Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Make a Match Pada Materi Menjaga Kesehatan

Authors

  • Hazimatul Izzati Amalina Universitas Terbuka
  • Made Ayu Dwi Octavanny Universitas Udayana

Keywords:

Hasil Belajar, Kesehatan, Make-a-match

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa SDN Sokogunung II Kec. Kenduruan Kab. Tuban yang ditemukan lebih dari 70% dari jumlah siswa kelas II mengalami kesulitan dalam memahami materi pokok menjaga kesehatan. Untuk itu peneliti menganggap perlu mengadakan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan menggunakan model make a match pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, agar terjadi proses pembelajaran yang interaktif, inovatif dan menyenangkan untuk meningkatkan tercapainya prestasi belajar siswa kelas II SDN Sokogunung II. Adapun jumlah dari siswa yang menjadi subjek penelitian berjumlah 6 siswa, di antaranya 2 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa penggunaan model make a match sangat efektif guna meningkatkan pemahaman siswa pada materi pokok menjaga kesehatan. Siswa kelas II mengalami perubahan pada minat belajar di mana siswa lebih fokus dan antusias mengikuti pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan ketertarikan siswa dalam materi pelajaran. Selain itu, para pendidik disarankan agar dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat menggunakan model atau metode yang inovatif dan interaktif. Sehingga dapat dihasilkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Administrasi Perkantoran, 9(2), 321–334.

Hartiningtyas, W., & Priyanti, E. (2021). Bahasa Indonesia: Keluargaku unik untuk SD kelas II. PPBSKAP.

Kaharudin, A., & Hajeniati, N. (2020). Pembelajaran inovatif dan variatif. CV. Berkah Utami.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–27.

Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2021). Analisis peran media video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPA SMP. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1), 7–12.

Pertiwi, A. C. (2020). Penggunaan tipe make a match untuk meningkatkan aktiviatas dan hasil belajar kelas IV SDN 6 Metro Barat. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia ditinjau dari perspektif teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(4), 464–472.

Suardi, M. (2018). Belajar dan pembelajaran. CV. Budi Utama.

Suhendra, A. (2019). Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI. Kencana.

Utami, N. P. M. A., Ganing, N., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Model Make a Match berbantuan media puzzle suku kata berpengaruh terhadap keterampilan menulis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 48–60.

Downloads

Published

2024-02-13

How to Cite

Izzati Amalina, H. ., & Ayu Dwi Octavanny, M. . (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Make a Match Pada Materi Menjaga Kesehatan . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(2), 455–461. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/4017