Pengembangan Video Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Materi Sumber Energi Kelas IV MI Tanwirul Islam 02

Authors

  • Asep Saefurrohman Universitas Islam Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Oman Farhurohman Universitas Islam Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Siti Khoirul Jannah Universitas Islam Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Keywords:

Hasil Belajar, Video Mind mapping, Materi IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media video mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi sumber energi. Hasil belajar merupakan realisasi potensial atau kapasitas yang dimiliki seseorang. Penguasaan hasil belajar seseorang dapat dilihat dari prilakunya, baik prilaku dalam bentuk penguasaan pengetahuan, keterampilan berfikir maupun keterampilan motorik. Video Mind mapping merupakan suatu teknik mencatat yang menggunakan kata-kata, warna, garis, simbol serta gambar dengan memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak yang memudahkan seseorang untuk mengatur dan mengingat segala bentuk informasi. IPA adalah pengetahuan yang mempelajari, menjelaskan, serta menginvestigasi fenomena alam dengan segala aspeknya yang bersifat empiris. Model pengembangan ADDIE ini memiliki 5 tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implantation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Penelitian menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk ke dalam kriteria “sangat layak” dengan memperoleh skor sebesar 97% dari ahli materi, 87% dari ahli media. Adapun sebelum penerapan media video mind mapping hasil belajar peserta didik memperoleh rata-rata 71.11 sedangkan setelah penerapan media video mind mapping memperoleh rata-rata 88.75. Berdasarkan hasil tersebut peserta didik mengalami peningkatan dangan rata-rata 17.64 pada pembelajaran IPA materi sumber energi di kelas IV

References

Andika Maili. (2021). Punggunaan media pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada mata pelajaran Listrik dan Elektronik Di Kelas X. p 1.

Desstya. (2015). penguatan karakter peserta didik sekolah dasar melalui pembelajaran IPA. 2018, p 70. doi:https://doi.org/10.1155/2018/1407817

Jasin. (2010). ilmu alamiah dasar. Jakarta; rajagrafindo persada.

Made alit mariana. (2009). hakikat IPA dan pendidikan IPA. Bandung, p 29.

Nurrita. (2018). pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jakarta : Media neliti, p 178.

Rizki Alamsyah. (2018). Pengembangan video pembelajaran kepenyimpanan materi produksi program televisi untuk peserta didik . (D. Hardjono, Penyunt.) malang, 1.

Wonorahardjo. (2010). dasar-dasar sains, menciptakan masyarakat sadar sains. Jakarta; indeks.

Cobena, Desy Yanty, Dwi Maryono, and Basori Basori. (2019) "Pengembangan Media Berbasis Mind map untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pelajaran Teknik Pengolahan Video." Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 4.2: 97-105.

Halimah, Widya, Maria Dewati, and Irnin Agustina Dwi Astuti. (2022). "Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa." SINASIS (Seminar Nasional Sains). Vol. 3. No. 1.

Mahadhir, M. (2022). "PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MIND MAP MATERI BANGUN RUANG (KUBUS DAN BALOK) KELAS VIII SMPN 13 PEKALONGAN." ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan). Vol. 3. No. 1.

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, Vol. 8, No. 2, p 80-95.

Andrika Maili, h. k. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada MataPelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Simpang Ulim. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, p 1-10.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Asep Saefurrohman, Oman Farhurohman, & Siti Khoirul Jannah. (2023). Pengembangan Video Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Materi Sumber Energi Kelas IV MI Tanwirul Islam 02. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(4), 776–789. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2182