Integrasi Solar Tracker Dan Kendali Jarak Jauh Via Telegram Untuk Penyiraman Otomatis Tanaman Hias

Authors

  • Christian Imanuel Munaiseche Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Erika Oktaviana Az Zahra Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Naufal Choirul Ananda Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Pramono Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Tanaman Hias, Solar Tracker, Kendali Jarak Jauh, Aplikasi Telegram, Penyiraman Otomatis

Abstract

Perkembangan teknologi membuka peluang baru dalam perawatan tanaman hias secara otomatis. Sistem yang dikembangkan dalam penelitian ini mengintegrasikan teknologi Solar Tracker dan kendali jarak jauh melalui aplikasi Telegram untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyiraman otomatis pada tanaman hias. Sistem ini dirancang dengan memanfaatkan berbagai komponen seperti Panel Surya, Sensor LDR, ESP32, Sensor Kelembaban Tanah, Relay, Pompa Air, dan aplikasi Telegram. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem yang mengintegrasikan teknologi Solar Tracker dan kendali jarak jauh melalui aplikasi telegram untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyiraman otomatis pada tanaman hias. Dengan menggunakan metode penelitian studi literatur yang mencari materi - materi relevan di internet, berbagai artikel, paper, dan jurnal. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem ini berfungsi dengan baik dan berhasil meningkatkan efisiensi penyiraman tanaman hias. Sistem dapat secara otomatis menyiram tanaman berdasarkan tingkat kelembaban tanah yang terukur, sehingga memastikan tanaman menerima air secara optimal sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, kemampuan untuk mengontrol sistem dari jarak jauh melalui aplikasi Telegram memberikan fleksibilitas dan kemudahan penggunaan bagi pengguna. Dengan demikian, sistem ini dapat menjadi solusi yang efektif dalam menjaga keindahan dan kesehatan tanaman hias secara otomatis dan efisien.

References

Al Farizy, M., Hasannuddin, T., & Nazaruddin, N. (2023). RANCANG BANGUN SISTEM PENGGERAK PANEL SURYA MENGGUNAKAN AKTUATOR BERBASIS MIKROKONTROLLER. 170 ◼ JURNAL TEKTRO, 7(2).

Febrina, D., Agustina, S., & Trisnawati, F. (2021). ALAT PENDETEKSI KELEMBAPAN TANAH dan PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO MENGGUNAKAN SOIL MOISTURE SENSOR dan RELAY. 2(2), 2723–598. https://doi.org/10.33365/jimel.v1i1

Kasrani, M. W., Alexander, R., Fitri, A., & Rahman, S. (2022). OTOMATISASI PENYIRAMAN TANAMAN HIAS LIDAH MERTUA (SANSEVIERIA) BERBASIS TELEGRAM. In JTE UNIBA (Vol. 6, Issue 2).

Malis, J., Imelda, I., & Pramusinto, W. (2023). IMPLEMENTASI ALAT PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER NODEMCU ESP8266 LOLIN (Vol. 2, Issue 1).

Nadindra, D. E., & Chandra, J. C. (2022). Sistem IoT Penyiram Tanaman Otomatis Berbasis Arduino Dengan Kontrol Telegram. In SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika (Vol. 5, Issue 1). Halaman.

Putri, I. D., & Sukardi, S. (2022). Rancang Bangun Alat Penyiram Tanaman Hias Otomatis Berdasarkan Kelembaban Berbasis Mikrokontroler. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 3(1), 74–83. https://doi.org/10.24036/jtein.v3i1.210

Saputra, A., & Juliardi, J. (2023). Monitoring Penyiraman Aglonema Lulaiwan Otomatis Berbasis IoT Dengan Sensor Soil Moisture dan DHT11 Menggunakan Aplikasi Telegram (Vol. 15). Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK) 5 Tahun 2023.

Zahrotun Nisa, D., & Stefanie, A. (2023). Sistem Penyiraman Tanaman Tomat Otomatis Berbasis Arduino Uno dan Panel Surya. Jurnal POLEKTRO: Jurnal Power Elektronik, 12(1), 2023.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Imanuel Munaiseche, C. ., Oktaviana Az Zahra, E. ., Choirul Ananda, N., & Pramono. (2024). Integrasi Solar Tracker Dan Kendali Jarak Jauh Via Telegram Untuk Penyiraman Otomatis Tanaman Hias . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(3), 548–555. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/4155

Most read articles by the same author(s)