Perbandingan Metode SAW, WP Dan TOPSIS Dalam Menentukan Objek Wisata Di Bogor

Authors

  • M. Hasan Salihamiziq Universitas Pamulang
  • Adam Panji Maulana Universitas Pamulang
  • Ari Irfansyah Universitas Pamulang
  • Agus Mujianto Universitas Pamulang
  • Perani Rosyani Universitas Pamulang

Keywords:

MADM, Metode SAW, Metode WP, Metode TOPSIS, Alternatif

Abstract

Konsep program alat bantu pengambilan keputusan saat ini berkembang sangat pesat. Banyak sekali metode yang digunakan untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan. Ada tiga metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah Multi-Attribute Decision Making (MADM); metode SAW, WP dan TOPSIS. Hal ini karena metode tersebut sederhana, mudah dipahami, komputasinya efisien dan memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja relatif dari alternatif keputusan dalam bentuk matematis sederhana. Permasalahan dari penelitian ini adalah untuk memecahkan kasus MADM tertentu yang mungkin sulit untuk menentukan metode mana yang paling relevan antara metode SAW, WP dan TOPSIS. Oleh karena itu dilakukan uji sensitivitas untuk menentukan metode yang paling tepat antara SAW, WP dan TOPSIS dalam penyelesaian kasus tersebut. Dalam penyelesaian masalah Multi Attribute Decision Making (MADM) ini dilakukan melalui proses Sensitivity Test terlebih dahulu, kemudian dengan menggunakan metode SAW, WP atau TOPSIS bertujuan untuk membantu setiap orang dalam pengambilan keputusan berdasarkan nilai alternatif terbaik.

References

Widiyawati, D., Dedih, D., & Wahyudi, W. (2022). Implementasi Metode Maut Dan Saw Dalam Pemilihan Tempat Wisata Di Kabupaten Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 17(2), 71-80.

Supiyan, D. (2019). Perbandingan Metode SAW, WP Dan Topsis Dalam Penentuan Pembiayaan. Jurnal Ilmiah Informatika, 4(2), 88-94.

Kusumantara, P. M., Kustyani, M., & Ayu, T. (2019). Analisis Perbandingan Metode SAW Dan WP Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Di Surabaya. Teknika: Engineering and Sains Journal, 3(1), 19-24.

Hendartie, S. (2017). Analisis Perbandingan Metode SAW dan TOPSIS dalam Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Dosen STMIK Palangkaraya. Jurnal SAINTEKOM, 7(2), 126-137.

Hamberto, A., Katili, P. B., & Ummi, N. (2013). Pemilihan Supplier Material Berdasarkan Multi Attribute Decision Making (MADM) Menggunakan Metode SAW, WP dan TOPSIS. Jurnal Teknik Industri Untirta, 1(3).

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

M. Hasan Salihamiziq, Adam Panji Maulana, Ari Irfansyah, Agus Mujianto, & Perani Rosyani. (2023). Perbandingan Metode SAW, WP Dan TOPSIS Dalam Menentukan Objek Wisata Di Bogor. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(2), 345–352. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/1536

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>