Jumlah Kepala Sekolah Dan Guru Menurut Kelompok Umur Provinsi Aceh, Jawa Barat, Sulawesi Utara, Dan Kalimantan Barat Tahun 2023/2024.
Kata Kunci:
Guru, Distribusi, Pendidikan, Mutu PendidikanAbstrak
Guru adalah tenaga profesional yang berperan penting dalam mendidik, membimbing, dan mengarahkan peserta didik di berbagai jenjang pendidikan formal. Kualitas seorang guru dapat dilihat dari kinerjanya dalam menjalankan tugas serta kemampuan dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Namun, kondisi terkini di Indonesia menunjukkan adanya ketidakseimbangan dalam distribusi guru di berbagai provinsi serta kualitas pengajar yang belum merata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persebaran usia guru di empat provinsi, yaitu Aceh, Jawa Barat, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Barat, sebagai bagian dari upaya penataan dan pemerataan guru untuk mendukung efektivitas pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan data sekunder dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), yang mencakup jumlah tenaga pengajar berdasarkan kelompok usia di berbagai provinsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar tenaga pengajar di provinsi-provinsi tersebut berada pada usia yang cukup matang, mendekati masa pensiun. Kondisi ini mengindikasikan adanya kebutuhan perekrutan tenaga pengajar baru dalam beberapa tahun ke depan guna menjaga keberlanjutan tenaga pengajar.
Referensi
Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28
Dewi, C. (2018). Implementasi Kebijakan Pemerataan Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Education and Learning, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.31002/ijel.v1i2.649
Farelli, E. I., Andriansyah, I., Wratasanka, M. T., & Rosyani, P. (2024). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode SAW. LOGIC: Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(1), 275–282. https://doi.org/10.32877/bt.v7i1.1608
Febrieta Ditta, F. Y. (2023). Statistika Dasar untuk Pemula. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Husnul, N. R. I., Prasetya, E. R., Sadewa, P., Ajimat, & Purnomo, L. I. (2019). Statistik, deskriptive (L. I. Purnomo, Ed.; Issue 1, pp. 1–251). Unpam Press. https://doi.org/10.1007/978-3-662-48986-4_2900
Khoirul Bariyyah, Fitri Rahayu, & Maulana Muhammad Taufiqi. (2023). Manajemen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(1), 534–556. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i1.12104
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2191.
NurFaddillah, A., Hakim, C. A. P., Hari, M. H. I., & Rosyani, P. (2023). Perbandingan Metode Simple Additive Weight (SAW), Weighted Product (WP) dan TOPSIS Dalam Penilaian Kinerja Guru. LOGIC: Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(2), 138–144. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/1441
Prasetya, K. H., Indrawati, P., Ristivani, I., & Restiawanawati, N. M. (2022). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 225–234. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12978
Wahab, A., Syahid, A., & Junaedi, J. (2021). Penyajian Data Dalam Tabel Distribusi Frekuensi Dan Aplikasinya Pada Ilmu Pendidikan. Education and Learning Journal, 2(1), 40. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i1.91