Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi IT-Helpdesk Berbasis Web Framework Laravel

Studi Kasus : Lion Air Group

Authors

  • Fajar Fadli Universitas Pamulang
  • Mochammad Bagoes Satrio Junianto Universitas Pamulang

Keywords:

Information Technology, Waterfall, Web, Laravel

Abstract

Lion Air Group merupakan salah satu maskapai penerbangan swasta terbesar yang melayani penumpang domestik maupun internasional yang berpangkalan pusat di Jakarta, Indonesia. Hampir semua proses bisnisnya mengandalkan teknologi informasi dalam operasionalnya. Dalam hal ini Department Information Technology memegang peranan penting untuk mendukung semua operasional yang melibatkan perangkat teknologi informasi seperti memberikan pelayanan terbaik kepada semua user yang berada dalam perusahaan itu. Dari beberapa masalah yang diterima oleh bagian Department Information Technology sering terjadinya miss komunikasi dan kehilangan data – data history perbaikan dikarenakan tidak adanya sistem yang menentukan prioritas dan manajemen history maintenance yang kurang baik. Dengan menggunakan metode waterfall dalam penanganan masalah tersebut peneliti mengembangkan sistem berbasis web laravel. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah proses maintenance menjadi cepat tertangani dan mempermudahkan pekerjaan staff IT (Information Technology) serta meminimalisasi miss komunikasi antara user dan staff IT (Information Technology) dan data history maintenance dapat terkontrol dengan baik.

References

A., & Hasan, S. (2017). Sistem Informasi Pengelolaan Uang Komite Menggunakan Borland Delphi 7 Pada SMA Negeri 5 Kota Ternate. IJIS-Indonesian Journal On Information System, 2(1).

Abdussalaam, F., & Saputra, S. A. (2018). Perancangan Sistem Informasi Complaint Management Dengan Metode Rad Menggunakan Framework Laravel. Jurnal E-Komtek (Elektro-Komputer-Teknik), 2(2), 54-68.

Bahrudin, R. M., Ridwan, M., & Darmojo, H. S. (2020). Penerapan Helpdesk Ticketing System Dalam Penanganan Keluhan Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Web. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 7(1), 71-82.

Cassandra, C. (2015). Pengembangan Model Sistem Informasi Aplikasi Helpdesk Online PT. Mustika Memadata. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 6(2), 173-184.Halim,

Fajarita, L., & Basofi, A. (2019). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penanganan Keluhan Pelang-gan Pada PT. Paron Indonesia.

Harmawan, H., Sutikno, A., & Simatupang, D. F. (2018). Aplikasi sistem informasi penanganan problem produksi pada PT. Gajah Tunggal, Tbk. Prosiding SEMNASTEKNO MEDIA, AMIKOM Yogyakarta, Buku, 2, 2-10.

Hidayat, R., Marlina, S., & Utami, L. D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall. Simnasiptek 2017, 1(1), 175-183.

Hutahaean, H. D., Sinaga, B., & Rajagukguk, A. A. (2016). Analisa Dan Perancangan Aplikasi Algoritma Apriori Untuk Korelasi Penjualan Produk (Studi Kasus: Apotik Diory Farma). Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 1(1).

Mediana, D. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Helpdesk (A-Desk) Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus Di Pdam Surya Sembada Kota Surabaya) Design Build Helpdesk Applications (A-Desk) Based Web Using Framework Laravel (Case Study in Surya Sembada Municipal Waterwork Of Surabaya). Jurnal Manajemen Informatika, 8(2).

Mulyana, H. (2013). Perancangan Aplikasi Pemeriksaan IP Address Aktif Pada Jaringan Komputer Dengan Metode Pengujian Black Box. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 10(2), 225-230.

MZ, M. K. (2016). Pengujian perangkat lunak metode black-box berbasis equivalence partitions pada aplikasi sistem informasi sekolah. MIKROTIKJurnal Manajemen Informatika, 6(1)

Negara, Y. (2018). Aplikasi Komunikasi Socket Client-Server Layanan Kamar Hotel Berbasis Android Pada Jaringan Lokal Menggunakan TCP IP (Doctoral dissertation, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA)

Rico, R. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi It-Helpdesk (Studi Kasus: Pt. Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry). Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 10(2), 642-651.

Rifauddin, M. (2016). Pengelolaan arsip elektronik berbasis teknologi. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 4(2), 168-178.

Simaremare, Y., Pribadi, A., & Wibowo, R. P. (2013). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Manajemen Publikasi Ilmiah Berbasis Online pada Jurnal SISFO. Jurnal Teknik ITS, 2(3), A470-A475Sipayung, E. M., Fiarni, C., & Aditya, E. (2017). Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Menggunakan Framework ITIL V3. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 6(2), 141-151.

Sipayung, E. M., Fiarni, C., & Aditya, E. (2017). Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Menggunakan Framework ITIL V3. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 6(2), 141-151..

Sumantri, F. K., Wowor, H. F., & Lumenta, A. S. (2016). Sistem Informasi Anggota Jemaat GMIM Bethesda Ranotana Menggunakan Framework CodeIgniter. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 5(2), 21-28.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Fajar Fadli, & Mochammad Bagoes Satrio Junianto. (2023). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi IT-Helpdesk Berbasis Web Framework Laravel: Studi Kasus : Lion Air Group. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(3), 420–430. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/1647