Penerapan Metode Fuzzy Inference System untuk Memprediksi Jumlah Pembelian Stok Barang

Studi Kasus : Toko Yanto Grosir

Authors

  • Aenun Nisa Universitas Pamulang
  • Kecitaan Harefa Universitas Pamulang

Keywords:

Logika Fuzzy, Toko Grosir, Stok Barang, Tsukamoto

Abstract

Logika fuzzy digunakan dalam berbagai aplikasi pemrosesan data yang tidak dapat direpresentasikan dalam bentuk biner. Logika fuzzy mengiterprestasikan statemen yang samar menjadi sebuah pengertian yang logis. Toko Yanto Grosir merupakan toko yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari, toko ini sebagai salah satu agen yang berada di daerah Gunung Sindur yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari baik eceran ataupun reseller. Masalah yang terjadi dalam proses persediaan stok barang di toko yanto grosir adalah kesulitan dalam memperkirakan jumlah stok barang yang optimal sesuai dengan kapasitas penyimpanan. Selain itu terdapat beberapa masalah dengan persediaan barang yang sering terjadi yaitu jika jumlah barang yang tersedia lebih sedikit dari pada jumlah barang yang terjual yang menyebabkan hilangnya kepercayaan para reseller terhadap toko yang menyebabkan kerugian bagi toko. Sebaliknya, jika jumlah barang yang tersedia lebih banyak dibandingkan jumlah barang yang terjual maka akan menyebabkan kerusakan pada barang yang diakibatkan barang yang terlalu lama berada ditempat penyimpanan serta mengakibatkan penuhnya tempat penyimpanan atau gudang. Dengan adanya suatu teknik yang mampu menentukan jumlah persediaan stok barang, ini akan menunjang toko yanto grosir dalam menentukan jumlah persediaan yang harus tersedia. Hal ini diperlukan untuk menjamin tersedianya persediaan yang tepat dalam kuantitas yang tepat juga mengoptimasi jumlah stok yang sesuai kapasitas tempat penyimpanan sehingga terhindar dari kerugian dan kehilangan peluang akibat penumpukan jumlah stok barang maupun kekurangan jumlah stok barang. Dalam masalah ini, logika fuzzy merupakan salah satu cara untuk penyelesaiannya karena dapat digunakan untuk menentukan jumlah persediaan stok barang. Logika fuzzy dianggap mampu untuk memetakan suatu input kedalam suatu output tanpa mengabaikan faktor-faktor yang ada. Pada penelitian ini penulis akan menggunakan metode Tsukamoto untuk menyelesaikan permasalahan prediksi jumlah pembelian stok barang berdasarkan persediaan dan penjualan.

References

Lestari, S., & Nurdiansah, D. D. (2018). Analisa Perencanaan Kebutuhan Material Pada Perusahaan Manufaktur Kertas Dengan Metode Material Requirement Planning(Mrp). Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang, 59-64.

Nasution, V. M., & Prakarsa, G. (2020). Optimasi Produksi Barang Menggunakan Logika Fuzzy Metode. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 129-135.

Novianti, A. G., Irjii Matdoan, M. R., & Nur Allam, M. Z. (2018). Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Prediksi Pemesanan Bahan Baku Produksi Air Minum Kemasan Akuapura. SEMNASTIK, 611-618.

Raharjo, J. S. (2013). Model Artificial Neural Network berbasis Particle Swarm Optimization untuk Prediksi Laju Inflasi. Sistem Komputer.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Aenun Nisa, & Kecitaan Harefa. (2023). Penerapan Metode Fuzzy Inference System untuk Memprediksi Jumlah Pembelian Stok Barang : Studi Kasus : Toko Yanto Grosir. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(4), 939–953. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/1963