SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU DENGAN MEMBANDINGAN METODE SAW, WP DAN TOPSIS

Authors

  • Candra Irawan Universitas Pamulang
  • Hafiz Ramadhan Universitas Pamulang
  • Hermawan Saputra Universitas Pamulang
  • Salman Siregar Universitas Pamulang
  • Perani Rosyani Universitas Pamulang

Keywords:

SPK, SAW, WP, TOPSIS, Penerimaan

Abstract

Penerimaan siswa baru adalah salah satu proses yang ada di instansi Pendidikan untuk menyaring calon siswa yang terpilih sesuai kriteria yang ditentukan oleh sekolah masing - masing instansi. Pada umumnya proses penerimaan siswa baru dilakukan melalui tahap pendaftaran, seleksi berkas dan penerimaan siswa. Akan tetapi proses seleksi penerimaan siswa di SMP PGRI Ciomas Jl. Raya Ciomas Kreteg, Padasuka, Kec. Ciomas, Kabupaten Bogor yang sampai saat penulisan artikel ini menggunakan cara manual sehingga timbulnya masalah yang terjadi yaitu sulitnya menyeleksi calon siswa yang akan diterima. Dari masalah tersebut muncul sebuah gagasan untuk membuat suatu metode perhitungan sistem pendukung keputusan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah perbandingan perhitungan sistem pendukung keputusan penerimaan calon siswa baru dengan membandingkan tiga metode, Simple Additive Weighting, Weighted Product serta Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution. Sehingga dapat membantu pihak sekolah untuk pengambilan keputusan yang tepat. Penelitian ini dirancang dengan tujuan membuat perbandingan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan  metode Simple Additive Weighting,  dalam menentukan penerimaan calon siswa baru dengan kriteria dan bobot yang telah ditentukan. Setelah membandingkan bobot masing-masing metode SAW, WP dan TOPSIS disimpulkan bahwa metode yang memiliki kerangkingan tertinggi dalam perhitungan ini adalah metode.

References

Amalia, V., Syamsuar, D., & Atika, L. (2019). Komparasi Metode WP SAW dan WASPAS Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Penelusuran Minat Dan Kemampuan. Jurnal Informatika, 16(1), 114-121.

Mallu, S. (2015). Sistem pendukung keputusan penentuan Karyawan kontrak menjadi karyawan tetap Menggunakan metode topsis. Utama, 36-42.

Muzakkir, I. (2017). Penerapan metode topsis untuk sistem pendukung Keputusan penentuan keluarga miskin pada desa panca karsa ii. ILKOM, 9(3).

Prasetio, A., Nugraha, A., Mustofa, A. K., Pandia, R.P., & Rosyani, P. (2019). Penentuan Hewan Ternak Unggul dengan Metode AHP dan SAW pada Sistem Penunjang Keputusan. Jatimika, 3(1), 150-155.

Roni, Sumijan, & Santony, J. (2019). Metode Weighted Product Dalam Pemilihan Penerima Beasiswa Bagi Peserta Didik, Jurnal Resti, 3(1), 87-93.

Abdillah, A. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Dengan Metode Simple Additive Weigthing (SAW) Di SMAN 1 Cikakak Kab. Sukabumi, SISMATIK, 124 - 131.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Candra Irawan, Hafiz Ramadhan, Hermawan Saputra, Salman Siregar, & Perani Rosyani. (2023). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU DENGAN MEMBANDINGAN METODE SAW, WP DAN TOPSIS. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(2), 250–259. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/1620

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>