Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kebocoran Tabung Gas Dengan Menggunakan Sensor Mq-2 Dan Flame Detector

Authors

  • Muhammad Zuhron Wahid Universitas Pamulang
  • Alvino Octaviano Universitas Pamulang

Keywords:

LPG, Nodemcu, Sensor MQ2, Flame Detector, Telegram

Abstract

Penggunaan tabung gas dari Liquefied Petroleum Gas (LPG) sangat bermanfaat bagi masyarakat dengan berbagai macam keperluan dalam kegiatan sehari-hari. Namun, terdapat beberapa permasalahan akibat kelalaian manusia dalam penggunaan tabung gas tersebut, salah satunya adalah terjadi kebocoran tabung gas. Jika tabung gas tidak digunakan secara hati-hati, maka kemungkinan akan membahayakan terhadap kesehatan manusia dan menimbulkan kerugian yang sangat besar. Tujuan penelitian yang diajukan penulis adalah membuat rancangan alat deteksi kebocoran tabung gas dengan menggunakan sensor gas dan api yang dapat membantu pengguna dan teknisi gas dalam tindakan penanggulangi bencana kebakaran akibat kebocoran tabung gas dengan menggunakan aplikasi yang terhubung oleh jaringan Internet. Metodologi penelitian yang akan digunakan untuk mempelajari analisis dalam permasalahan tersebut, yaitu studi pustaka; pengamatan; dan metode waterfall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mampu menjalankan fungsinya sesuai dengan cara kerja dari hasil perancangan sistem. Adapun aplikasi Telegram dapat disampaikan pesan pemberitahuan melalui mikorokontroler yang tersambung dengan jaringan Internet, sehingga sistem tersebut dapat memberikan kemudahan dalam mengawasi kondisi tabung gas bagi pengguna dan teknisi gas.

References

Daru, A. F., Adhiwibowo, W., & Prawoto, A. (2021). Penerapan Sensor MQ2 Untuk Deteksi Kebocoran Gas Dan Sensor BB02 Untuk Deteksi Api Dengan Pengendali Aplikasi Blynk. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 12(1), 37–43.

Hakim, L., & Yonatan, V. (2017). Deteksi Kebocoran Gas LPG menggunakan Detektor Arduino dengan Algoritma Fuzzy Logic Mamdani. Jurnal RESTI, 1(2), 114–121.

Hidayat, N., Hidayat, S., Pramono, N. A., & Nadirah, U. (2020). Sistem Deteksi Kebocoran Gas Sederhana Berbasis Arduino Uno. Rekayasa: Journal of Science and Technology, 13(2), 181–186.

Kusumadewi, R. T., Kurniadi, R., & Oktiawati, U. Y. (2022). Purwarupa Pendeteksi Liquified Petroleum Gas (LPG) Menggunakan Sensor MQ-2 dengan Blynk. Jurnal Listrik Instrumentasi dan Elektronika Terapan (JuLIET), 3(1), 13–19.

Puspaningrum, A. S., Firdaus, F., Ahmad, I., & Anggono, H. (2020). Perancangan Alat Deteksi Kebocoran Gas Pada Perangkat Mobile Android Dengan Sensor MQ-2. Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam, 1(1), 1–10.

Putra, I. W. P. A., Piarsa, I. N., & Wibawa, K. S. (2018). Sistem Pendeteksi Kebakaran Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 6(3), 167–173.

Rimbawati, Setiadi, H., Ananda, R., & Ardiansyah, M. (2019). Perancangan Alat Pendeteksi Kebocoran Tabung Gas LPG Dengan Menggunakan Sensor MQ-6 Untuk Mengatasi Bahaya Kebakaran. Journal of Electrical Technology, 4(2), 53–58.

Ristanti, N. L. P. T., & Pradana, R. (2022). Penggunaan Metode Threshold Dalam Pembuatan Sistem Pendeteksi Asap Dan Api Dengan Berbasis Firebase Dan Android Menggunakan Nodemcu Pada BJ House 77. Jurnal TICOM: Technology of Information and Communication, 11(1), 44–49.

Rizki, R. S., Sara, I. D., & Gapy, M. (2017). Sistem Deteksi Kebakaran Pada Gedung Berbasis Programmable Logic Controller (PLC). KITEKTRO: Jurnal Online Teknik Elektro, 2(3), 99–104.

Sasmoko, D., & Mahendra, A. (2017). Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Kebakaran Berbasis IoT dan SMS Gateway Menggunakan Arduino. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(2), 469–476.

Downloads

Published

2023-08-12

How to Cite

Muhammad Zuhron Wahid, & Alvino Octaviano. (2023). Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kebocoran Tabung Gas Dengan Menggunakan Sensor Mq-2 Dan Flame Detector. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(5), 1240–1249. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2631