Rancangan Bangun Aplikasi Pengelolaan Pasien Berbasis Web Dengan Metode Scrum

(Studi Kasus : Puskesmas Setu)

Penulis

  • Muhamad Hadi Yusuf Universitas Pamulang
  • Atang Susila Universitas Pamulang

Kata Kunci:

Pengelolaan Pasien, Puskesmas, Codeigniter, PHP

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat dan terbukti berperan dalam berbagai kegiatan, sehingga mendukung kinerja peningkatan efisiensi, efektivitas dan produktivitas bagi berbagai instansi, baik instansi pemerintahan negeri, swasta maupun perorangan atau individual, serta mendorong pewujudan masyarakat yang maju dan sejahtera. Sektor kesehatan yang merupakan salah satu sektor penting dari pemerintah merupakan salah satu sektor pembangunan yang sangat potensial untuk dapat di integrasikan dengan kehadiran teknologi informasi. Puskesmas Setu yang menjadi salah satu pusat pelayanan kesehatan di Kota Tangerang Selatan merupakan salah satu instansi kesehatan yang sedang dikembangkan. Dengan jumlah pasien yang cukup banyak, menyebabkan masalah dalam mendapatkan informasi tentang pasiennya, jumlah pasien, jumlah kunjungan, total pendapatan, data persediaan obat dan data obat yang sudah digunakan oleh puskesmas tersebut. Selain masalah pendataan pasien dan pengarsipan catatan medis merupakan suatu hal penting yang perlu diperhatikan. Dengan melihat permasalahan yang ada, maka puskesmas setu, dengan berkembangnya teknologi informasi dan dengan memanfaatkan teknologi informasi, dirasa perlu untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat mengatasi masalah- masalah yang dihadapi sehingga bisa meningkatkan pelayan kesehatan kemasyarakat demi terwujudnya visi dan misi puskesmas setu. Aplikasi yang dibuat adalah aplikasi berbasis web. Aplikasi ini akan penulis buat dengan menggunakan Apache sebagai web server, PHP sebagai bahasa pemrogramannya dan MySQL sebagai database.

Referensi

Muthia., Djuniadi., Sudana, I Made. 2017. Pengembangan Media Informasi Pravokasional SMK bagi Siswa SMP di Kota Gorontalo. Journal of Vocational and Career Education Unnes 2(1): 64-69.

Laeliyah N, Subekti H. Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan Vokasional. 2017;1(2):102-12

Saputra, M. G., & Yuniar, I. (2020). PENGARUH PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH LAMONGAN. Journal Of Health Care, 1(1).

Sagita, R. A., & Sugiarto, H. (2018). Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web. On Networking and Security, 5(4), 49–55.

Suyanto,Asep Herman.(2017).WEB DESIGN theory and practices.Yogyakarta : Andi.

Syahriani. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Web pada Puskesmas Pluit Jakarta. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer STMIK Nusa Mandiri, IV(2), 105–111. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2.3457

Whitten,Jeffery L., Bentley,Lonnie D., and Kevin C. Dittman.(2018).Metode Desain & Analisis Edisi 6.Yogyakarta : Andi

Diterbitkan

2023-08-01

Cara Mengutip

Muhamad Hadi Yusuf, & Atang Susila. (2023). Rancangan Bangun Aplikasi Pengelolaan Pasien Berbasis Web Dengan Metode Scrum : (Studi Kasus : Puskesmas Setu). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(5), 1051–1062. Diambil dari https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2480