Penerapan Sistem Aplikasi Pengenalan Jenis-Jenis Ikan Cupang Beserta Perawatannya Berbasis Mobile

Authors

  • Andhika Yudha Hidiawan Universitas Pamulang
  • Bambang Santoso Universitas Pamulang

Keywords:

Patrol Betta Community, Ikan Cupang, Penelitian, Observasi, Sistem, Informasi, Aplikasi, Mobile

Abstract

Patrol Betta Community (PBC) adalah komunitas yang bergerak dibidang pembelajaran bagaimana ikan cupang hias berkualitas kontes, pembudidaya ikan cupang, dan tanya jawab tentang ikan cupang hias (Betta Splendens) yang beralamat di Bojong Gede, Bogor. Saat ini Komunitas Patrol Betta Community (PBC) melakukan komunikasi hanya menggunakan media jejaring sosial untuk melakukan tanya jawab, edukasi untuk kualitas air untuk cupang yang baik, dan pengenalan jenis-jenis ikan cupang berkualitas. Masih kurangnya minat orang yang ingin paham tentang ikan cupang hias, terlebih lagi dengan adanya kontes yang diselenggarakan oleh karena itu dibutuhkan suatu solusi sistem aplikasi yang terkomputerisasi bagi pengguna untuk mempermudah mengenali jenis-jenis ikan cupang dan perawatannya yang baik untuk ikan cupang, maka dalam mewujudkan sistem barunya. Metode observasi atau pengamatan secara langsung di Patrol Betta Community untuk mempelajari, mengamati, mengumpulkan data serta informasi yang berhubungan dengan jalannya sistem aplikasi pengenalan ikan cupang beserta perawatannya. Dengan adanya sistem aplikasi berbasis mobile ini dapat memberikan informasi tentang Patrol Betta Community Bojong Gede agar dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat khususnya pecinta ikan cupang, bahwa dengan adanya sistem pengenalan jenis-jenis ikan cupang beserta perawatannya dapat mempermudah masyarakat untuk mengenali lebih jauh tentang ikan cupang yang ada di dunia ini, khususnya di Indonesia. Dengan menggunakan sistem aplikasi yang terkomputerisasi pada sistem aplikasi pengenalan jenis-jenis ikan cupang beserta perawatannya yang baik dan benar.

References

Destrana, R., & Rafiudin, M. D. (2018). Analisis dan perancangan e-bisnis dalam budidaya dan penjualan ikan cupang dengan metodologi overview. Jurnal Teknik Informatika (JIKA) Universitas Muhammadiyah Tangerang, 51-58.

Hasyim, I., & Susilawati, I. (2021). Klasifikasi Jenis Ikan Cupang Menggunakan Algoritma Principal Component Analysis (PCA) Dan K-Nearest Neighbors (KNN). KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 168-179.

Mayangsari, Hasanuddin, & Aditya, R. (2018). PENGENALAN IKAN CUPANG (BETTA FISH) MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. Jurnal Teknik Informatika, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, 26-36.

Rahmatdhan, D., & Gunawan, D. (2021). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN IKAN CUPANG BERBASIS WEB DI LABETTA SOLO. Jurnal SISFOKOM (Sistem Informasi dan Komputer), 270-282.

Downloads

Published

2024-05-16

How to Cite

Yudha Hidiawan, A. ., & Santoso, B. . (2024). Penerapan Sistem Aplikasi Pengenalan Jenis-Jenis Ikan Cupang Beserta Perawatannya Berbasis Mobile . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(3), 644–654. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/4131