian, M., Wulandari, S., & Utama, U. P. (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN MENU MAKANAN SEHAT MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE. 1, 37–44.

Nugroho, A., Riswandy, S. R., & Widiastiwi, Y. (2021). Sistem Pakar Menentukan Menu Makanan Sehat untuk Diet bagi Penderita Diabetes Mellitus dengan Metode Forward Chaining. 2, 11–16.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Bagas Gilang Sudrajat, Dimas Kuncoro Jati, Krisna Yoda Dwi Prasetya, Muhammad Zaki Indriansyah, & Perani Rosyani. (2023). Analisa Perbandingan Metode Simple Additive Weighting (SAW), Weighted Product (WP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) Untuk Menentukan Siswa Berprestasi. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(2), 187–195. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/1531

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>