Perancangan Game Edukasi Belajar Ilmu Tajwid Berbasis Android Untuk Membaca Al-Qur’an Bagi Anak-Anak
Keywords:
Game Edukasi, Android, Ilmu TajwidAbstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa perubahan signifikan di dunia pendidikan untuk memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Teknologi sebagai media pembelajaran dapat dikemas dalam berbagai konsep. Beberapa diantaranya yaitu berupa game edukasi, latihan soal, penjabaran materi pembelajaran yang dapat diakses melalui berbagai media teknologi berbasis smartphone. Proses belajar mengajar dikelas masih menggunaan media pembelajaran menggunakan buku pedoman, menjelaskan materi, memberi contoh sehingga dirasa kurang menarik dan membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang lebih modern, efektif, inovatif, dan efisien guna meningatkan minat belajar anak dan pemahaman anak dalam proses belajar terutama pada materi Ilmu Tajwid. Perancangan Game edukasi berbasis Android menggunakan apikasi game engine construct 2, sebagai proses pembantu perancangannya menggunakan aplikasi start UML dan menggunakan metode perancangan waterfall untuk alur dalam penyelesainya. Subjek penelitian ini adalah anak-anak yang berusia 9-12 tahun. Hasil penelitian ini yaitu, game edukasi Ilmu Tajwid yang berbasis android sehingga dapat diakses dengan mudah. Dengan adanya aplikasi game edukasi tajwid ini anak-anak dapat bermain sekaligus belajar hukum Ilmu Tajwid dan bacaan lafaz Al- Qur’an dengan benar. Serta dapat memberikan banyak manfaat kepada anak-anak dan orang tua, seperti bertambahnya minat belajar.
References
Abadi, R., Sains, F., Teknologi, D. A. N., & Makassar, U. I. N. A. (2016). Rancang bangun aplikasi game fun with physic berbasis android.
Abd.Basiith, M. (2022, Januari). Jurnal SIMTIKA. APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DASAR DAN HURUF HIJAYAH UNTUK ANAK SD BERBASIS ANDROID, 5, 1-5.
Afriyansyah, Dedi. 2015. “Aplikasi Mobile Pembelajaran Hijaiyah Dan Iqra Sebagai Sarana Membaca Al- Qur’an Berbasis Android Pada Madrasah Ib,tidaiyah Negeri Sungailiat.”
Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Darmayanti, T. D., Winarti, & Rahmawati, L. (2021). NiCMa National Conference Multidiscipinary. PENGEMBANGAN MADIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN TAJWID UNTUK SISWA KELAS III & IV MI SABILILAH NGANJUK, VOL. 1 NO.1.
Diar Fatkhu Nurkholis,Skripsi: Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dalam Bahasa Inggris untuk Anak SD Berbasis Adobe Flash CS6 (Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2015),hlm.9.
Doko, T. M. (2017). Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang.
Febrianto, W., & Yenni, Y. (2020, JULI). INFORMATION SYSTEM DEVELOPMENT (ISD). Aplikasi Game
Edukasi Pembelajaran Hukum Tajwid Pada Anak Usia Dini Berbasis Android., 5 No.2, 42-46.
Gunawan, Wawan. 2019. “Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah.” Jurnal Informatika 6 (1): 69– 76.
Hadi Mulia (2017). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam mengucapkan makharijul hurufnya, aplikasi ini dibuat untuk mempermudah siswa mempelajari Ilmu Tajwid dalam mengucapkan makharijul huruf.
Hutabri,E, Dasa Putri,A, Informatika, J.T. Teknik, F, Komputer, D, Puttera Batam, U, & Sueprepto. (2019).
Jurnal Sustainable. Jurnal hasil penelitian dan industri terapan, 8(2), 57-64.
Ihsana, 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kompri. 2017. “Belajar; Faktor-faktor yang mempengaruhi. Yogyakarta (Media Akademi). Maskun, Valensy Rachmedita. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2018.
Mubarokah, A. (2020). Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. implementasi Pembelajaran Tajwid dan Sholat Dengan Game Android Di Sekolah Dasar Mursyidah Surabaya, 10(01).
Nafisah, S. (2012). Grafika Komputer. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Novitasari, Chandra. 2018a. “Pengertian Activity Diagram Dan Simbol-Simbolnya.” 28 September. https://pelajarindo.com/pengertianactivity-diagram-simbol/ (November 4, 2019).
Novitasari, Chandra. 2018b. “Pengertian Metode Waterfall.” 17 Agustus. https://pelajarindo.com/pengertianmetode-waterfall/ (October 4, 2019).
Nuqisari, R., dan Endah S. (2019). Pembuatan Game Edukasi Tata Surya dengan Construct 2 Berbasis Android.
Jurnal Teknik Elektro Vol.19 No. 02 September 2019, 86-92.
Paramitha Siti and Retno Wardhani, Step By Step Sukses Membaca AlQur’an Dengan Tartil (Jakarta: Diandra Kreatif, 2