Analisis Kualitas Media Canva Sebagai Platform Desain Online Dengan Metode Webqual 4.0 (Studi Literatur Dari Penelitian Terdahulu)
Keywords:
Kualitas Media Canva, WebQual 4.0, Platform Desain OnlineAbstract
Tujuan penelitian; untuk menganalisis Kualitas Media Canva sebagai Platform Desain Online dengan metode WebQual 4.0 yang mencakup 3 (tiga) dimensi; usability (kemudahan penggunaan), information quality (kualitas informasi), service interaction quality (kualitas interaksi layanan). Metode penelitian; kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Sumber data menggunakan data sekunder yang didapatkan dari penelitian terdahulu, laporan, artikel ilmiah, jurnal, dan sumber lain yang telah dipublikasikan sebelumnya. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan penerapan metode WebQual 4.0. Hasil penelitian; menjelaskan bahwa; (1) Aspek Usability (Kemudahan Penggunaan) menjadi salah satu keunggulan utama Canva, terdapat keterbatasan dalam penggunaan Canva, diantaranya: a. Aksesibilitas yang bergantung pada koneksi internet, b. Fitur lebih lengkap hanya tersedia di versi berbayar (Canva Pro), c. Membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk performa optimal, d. Tidak adanya fitur untuk menyisipkan tabel. (2) Kualitas Informasi pada platform Canva, dapat disimpulkan bahwa materi pembelajaran dan tutorial yang disediakan sangat relevan dengan kebutuhan pengguna, terdapat kekurangan yang perlu diperhatikan, diantaranya: a. Potensi pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) terkait penggunaan template yang tidak mencantumkan pemilik asli karya, b. Kurangnya edukasi bagi pengguna, terutama pemula, terkait aspek hukum hak cipta dan peraturan yang berlaku. (3) Kualitas Interaksi Layanan pada platform Canva menunjukkan bahwa layanan dukungan yang disediakan telah memenuhi kebutuhan penggunanya dengan baik, namun terdapat beberapa kekurangan dalam kualitas interaksi layanan, terutama bagi pengguna yang masih berada di jenjang Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Kekurangan tersebut yaitu, kurangnya fitur chatbot ramah anak yang menggunakan bahasa lebih sederhana dan edukatif.
References
Abdillah, L. A. (2021). Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Bukalapak Terhadap Kepuasan Pengguna Mahasiswa Universitas Bina Darma Menggunakan Metode WebQual 4.0. arXiv preprint arXiv:2106.15342.
Alamsyah, A. I. S. (2024). Peran Aplikasi Canva Dalam Mendukung UMKM Bersaing Di Era Digital. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 8(2), 343-350.
Anindya. (2023). Apa Itu Canva Web? Pengertian, Fitur, Keunggulan dan Cara Menggunakan. PT.Metafora Indonesia Teknologi. https://idmetafora.com/id/blog/read/3379/Apa-Itu-Canva-Web-Pengertian-Fitur-Keunggulan-dan-Cara-Menggunakan.html, diakses pada 15 Desember 2024, pk. 14.07 WIB.
Apriliani, D., Fikry, M., & Hutajulu, M. J. (2020). Analisa Metode WebQual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Kualitas Situs Detik. com. J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), 8(1), 34-45.
Barnes, S. J., & Vidgen, R. (2003). Measuring Web Site Quality Improvements: A Case Study Of The Forum On Strategic Management Knowledge Exchange. Industrial management & Data systems, 103(5), 297-309.
Darmawan, A., & Laksamana, P. (2022). Pelatihan Online Content Marketing dan Desain Bagi Pemula Dengan Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Abdimas Perbanas, 3(1), 32-39.
Gimpel, H., Huber, J., & Sarikaya, S. (2016). Customer Satisfaction In Digital Service Encounters: The Role Of Media Richness, Social Presence, And Cultural Distance". Research Papers. 91.
Moleong J., Lexy. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mursalin, N. A. R. (2023). Analisis Kualitas Website Dengan Metode WebQual 4.0 Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung. (Doctoral dissertation, IPDN).
Nur, A., & Majid, A. R. (2024). Penelitian Penggunaan Aplikasi Canva Bagi Mahasiswa. Kohesi: Jurnal Sains dan Teknologi, 4(11), 71-80.
Pengertian Dan Apa Saja Platform Online Di Indonesia. (2022). Demanda. https://demanda.id/blog/pengertian-dan-apa-saja-platform-online-di-indonesia?utm, diakses pada 16 Desember 2024, pk. 19.23 WIB.
Peran Desain Grafis dalam Kesuksesan Bisnis di Era Digital. (2024). Jakarta Selatan: IDS Blog, Pearson BTEC. https://idseducation.com/peran-desain-grafis-dalam-kesuksesan-bisnis-di-era-digital/, diakses pada 15 Desember 2024, pk. 13.11 WIB.
Rahadi, P. F., & Triyadi, A. (2019). Peranan E-Marketplace Desain Sebagai Penunjang Utama Pada Ekosistem Desain Grafis Online. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 7(3), 215-227.
Rahayu, L. K., Mustika, W. P., & Wahyudi, W. F. (2018). WebQual 4.0 Untuk Evaluasi Kualitas Layanan Website E-Commerce Alzafa.Com Terhadap Keputusan Pembelian Online. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 2(1), 47-54.
Rizky, Muhammad. (2024). Pentingnya Desain Grafis di Era Digital. Yogyakarta: Universitas Alma Ata. https://almaata.ac.id/pentingnya-desain-grafis-di-era-digital/, diakses pada 15 Desember 2024, pk. 13.24 WIB.
Sari, R. K., Hamzah, I., Wijaya, S. M., & Ikbarfikri, A. M. (2023). Pelatihan Canva Sebagai Media Pembelajaran Di SMAN 5 Metro. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), 208-213.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.
Syakirrah, Nasywa. (2024). Pergeseran Desain Grafis Dari Dunia Digital dan Masa Depannya. Jakarta Selatan: Feducation. https://feducation.id/pergeseran-desain-grafis-dari-dunia-digital-dan-masa-depannya/, diakses pada 15 Desember 2024, pk. 13.48 WIB.
Taufan, A., Astutik, S., Mujib, M. A., Nurdin, E. A., & Apriyanto, B. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 11(2), 133-143.
Trabalista, D. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Media Canva dalam Pembelajaran sebagai platform Desain Grafis Online. Artikel: Kompasiana Beyond Blogging.
Unhamna. (2023). Mengenal Canva: Platform Desain Grafis Online yang Mudah Digunakan. Universitas Mahakarya Asia. https://blog.unmaha.ac.id/mengenal-canva-platform-desain-grafis-online-yang-mudah-digunakan/?utm, diakses pada 16 Desember 2024, pk. 19.19 WIB.
Wardhana, A. (2024). Service Qualitiy & E-Service Quality in the Digital Edge–Edisi Indonesia. E-Book: Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/384660848_MODEL_WEBQUAL_40, diakses pada 15 Desember 2024, pk 16.23 WIB.
Widayanti, L., Kala’lembang, A., Rahayu, W. A., Riska, S. Y., & Sapoetra, Y. A. (2021). Edukasi pembuatan desain grafis menarik menggunakan aplikasi canva. Jurnal pengabdian masyarakat, 2(2), 91-102.
Yang, E. D., Baisa, L. Y., & Sanglise, M. (2024). Evaluasi Kualitas Website E-Learning UNIPA Menggunakan Metode Webqual 4.0. AITI, 21(2), 285-297.