Prototype Monitoring Level Ketinggian Air Pada Bendungan Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Internet of Things (IoT)

Authors

  • Muhammad Syarif Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Kevin Ardiyanto Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Reza Maulana Akbar Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Pramono Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

NodeMCU Esp32, Ultrasonik, Buzzer, Led, Relay

Abstract

Bencana banjir sudah sering sekali trjadi di indonesia, banjir sudah mnenjadi hal yang menakutkan bagi seluruh warga massyarakat. Dampak banjir sangat mengganggu aktifitas keseharian dan perekonomian masyarakat dampak banjir dapat di kurangi dengan membangun bendungan dan memberikan infomasi secara otomatis kepada masyarakat sekitar, sehingga dapat menanggulangi bencana terdebur lebih awal. Oleh karena itu dibuatlah alat prototype monitoring level ketinggian air pada bendungan menggunakan sensor ultrasonik berbasis Internet of Things (IoT) yang menggunakan metode studi literatur, perancangan program, dan pengujian alat yang digunakan dalam penelitian adalah Node MCUEsp32,sensor Ultrasonik,buzzer,relay dan led. Kesimpulan dari pengujian yang telah dilakukan adalah ketika sensor ultrasonik mendeteksi Jika air yang terdapat pada bendungan di bawah dari 2 meter atau 200cm maka lampu hijau akan menyala sebagai indikator aman. Jika air yang terdapat Pada bendungan melebihi 2 meter atau 200cm maka lampu kuning akan menyala sebagai indikator waspada. Jika air lebih atau sama dengan 4 meter atau 400cm maka lampu merah akan menyala dan buzzer akan bersuara sebagai tanda indikator bahaya, kemudian hasil akan dikirimkan ke website secara realtime dan memberikan informasi ketinggian debit air sehingga masyarakat dapat mengetetahui dan menghindari bahaya banjir.

References

Achmad Casdik, A. F. (2023). Perkembangan teknologi internet memberikan kegunaan lain yaitu Internet of Things (IoT). Implementasi Sistem Penguncian Pintu Rumah Berbasis Internet of Things (IoT) Menggunakan Finger Print Dengan Model NodeMCU Esp8266, 676-686.

Agung Teguh Priyatna, A. B. (2021). TEKINFO. Prototype Sistem Pengendalian Pintu Air Otomatis Dengan Menggunakan Arduino Uno, 1-14.

Aldiaz Rasyid Ardiliansyah, M. D. (2021). Rancang Bangun Prototipe Pompa Otomatis Dengan Fitur Monitoring Berbasis IoT Menggunakan Sensor Flow Meter dan Ultrasonik. JURNAL EXPLORE-IT, 59-67.

Casdik, A. (2023). Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan. Implementasi Sistem Penguncian Pintu Rumah Berbasis Internet of Things(IoT) Menggunakan Finger Print Dengan Model NodeMCU , 676-686.

Fauzi, A. C. (2023). Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan. Implementasi Sistem Penguncian Pintu Rumah Berbasis Internet of Things(IoT) Menggunakan Finger Print Dengan Model NodeMCU , 676-686.

Hilal Quthbirrobbaani, S. S. (2021). SISTEM PEMANTAUAN KETINGGIAN AIR DAN CURAH HUJAN SERTA KONTROL PINTU AIR PADA SIMULASI BENDUNGAN BERBASIS IOT DENGAN HMI SCADA. TESLA: Jurnal Teknik Elektro, 181-195.

Joko Slamet Saputro, U. L. (2022). Prototipe Sistem Peringatan Dini (EWS) Bendungan Berbasis Internet of Things (IoT) dengan Antarmuka Web dan Aplikasi Mobile. Jurnal Otomasi Kontrol dan Instrumentasi, 31-40.

Rakhmat Suderajat, F. R. (2023). Rancang Bangun Sistem Kendali Kipas Angin dengan Sensor Suhu dan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino Uno. Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 555-564.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Syarif, M. ., Ardiyanto, K. ., Maulana Akbar, R. ., & Pramono. (2024). Prototype Monitoring Level Ketinggian Air Pada Bendungan Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Internet of Things (IoT) . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(3), 540–547. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/4151

Most read articles by the same author(s)