Analisis & Implementasi Kinerja Routing Protocol Is-Is (Intermediate System To Intermediate System)

Study Kasus : PT. MAHADYA

Authors

  • Anggi Setiawan Universitas Pamulang
  • Perani Rosyani Universitas Pamulang

Keywords:

Routing, ISIS, Throughput, Packet Loss

Abstract

Di era modern ini perkembangan teknologi semakin maju, berbagai kegiatan mulai menggunakan jaringan komputer, dengan berkembangnya bidang teknologi informasi dan komunikasi, semakin besar suatu jaringan maka manajemen jaringan tersebut akan semakin menjadi kompleks dan manyebabkan rumitnya dalam mengawasi serta manajemen jaringan tersebut. Pada PT. Mahadya jaringan menjadi hal penting karena menjadi sarana pertukaran informasi dan pengiriman laporan-laporan harian seperti, laporan penjualan, keluar barang, masuk barang, dan laporan-laporan lain nya. Protocol routing dinamis merupakan sebuah cara untuk memudahkan dalam pemeliharaan arsitektur jaringan. Dimana network administrator tidak lagi melakukan konfigurasi manual pada routing tabel. ISIS merupakan protocol routing dinamis link-state routing protocol yang bekerja dengan cara menentukan jalur terpendek ke setiap jaringan tujuan. Pada penelitian ini penulis menganalisa proses kinerja routing protocol ISIS berdasarkan nilai throughput dan packet loss. Hasil dari analisa ini didapatkan kesimpulan bahwa protocol routing ini dapat digunakan PT. Mahadya. Hal ini terlihat dari waktu throughput yang memiliki nilai yang besar (1120 bytes/s) dimana semakin besar nilai semakin baik sebuah jaringan dan nilai packet loss yang kecil (0%) dimana semakin kecil nilai semakin baik bagi sebuah jaringan.

References

Amuda, S., Mulya, M. F., & Kurniadi, F. I. (2021). Perbandingan Kinerja Jaringan Komputer Menggunakan Metode Protokol Routing Statis, Open Shortest Path First (OSPF) dasn Border Gateway Protocol(BGP) (Studi Kasus Tanri Abeng University). Jakarta: Jurnal Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan.

Ardyansyah, S., A Irfan , L. S., & Rachman, S. (2018). PERANCANGAN DAN SIMULASI DARI KOMBINASI ROUTING STATIK DAN ROUTING DINAMIS PADA ROUTING PROTOKOL OSPF. Jurnal Universitas Mataram, 1-5.

Hasanah, F., & Mubarak , N. (2018). ANALISIS KINERJA ROUTING DINAMIS DENGAN TEKNIK RIP (ROUTING INFORMATION PROTOCOL) PADA TOPOLOGI. SINGUDA ENSIKOM.

Jati, W., Nurwasito, H., & Data, M. (2018). Perbandingan Kinerja Protocol Routing Open Shortest Path First (OSPF) dan Routing Information Protocol (RIP) Menggunakan Simulator Cisco Packet Tracer. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 1-4.

Krinawijaya, N., & Paramartha, C. (2019). PENERAPAN JARINGAN MULTIHOMING PADA JARINGAN KOMPUTER FAKULTAS HUKUM. JIILK Universitas Udayana.

Muliandri, E., Trismawan, P. H., & Amron, K. (2019). Analisis Perbandingan Kinerja Routing Protokol IS-IS dengan Rou4ting Protokol EIGRP dalam Dynamic Routing. Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2053-2060.

Musril, H. (2018). Analisis Unjuk Keja RIPv2 dan EIGRP Dalam Dynamic Routing Protocol. Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan, 188.

Neuman , J. (2018). he Book of GNS3, Build Virtual Network Labs Using Cisco, Juniper, and more. San Fransisco: No Starch Press.

Nursyahban, A. (2019). EVALUASI KINERJA ROUTING PROTOCOL EIGRP, OSPFv3, DAN IS-IS MENGGUNAKAN AUTENTIKASI MD5 DAN SHA PA DA JARINGAN IPv6. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Permana, A., & Firmansyah, R. (2018). Distribusi Jaringan Dengan Menggunakan Routing OSPF Dengan Metode Redistribution. Bandung, ISSN: 2252-4983.

Prasetya, B., Trismawan, P. H., & Amron, K. (2020). Kinerja Antar Protokol EIGRP, IS-IS, Dan OSPF Dengan Metode Route Redistribution Menggunakan GNS3. Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer , 3667-3673.

Pratama, I. (2018). Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi-teknologi pendukung lainnya. Bandung: Informatika.

Robertazzi, T. (2018). Introduction to Computer Networking. New York: Springer.

Sari, S. P., Wijaya, A., & Suyanto. (2018). Perbandingan Route Redistribute Protokol Routing Dinamik Pada IPv6 ( Studi Kasus : EIGRP untuk IPv6 dengan OSPFv3 dan EIGRP dengan ISIS pada IPv6). Bina Darma Conference on Computer Science, 382-391.

Setiawan, G. (2018). Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Remaja Rosdakarya Offset.

Sofana, I. (2019). CISCO CCNP & Jaringan Komputer. Bandung: Informatika.

Sofana, I. (2019). Membangun Jaringan Komputer (1st ed.). Bandung: Informatika.

Sukarjati, E., M. M, M., & M. M, W. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Pengembangan Sumber daya Manusia dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. Journal, 1-14.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Anggi Setiawan, & Perani Rosyani. (2023). Analisis & Implementasi Kinerja Routing Protocol Is-Is (Intermediate System To Intermediate System): Study Kasus : PT. MAHADYA. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(3), 558–570. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/1790

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>