PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERLOMBAAN ROBOTIK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING

(Studi Kasus : LKP Hypertech Robotik)

Penulis

  • Nia Lestari Universitas Pamulang

Kata Kunci:

Sistem Informasi, penilaian perlombaan, Metode Extreme Programming

Abstrak

Sistem informasi perlombaan berbasis web adalah sebuah sistem yang berkomputerisasi, terintergrasi dan terstruktur dengan baik guna mendukung kegiatan pendataan penilaian, Permasalahan yang ditemui dalam penelitian ini diantaranya, data-data yang rentan hilang. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun sistem informasi perlombaan yang diantaranya memiliki beberapa tahapan definisi ruang lingkup, analisis sistem, desain sistem, serta implementasi dengan menggunakan metode pengembangan Metode Extreme Programming (XP), yang mana didalamnya merancang desain proses tersebut dan dijabarkan melalui  use case diagram, activity diagram dan  sequence diagram dengan menggunakan tools Unified Modelling Languange (UML). Penelitian ini menghasilkan rancangan sistem informasi perlombaan dengan output berupa aplikasi Sistem Informasi Perlombaan bebasis web. Perancangan sistem ini diharapkan dapat meningkatkan responsibilitas kerja, mengurangi resiko data-data yang hilang, rusak, mengontrol kegiatan pendataan, serta menigkatkan kualitas pelayanan dalam kegiatan sistem informasi perlombaan.

Referensi

Carolina, I., & Supriyatna, A. (2019). Penerapan Metode Extreme Programming dalam Perancangan Aplikasi Perhitungan Kuota SKS Mengajar Dosen. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 3(1), 106–113.

Prihandoyo, M. T. (2019). Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), 126–129.

Ricoida, D. I., Denny, D., & Santoso, S. (2019). Sistem Informasi Penilaian Kinerja Dosen Dengan Metode Extreme Programming (Studi Kasus: STMIK MDP). JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 5(2), 216–225. https://doi.org/10.35957/jatisi.v5i2.147

Romney, S. (2020). Penerapan Metode Extreme Programming Dalam Perancangan Aplikasi Perhitungan Kuota Sks Mengajar Dosen. IKRA-ITH Informatika, 3(1), 106–113.

Supriyatna, A. (2019). Metode Extreme Programming Pada Pembangunan Web Aplikasi Seleksi Peserta Pelatihan Kerja. Jurnal Teknik Informatika, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.15408/jti.v11i1.6628

Diterbitkan

2023-08-12

Cara Mengutip

Nia Lestari. (2023). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERLOMBAAN ROBOTIK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING : (Studi Kasus : LKP Hypertech Robotik). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(5), 1265–1273. Diambil dari https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2659