ANALISIS BULLWHIP EFFECT DAN USULAN PERBAIKAN DENGAN INFORMATION SHARING SYSTEM DI PT. FATAHILLAH ANUGERAH NIBRAS

Authors

  • Dandi Ramdani Universitas Pamulang
  • Kecitaan Harefa Universitas Pamulang

Keywords:

Supply Chain Management, Bullwhip Effect, Peramalan Exponential Smoothing, Information Sharing System

Abstract

Fenomena bullwhip effect terjadi karena adanya perbedaan pola permintaan antara distributor dan retailer sehingga menyebabkan overstock. Hal tersebut terjadi pada PT. Fatahillah Anugerah Nibras dimana perusahaan mengalami overstock akibat distorsi informasi antara perusahaan, distributor, dan retail akibat melakukan prediksi permintaan yang berbeda-beda. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian untuk meminimalisasi fenomena bullwhip effect dengan information sharing system. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data permintaan dan penjualan pada tahun 2022 pada produk gamis, kemeja koko dan kerudung. Pengolahan data yang dilakukan dengan melakukan perhitungan nilai bullwhip effect untuk setiap produk. Selanjutnya melakukan peramalan dengan metode Exponential smoothing. Kemudian dilakukan perbandingan nilai bullwhip effect sebagai perbaikan dengan metode peramalan tersebut. Selanjutnya, memberikan rancangan sistem informasi berbasis web pada distributor sebagai solusi agar dapat mengurangi distorsi informasi dimana sistem tersebut dapat digunakan oleh distributor dan retailer dan sistem ini dapat memberikan informasi yang cepat dan tepat serta menampilkan nilai bullwhip effect sehingga dapat mengurangi fenomena bullwhip effect.

References

Abdullah, R. (4015). Web Programing is Easy. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Agustiani, & Kurniawan, W. (4019). Sistem E-Learning Do’a dan Iqro’ dalam Peningkatan Proses Pembelajaran pada TK Amal Ikhlas. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi, 154-159.

Alamsyah, D., Damuri, A., Nuraini, R., Septarini, R. S., & Yudaningsih5, N. (4044). Sistem Pengendalian Persediaan Menggunakan Metode Moving Average dan Pengembangan Sistem Extreme Programming Inventory Control System Using Moving Average Method. 08-14.

Andi. (4014). Mobile Web Development with Adobe Dreamweaver CS6. Yogyakarta: Wahana Komputer.

Anhar. (4010). PHP & MySql Secara Otodidak. Jakarta: MediaKita.

Dewi Rosa, I., & Evi Rahmadani. (4018). Sistem Forecasting Perencanaan Produksi dengan Metode Single Exponensial Smoothing pada Keripik Singkong Srikandi di Kota Langsa. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 10-18.

Dzulhaq, M., Tullah, R., & Nugraha, P. (4014). Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Kurikulum 4014. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, 1-5.

Fatkhiyah, E., & Parwati, C. I. (4018). Information Sharing System Untuk Meminimalisasi Resiko Bullwhip. 47-44.

Hamidah, W. N., & Suhendri. (4041). Rancang Bangun Aplikasi Inventory Warehouse Berbasis Web (Studi Kasus: TB. Mahkota Bangunan Desa Gandasari). 91-96.

Hasanuddin, A., Said, M., & Ruslan, M. (4040). Pengaruh Saluran Distribusi, Biaya Pemasaran Dan Volume Penjualan Terhadap Pendapatan Petani Kentang Di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. 01-10.

Hendini, A. (4016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, 107-116.

Hidayat, M., & Wahab, A. (4019). Aplikasi Sales Busa Clean Laundry Management Berbasis Website Pada Bisnis Usaha Jasa Laundry Dengan Metode Extreme Programming. JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika), II(1), 76-84.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Dandi Ramdani, & Kecitaan Harefa. (2023). ANALISIS BULLWHIP EFFECT DAN USULAN PERBAIKAN DENGAN INFORMATION SHARING SYSTEM DI PT. FATAHILLAH ANUGERAH NIBRAS. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(4), 881–890. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2241