Analisa Implementasi Metode Fuzzy Logic Dalam Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru

Analisa Implementasi Metode Fuzzy Logic Dalam Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru

Authors

  • Alfi Maulana Universitas Pamulang
  • Angga Sanjaya Syahputra Universitas Pamulang
  • Shendy Nurhidayat Universitas Pamulang
  • Wisnu Gama Kusuma Universitas Pamulang
  • Saprudin Universitas Pamulang

Keywords:

Fuzzy logic, Mahasiswa

Abstract

Pada saat ini Pendidikan menjadi suatu hal yang sangat penting salah satunya perguruan tinggi. Untuk bisa masuk dalam perguruan tinggi terdapat suatu proses didalam nya yang berisi serangkaian kegiatan seperti pendaftaran, dan seleksi berdasarkan standar yang dibuat. Pada proses pengambilan keputusan dalam menentukan penerimaan mahasiswa baru yang sering terjadi masalah terletak pada subyektivitas, dimana calon mahasiswa yang memiliki kemampuan atau nilai yang tidak jauh berbeda. Dengan demikian kita perlu membangun sistem penerimaan mahasiswa baru.Sistem ini di dukung dengan metode Fuzzy Logic/ logika fuzzy. Metode ini digunakan sebagai sebuah sistem untk menyelesaikan atau menyederhanakan suatu masalah. Hasil dari proses ini dapat disimpulkan bahwa dengan pemodelan ini dapat mempermudah dan mempersingkat proses penyeleksian calon mahasiswa baru hanya dengan berupa bobot penilaian calon mahasiswa baru yang merupakan dasar rekomendasi dari pengambilan keputusan penerimaan mahasiswa.

References

AISYAH AYU WULANDARI, M. Y. (2020). SISTEM PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI LOGIKA FUZZY PADA MATLAB TOOLBOX, 6.

Arman, D. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Fuzzy Logic, 8.

Asriyanik, K. T. (2020). METODE FUZZYLOGICUNTUKPENENTUAN KELAYAKAN PENERIMABEASISWA MAHASISWADI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI, 12.

M Habibur Rohman, R. Y. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Logika Fuzzy Model Sugeno, 13.

Maryaningsih, S. M. (2013). METODE LOGIKA FUZZY TSUKAMOTO DALAM SISTEM PENGAMBILAN, 26.

Anggreani, H., & Rosyani, P. (2021). Perancangan Aplikasi Pengenalan Jenis-Jenis Dinosaurus Pada Anak-Anak Usia Dini Berbasis Flash. KERNEL: Jurnal Riset Inovasi Bidang Informatika dan Pendidikan Informatika, 2(2), 77-81.

Ardiansyah, F., & Rosyani, P. (2021). Sistem Informasi Pendataan Masyarakat Kurang Mampu Berbasis Web di Kelurahan Cisalak. Journal of Information System Research (JOSH), 3(1), 24-32.

Bayasef, F. A. S., Biqa, K. K., Hidayat, A., & Rosyani, P. (2022). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN “BONITA ART & DESAIN INTERIOR”. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains, 1(07), 935-944.

Fansyuri, J., Febriatala, Y., Hapipah, R., & Rosyani, P. (2022). APLIKASI LAYANAN JUAL BELI DAN JASA SERVICE KOMPUTER BERBASIS WEBSITE PADA CV YAKUSA COMP: PERANCANGAN APLIKASI WEBSITE MARKETPLACE. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains, 1(07), 886-897.

Fajar, F. R., Utami, M., Nurjanah, S., Restiani, A., Sari, Y. P., & Rosyani, P. (2022). Analisis Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT Menggunakan Metode Certainty Factor. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains, 1(06), 652-657.

Ghina, F., Anugrah, R. A., Febrianto, D. N., Munandar, M., & Rosyani, P. (2022). Sistem. Pendukung. Keputusan. Pemilihan. Unit Kendaraan Bermotor Dengan Metode Simple. Additve. Weighting (SAW). OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains, 1(12), 2333-2345.

Published

2022-08-30

How to Cite

Alfi Maulana, Angga Sanjaya Syahputra, Shendy Nurhidayat, Wisnu Gama Kusuma, & Saprudin. (2022). Analisa Implementasi Metode Fuzzy Logic Dalam Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru: Analisa Implementasi Metode Fuzzy Logic Dalam Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru. BISIK : Jurnal Ilmu Komputer, Hukum, Kesehatan Dan Sosial Humaniora, 1(2), 190–195. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bisik/article/view/407