Aplikasi Rekening Bersama (Rekber) Terintegrasi Payment Gateway Dengan Metode Prototyping Berbasis Web

Authors

  • Verel Yulianto Praditya Universitas Pamulang
  • Rengga Herdiansyah Universitas Pamulang

Keywords:

Rekening Bersama, Integrasi API, Payment Gateway, Midtrans

Abstract

Transaksi jual-beli online melalui media sosial telah menjadi tren yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Namun, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap proses transaksi ini telah mengalami penurunan yang signifikan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi Rekening Bersama yang dapat meningkatkan rasa kepercayaan dalam bertransaksi jual-beli online pada media sosial. Aplikasi Rekening Bersama (Rekber) dibuat untuk memfasilitasi transaksi online yang aman antara penjual dan pembeli. Namun, integrasi Rekber dengan pemrograman API Payment Gateway yang efisien dan metode pengembangan yang cepat masih menjadi tantangan. Aplikasi Rekening Bersama ini terintegrasi dengan penyedia jasa layanan payment gateway yang sangat populer yaitu Midtrans. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kebutuhan pengguna, perancangan antarmuka pengguna (user interface) yang intuitif dan responsif, serta pengembangan fitur-fitur yang dapat memperkuat rasa kepercayaan pengguna. Aplikasi ini akan memungkinkan para pengguna untuk membuat rekening bersama yang terkait dengan transaksi jual-beli, sehingga dana pembeli akan disimpan dengan aman oleh pihak ketiga selama proses transaksi berlangsung. Pengujian aplikasi akan dilakukan untuk memastikan fungsionalitas, keamanan, dan kinerja yang optimal. Selain itu, survei kepuasan pengguna juga akan dilakukan untuk mengevaluasi sejauh mana aplikasi ini dapat meningkatkan rasa kepercayaan dalam bertransaksi jual-beli online pada media sosial. Diharapkan bahwa hasil dari penelitian ini akan menghasilkan sebuah aplikasi Rekening Bersama yang dapat memberikan kepercayaan yang lebih tinggi bagi para pengguna dalam melakukan transaksi jual-beli online pada media sosial. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan efisiensi transaksi, serta mengurangi kekhawatiran dan keraguan yang sering dialami oleh pengguna dalam bertransaksi online.

References

Anggraini, Y., Pasha, D., Damayanti, & Setiawan, A. (2020). SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEPEDA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS : ORBIT STATION). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 64-70.

Armadhana, D. R., Setiawan, E., & Muchayan, A. (2020). Implementasi Pemrograman API dalam Membangun Aplikasi Rekening Bersama pada Komunitas Facebook dengan Virtual Account. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis (JIKB), 2438-2446.

Christian, A., Hesinto, S., & Agustina. (2018). Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Framework Bootstrap ( Studi Kasus SMP Negeri 6 Prabumulih ). Jurnal SISFOKOM, 22-27.

Febriyanti, N. D., Sudana, A. O., & Piarsa, I. N. (2021). Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen. JITTER- Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, 535-544.

Kinaswara, T. A., Hidayati, R. N., & Nugrahanti, F. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Inventaris Berbasis Website pada Kelurahan Bantengan. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 71-75.

Ma'Mur, M., Lia, L., & Hafiz, A. (2019). METODE EXTREME PROGRAMMING DALAM MEMBANGUN APLIKASI KOS-KOSAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG BERBASIS WEB. Jurnal Cendiki, 377-383.

Sonata, F., & Sari, V. W. (2019). Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 22-31.

Tabrani, m., & Aghniya, I. R. (2019). IMPLEMENTASI METODE WATERFALL PADA PROGRAM SIMPAN PINJAM KOPERASI SUBUR JAYA MANDIRI SUBANG. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 41-50.

Yoko, P., Adwiya, R., & Nugraha, W. (2019). Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Aplikasi SIPINJAM Berbasis Website pada Credit Union Canaga Antutn. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 212-223.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Yulianto Praditya, V. ., & Herdiansyah, R. . (2023). Aplikasi Rekening Bersama (Rekber) Terintegrasi Payment Gateway Dengan Metode Prototyping Berbasis Web . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(1), 86–93. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2815