POTENSI VIRTUAL CLASSROOM GATHER.TOWN UNTUK PENGEMBAGAN DISCOVERY LEARNING PADA PENDIDIKAN DI MADRASAH
Keywords:
Virtual Classroom Gather.town, Discovery Learning, Pendidikan di MadrasahAbstract
Dalam era teknologi informasi saat ini, dunia digital telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Pendidikan adalah salah satu bidang yang banyak terdampak. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, pembelajaran di sekolah mengalami banyak perubahan. Kelas yang dulu hanya terbatas ruang dan waktu, namun saat ini muncul beragam jenis kelas secara virtual atau online.Para pendidik dan siswa menghadapi tantangan baru dalam mengadaptasi metode pembelajaran. Sebelumnya bertatap muka secara langsung antara guru dan siswa, namun saat ini semakin maraknya penggunaan lingkungan virtual. Konsep pembelajaran juga mengalami perubahan dengan beralihnya paradigma pembelajaran dari metode tradisional yang lebih terpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Gather.town adalah salah satu contoh situs yang menyajikan alternatif kelas virtual. Situs Gather.town bisa digunakan dengan lebih interaktif. Penggunaan situs ini juga bisa dimodifikasi oleh para pendidik untuk menerapkan pembelajaran student centered. Dalam penelitian ini, pembahasan difokuskan pada pengembangan virtual classroom Gather.town untuk pengembangan model discovery learning pada Pendidikan di Madrasah. Model Pembelajaran Discovery Learning yang diterapkan melalui Gather.town termasuk dalam hal yang baru dalam pembelajaran di madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi literatur (dokumen) atas hasil penelitian sebelumnya. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menelusuri buku-buku dan jurnal-jurnal pada beberapa media cetak maupun elektronik. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi model pembelajaran discovery learning menggunakan Gather.town dapat dilakukan dalam pembelajaran di madrasah sebagai penunjang untuk meningkatkan motivasi siswa dan mempermudah guru dalam mengkoordinasikan pembelajaran.
References
Fitria, T. N. (2021). Creating Sensation Of Learning In Classroom: Using'gather Town'platform Video Game-Style For Virtual Classroom. Education and Human Development Journal, 6(2),
Https://Journal2.Unusa.Ac.Id/Index.Php/Ehdj/Index Doi : 10.33086/Ehdj.V6i2
Alawiyah, Faridah. 2014. Pendidikan Madrasah di Indonesia. Jurnal Aspirasi Vol 5 No.1. P3DI Sekjen DPR RI
Peppy Putri Fatia. 2022. Penggunaan Media Gather Town Dalam Proses Pembelajaran Daring Di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
Wida Haliza. Penggunaan Virtual Classroom Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Di Kelas X Mipa I Sman 6 Banjarmasin. Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin 2021
Muhammad Fauzan. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Gather Town Dalam Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas Vii Smp Negeri 3 Banjarmasin Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin 2023 M/ 1444 H
Mayang Wilandy. Analisis Komparasi Penggunaan Media Google Meeet Dan Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan 2021
Firda Amalia. Efl Online Classroom Management In Covid-19 Pandemic (A Descriptive Case Study At Sma Islam Dian Didaktika). Graduate Program Of English Education Faculty Of Educational Sciences Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta 2022
Ansor Walidih : Implementation Of Synchronous For Academic Achievement Of Masters Students In Arabic Language Education Program During The Covid-19 Pandemic. Magister Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Keguruan. Uin Syarif Hidayatulah Jakarta. 2022
Naily Zahrotun Arifah1*, Arif Widiyatmoko1 , Stephani Diah Pamelasari1. “Prinsip Pembelajaran Dengan Platform Gather Town Sebagai Langkah Recovery Pendidikan Di Era Vuca. Proceding Seminar Nasional Ipa Xii Tahun 2022
Slvi Pusparini. 2021. Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Segi Keamanan. Universitas Bhayangkara.
Maliki Amri, Punaji Setyosari, Saida Ulfa. Jktp: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Vol. 5, No. 2, Mei 2022: 111-222 E-Issn: 2615-8787 Doi: 10.17977/Um038v5i22022p142 Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jktp/Index
Siti Khasinah. Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan Dan Kelemahan. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam Vol. 11 No. 3 Juli-Setember 2021. Issn 2089-5127 (Print) | Issn 2460-0733 (Online) Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.22373/Jm.V11i3.5821
Panji Novantara, M.T 1) , Alman Muhammad, A.Md 2). Implementasi E-Learning Berbasis Virtual Class Dengan Menggunakan Metode Synchronous Learning Pada Pembelajaran Di Universitas Kuningan. Manajemen Informatika Universitas Kuningan
Yanaidul Lita Saputra1 , Anton Siswo Raharjo Ansori2 , Ashri Dinimaharawati3. The Implementation Of Virtual Classroom Into Virtual World With Client-Server Network. E-Proceeding Of Engineering : Vol.8, No.5 Oktober 2021 | Page 6285
Linawati, Mustaji, Waspodo Subroto. Efektivitas Kelas Virtual Pada Siswa Sekolah Dasar: Literature Review. Pionir: Jurnal Pendidikan Volume 10 No 2 2021
Erfin Nurfalah. Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal Vol. 1 No. 1 (2019), 46-55
Mardince Sasingan1* , Alice Yeni Verawati Wote2. Penggunaan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal For Lesson And Learning Studies Volume 5, Number 1, 2022 Pp. 42-47. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jlls/Index
Moh. Zainul Muttaqin. Penerapan Discovery Learning Dengan Media Kartu Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (Ftik) Iain Palangka Raya. Vol. 2 No.2 Oktober 2022| Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam
Tanfiziyah, Rifda & Khasanah, Minnathul & Riandi, Riandi & Supriatno, Bambang. (2021). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi: Model Learning Cycle 5e Menggunakan Gather Town Pada Materi Protista. Biodik. 7. 1-10. 10.22437/Bio.V7i3.13096.