Sistem Kontrol Dan Monitoring Jemuran Pakaian Berbasis IoT

Authors

  • Ade Zakharia Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Ahmad Dia U Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Ridlo Maulana S Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Pramono Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

IoT, Sensor, Sistem Kontrol, Monitoring, Jemuran Pakaian

Abstract

Sistem kontrol dan monitoring jemuran otomatis berbasis IoT adalah sebuah jurnal yang membahas tentang perancangan dan implementasi sistem yang memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) untuk mengontrol dan memonitor proses pengeringan pakaian pada jemuran secara otomatis. Dalam jurnal ini, penulis menjelaskan tentang kebutuhan dan tantangan dalam pengeringan pakaian secara efisien dan praktis. Dengan menggunakan konsep IoT, penulis merancang sebuah sistem yang terdiri dari sensor, mikrokontroler, dan modul komunikasi nirkabel untuk mengontrol dan memonitor jemuran secara otomatis. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk mengatur waktu dan suhu pengeringan pakaian melalui aplikasi mobile yang terhubung dengan jemuran. Sensor yang terpasang pada jemuran akan mendeteksi kelembaban udara dan suhu sekitar, dan mengirimkan informasi tersebut ke mikrokontroler. Mikrokontroler akan mengolah data tersebut dan mengontrol pemanas atau kipas pada jemuran sesuai dengan pengaturan yang telah ditentukan. Selain itu, sistem ini juga dilengkapi dengan fitur monitoring yang memungkinkan pengguna untuk melihat kondisi pengeringan pakaian secara real-time melalui aplikasi mobile. Pengguna dapat memantau tingkat kelembaban dan suhu udara, serta melihat estimasi waktu yang dibutuhkan untuk pengeringan pakaian. Melalui implementasi sistem ini, penulis berhasil menciptakan solusi yang efisien dan praktis dalam pengeringan pakaian. Dengan menggunakan teknologi IoT, pengguna dapat mengontrol dan memonitor jemuran secara otomatis melalui aplikasi mobile, sehingga memudahkan dan meningkatkan kenyamanan dalam proses pengeringan pakaian.

References

I. K. Wijayanti, Nurchim, and J. Maulindar, “PERANCANGAN SMART HOME JEMURAN OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS,” INFOTECH journal, vol. 9, no. 1, pp. 183–189, May 2023, doi: 10.31949/infotech.v9i1.5344.

Bimo Gusti Prakoso and Kukuh Setyadjit, “RANCANG BANGUN ALAT JEMURAN PAKAIAN BERBASIS IoT,” 2020.

S. Selina Anindita Oktiva Deputri, C. Mahendra, M. endra, S. Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso Purwokerto, J. Smp, and K. Purwokerto Kabupaten Banyumas, “SISTEM KONTROL DAN MONITORING JEMURAN PAKAIAN BERBASIS IOT DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI BLYNK,” Jurnal Media Aplikom, vol. 13, 2021, doi: 10.33488/1.ma.2.1.292.

Anung Rizky Saputra, “PROTOTYPE JEMURAN PINTAR BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT),” 2020.

Risnadona Putra Milandika, Widhi Bagus Nugroho, Tri Raharjo Yudantoro, Wahyu Sulistiyo, and Wiktasari, “RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN KONTROL JEMURAN PAKAIAN BERBASIS IOT,” 2021.

Yunni Sartikha Dhewy, Randy Erfa saputra, and Roswan Latuconsina, “JEMURAN OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR HUJAN DAN PANEL SURYA BERBASIS INTERNET OF THINGS AUTOMATIC CLOTHESLINE USING RAIN SENSOR AND SOLAR PANEL ON INTERNET OF THINGS,” 2020.

CIKAL WITARYANTO, “KONTROL JEMURAN OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER ARDUINO BERBASIS INTERNET OF THING (IOT) TUGAS AKHIR BIDANG STUDI ELEKTRONIKA PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA 2021,” 2021.

A. Sanaris and I. Suharjo, “Prototype Alat Kendali Otomatis Penjemur Pakaian Menggunakan NodeMCU ESP32 Dan Telegram Bot Berbasis Internet of Things (IOT) Prototype Automatic Drying Tool Using NodeMCU ESP32 and Telegram Bot Based on Internet of Things (IOT),” Gejayan, 2021.

R. Husna, M. Nasir, and H. T. Hidayat, “Rancang Bangun Prototype Jemuran Berbasis Iot (Internet Of Things),” 2020.

Rais and Nurohim, “JEMURAN IKAN ASIN OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS UNTUK DAERAH PESISIR PANTAI PANTURA,” 2020

Downloads

Published

2024-05-13

How to Cite

Zakharia, A., Dia U, A. ., Maulana S, R. ., & Pramono. (2024). Sistem Kontrol Dan Monitoring Jemuran Pakaian Berbasis IoT . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(3), 615–623. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/4181

Most read articles by the same author(s)