Implementasi Metode Natural Language Processing (NLP) Pada Chatbot Dalam Sebuah Aplikasi Pesan Berbasis Web Untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan (Studi Kasus: Reicomp)

Penulis

  • Muhammad Sheva Nurmansyah Universitas Pamulang
  • Hadi Zakaria Universitas Pamulang

Kata Kunci:

Pelanggan, NLP, Chatbot

Abstrak

Reicomp merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia layanan dan jasa service maintenance laptop serta komputer. Reicomp memiliki dua cabang yang terdapat di daerah Tangerang dan Jakarta. Pada masing-masing cabang memiliki enam karyawan. Perusahaan Reicomp sangat bergantung pada proses layanan service maintenance laptop serta komputer yang cepat dan bagus. Kendala yang dihadapi perusahaan adalah tidak mempunyai sistem yang bisa memberikan informasi secara online tentang kerusakan laptop yang dimiliki pelanggan sehingga pelanggan harus datang ke tempat service untuk menanyakan kerusakan laptopnya dan hal tersebut membutuhkan waktu untuk melakukan pengecekan kerusakan laptop, akibat dari hal tersebut membuat banyak waktu terbuang sehingga waktu untuk service laptop menjadi lebih lama. Untuk mengatasi masalah ini, membutuhkan suatu sistem yang dapat memberikan solusi yang tepat seperti chatbot. Pelanggan dapat menggunakan aplikasi chatbot dengan cara menyampaikan kendala yang terjadi pada laptop atau komputer, aplikasi chatbot akan merespon pesan dari pelanggan. Penulis dalam penelitian ini menggunakan metode Natural Language Processing (NLP). Implementasi chatbot dengan metode NLP memungkinkan chatbot untuk memahami bahasa manusia dalam berbagai bentuk, termasuk variasi dalam tata bahasa, kosakata, ejaan, dan struktur kalimat. Penulis merancang aplikasi berbasis website dengan bahasa pemrograman PHP dan MySql sebagai penyimpanan datanya. Pelayanan yang baik sangat dibutuhkan dalam perusahaan salah satunya bergantung pada respon chat yang efektif dan cepat dalam menjawab keluhan pelanggan. Implementasi chatbot dengan metode NLP diharapkan dapat memberikan pelayanan yang maksimal serta meningkatkan kepercayaan perusahaan, memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan secara keseluruhan.

Referensi

Afiifah, K., Azzahra, Z. F., & Anggoro, A. D. (2022). Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram dalam Perancangan Database Sebuah Literature Review. Intech, 3(2), 18–22. https://doi.org/10.54895/intech.v3i2.1682

Agustina, N., Mardaweni, R., Komara, D., Widiastuti, R. M., & Gusdevi, H. (2024). APLIKASI CHATBOT DESA WISATA CIMINDI. 06(01), 42–49.

Chandra, A. A., Nathaniel, V., Satura, F. R., & Adhinata, F. D. (2022). Pengembangan Chatbot Informasi Mahasiswa Berbasis Telegram dengan Metode Natural Language Processing. Journal ICTEE, 3(1), 20. https://doi.org/10.33365/jictee.v3i1.1886

Febriyanti, L., & Zakaria, H. (2023). Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Produktivitas Pada Tanaman Kacang Tanah Menggunakan Metode Naive Bayes (Studi Kasus : Perkebunan Kacang Tanah Di Kota Bogor). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(2), 105–118. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic

Hanifah, A., & Feizal, M. (2022). … Bangun Sistem Informasi Perkembangan Akademik Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Berbasis Web Pada Satuan Paud Sejenis (Sps) …. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer Dan …, 1(07), 997–1006. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal/article/view/291%0Ahttps://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal/articl e/download/291/357

Julia, M., & Jiddal Masyruroh, A. (2022). Literature Review Determinasi Struktur Organisasi: Teknologi, Lingkungan Dan Strategi Organisasi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 383–395. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4.895

Maitri, A. L., & Sutopo, J. (2019). Rancangan Bangun Chatbot Sebagai Pusat Informasi Lembaga Kursus Dan Pelatihan Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing. Eprints.Uty.Ac.Id, 1–9. http://eprints.uty.ac.id/

Megawaty, D. A., & Putra, M. E. (2020). Aplikasi Monitoring Aktivitas Akademik Mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Xyz Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.177

Natasya, *, Putri, A., Putri, N. A., & Sanjaya, M. (2024). Pesan Komunikasi Produksi Program Berita Di TVMu. 2(2), 69–77. https://doi.org/10.59841/saber.v2i2.973

Parina, R., Wijaya, A., & Apridiansyah, Y. (2022). Aplikasi Chatbot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif SD N 17 Kota Bengkulu Berbasis Android. Jurnal Media Infotama, 18(1), 121.

Prasetyo, V. R., Benarkah, N., & Chrisintha, V. J. (2021). Implementasi Natural Language Processing Dalam Pembuatan Chatbot Pada Program Information Technology Universitas Surabaya. Teknika, 10(2), 114–121. https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.370

Pratama, N. Y. N., & Al Irsyadi, F. Y. (2021). Perancangan Chatbot Islami untuk Aplikasi ChatAja. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 21(1), 64–71. https://doi.org/10.23917/emitor.v21i1.12123

Rifqo, M. H., & Wijaya, A. (2017). Implementasi Algoritma Naive Bayes Dalam Penentuan Pemberian Kredit. Pseudocode, 4(2), 120–128. https://doi.org/10.33369/pseudocode.4.2.120-128

Santika, A. A., Saragih, T. H., & Muliadi, M. (2023). Penerapan Skala Likert pada Klasifikasi Tingkat Kepuasan Pelanggan Agen Brilink Menggunakan Random Forest. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JustIN), 11(3), 405. https://doi.org/10.26418/justin.v11i3.62086

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Sheva Nurmansyah, M. ., & Zakaria, H. (2024). Implementasi Metode Natural Language Processing (NLP) Pada Chatbot Dalam Sebuah Aplikasi Pesan Berbasis Web Untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan (Studi Kasus: Reicomp). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(6), 1032–1042. Diambil dari https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/4933

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama