Penerapan Model Pembelajaran Video Based Learning (VBL) Pada Materi Rantai Makanan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Di SDN1 Sukamaju
Keywords:
Video Based Learning (VBL), Rantai Makanan, Hasil Belajar, Siswa Kelas 4Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 di SDN 1 Sukamaju pada materi rantai makanan, melalui penerapan model pembelajaran Video Based Learning (VBL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 di SDN 1 sukamaju yang berjumlah 28 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran VBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 di SDN 1 Sukamaju pada materi rantai makanan. Peningkatan hasil belajar terlihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I dan II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran VBL dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi rantai makanan.
References
Abdul Muis,Suryanti,Binar Kurnia Prahani. (2023). Literatur review: Penggunaan Modul IPA Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Siswa SD, 6(4) 05-14 https://doi.org/10.31949/jelel.v6i4.7574
Dinna Ririn Agustina, R. P. W. (2019). Peran Pendidikan berbasis higher order thinking skills (Hots) Pada tingkal Selokalah Menengah Pertama di Era Society 5.0 sebagai penentu kemajuan bangsa Indonesian. EQUILIBRUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 7(2), 137-141.
Munandar, A. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesian dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif.” Aula Handayani IKIP Mataram, 52–61.
Nurohmah, A. N., Kartini, D., & Rustini, T. (2023). Relevansi Kebijakan Kurikulum Merdeka Dengan Pendidikan Abad 21 Pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 24–35. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zelnodo.7594483
Purba, Putri Patricia Novelina, Silvina Noviyanti, Faizal, V. S. D. R. (2020). Implementasi Pembelajaran IPS dalam Kurikulum Merdeka di Pendidikan Selokalah Dasar. INNOVALTE: Jurnal Of Social Science Research, 1(1), 42–55. https://eljournall.upi.eldu/indelx.php/dimalsaltral
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, AL. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Selokalah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/balsiceldu.v6i4.3237
Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. jurnal pendidikan Anak, 4(1), 565–581. https://doi.org/10.21831/jpal.v4i1.12345
Rizky Amallia Miftakhul Jannah, I. M. (2023). Optimalisasi Penggunaan Metode Word Square Dan Scramble Dalam Menumbuhkan Karakter Peserta Didik Pancasila di UPT SD Negeri 119 Gresik. jurnal Dimensi pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1). http://journall.umpo.alc.id/indelx.php/dimelnsi/indelx
Wahyuni, R., & Berliani, T. (2019). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Di Selokalah Dasar. jurnal Manajemen dan Supervisi pendidikan, 3(2), 63–68. https://doi.org/10.17977/um025v3i22019p063












