Rancang Bangun Alat Pakan Ikan Otomatis Menggunakan Mikrokontroler NodeMCU ESP8266 Berbasis Internet of Thingss (IoT) Menggunakan Aplikasi Blynk Studi Kasus : Akuarium Rumahan

Penulis

  • Jonathan Adi Prasetyo Universitas Pamulang
  • A. Nurul Anwar Universitas Pamulang

Kata Kunci:

Internet of Thingss, Pemberi Pakan Ikan Otomatis dan Terjadwal, NodeMCU ESP8266, Blynk

Abstrak

Perkembangan teknologi sat ini sudah sangat berkembang pesat, teknologi saat ini bukan lagi untuk melengkapi, namun sudah menjadi kebutuhan. Salah satunya dalam dunia pemeliharaan ikan. Tekmologi yang berkembang menawarkan berbagai macam pilihan perangkat otomatis yang sengaja diciptakan untuk kenyamanan pribadi maupun kelompok. Perangkat otomatis itu sendiri menawarkan kita untuk tidak harus melakukan aktifitas secara berulang, namun aktifitas berulang tersebut sudah dilakukan dengan perangkat otomatis tersebut. Salah satunya suatu sistem pakan ikan berbasis Internet of Thingss. Tantangan yang timbul ketika pemilik sibuk dengan aktifitasnya sedangkan mengharuskan untuk memberikan ikan agar ikan tetap tumbuh dengan semestinya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi masalah yang timbul ketika pemilik tidak dapat memberikan pakan secara langsung atau memberikan pakan dengan waktu yang tepat dikarenakan mempunyai kesibukan yang juga harus dilakukan. NodeMCU dapat digunakan sebagai alat untuk menerima masukan dan keluaran suatu sensor dan sebagai perangkat yang dapat menghubungkan ke internet karena NodeMCU sudah dilengkapi dengan chip ESP8266, dengan menambah motor servo sebagai alat bantu pakan, dan aplikasi Blynk untuk media penjadwalan, maka pemberian pakan sudah dapat dilakukan dan terjadwal dengan jarak jauh.

Referensi

Aldino Ismail, L., & Tjahjono, B. (n.d.). Pemberian Makan Hewan Berbasis Internet of Thingss. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/issue/archive

Burch dan Grudnitski dalam (Fauzi, 2017:19-21). (2019). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Heckman, J. J., Pinto, R., & Savelyev, P. A. (1967). Spesifikasi Raspberry Pi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–41.

Ii, B. A. B., & Pustaka, T. (2015). Uji Fisik dan Organoleptik..., Fatih Wulandari, FKIP UMP, 2015. 9–19.

Kurniawan, I. (2018). Sistem Pengendali Peralatan Rumah Tangga Berbasis Aplikasi Blynk dan NodeMCU ESP8266. Yogyakarta, 3–8.

N Priyono. (2017). Laporan Proyek Akhir System Peringatan Dini Banjir Berbasis Protocol MQTT Menggunakan NODEMCU ESP8266. Elektronika, 3.

Nugraha, N. W., & Rahmat, B. (2018). Sistem Pemberian Makanan Dan Minuman Kucing Menggunakan Arduino. SCAN - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 13(3). https://doi.org/10.33005/scan.v13i3.1446

Sari, M. P. (2019). Pelatihan Pembuatan Akuarium Mini Dan Teknik Pemeliharaan Ikan Hias Di Kecamatan Alang-Alang Lebar. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 94–97.

Tetap, M. K., Syukroni, M. F., Sains, J., Informasi, S., Ruang, P., Bagi, P., Virtual, P., Pada, O., Belanja, S., Untuk, O., Swalayan, P., Web, B., Stok, P. S., Sistem, P., Keputusan, P., Menggunakan, B., Weighted, M., Dan, P., Additive, S., … Jurnal, R. (2017). Rancang Bangun Knowledge Management Sistem Berbasis Web Pada Madrasah Mualimin Al-Islamiyah Uteran Geger Madiun. Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 7–35.

Diterbitkan

2024-11-24

Cara Mengutip

Adi Prasetyo, J., & Nurul Anwar, A. (2024). Rancang Bangun Alat Pakan Ikan Otomatis Menggunakan Mikrokontroler NodeMCU ESP8266 Berbasis Internet of Thingss (IoT) Menggunakan Aplikasi Blynk Studi Kasus : Akuarium Rumahan . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(6), 987–1002. Diambil dari https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/4728