Metode Fuzzy Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Menentukan Calon Mahasiswa Baru Terbaik

Authors

  • Muhammad Gibran Soputra Universitas Pamulang
  • Yoga Putra Pratama Universitas Pamulang
  • Lisma Amsi Universitas Pamulang
  • Robinson Tupu Universitas Pamulang
  • Saprudin Universitas Pamulang

Keywords:

Simple Additive Weighting, Fuzzy Multiple Attribute Decision Making, Mahasiswa Baru.

Abstract

Pada penerimaan calon mahasiswa baru masih terdapat kekurangan yang tidak efektif karena proses penerimaan mahasiswa baru yang terkadang memakan waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan proses pendataan calon mahasiswa baru, administrasi, pertimbangan yang diterima dan informasi pengumuman Calon mahasiswa baru yang tidak efisien dalam penggunaan waktu, tempat, biaya dan tenaga. Dalam hal ini Mengatasi masalah tersebut membutuhkan sistem yang menyederhanakan dan mempercepat proses analisis dan pengambilan keputusan. Metode yang dapat diterapkan adalah multi-attribute decision making (MADM). Dengan cara ini  Anda dapat menemukan opsi terbaik dari sejumlah besar pilihan dengan kriteria tertentu. Dengan kata lain, Anda dapat menemukan pilihan terbaik untuk kriteria yang akan diprioritaskan untuk perangkingan calon mahasiswa baru pada suatu jurusan. Indikator yang akan digunakan adalah melakukan pencarian 5 calon mahasiswa baru untuk nilai masuk terbaik menggunakan kriteria yang akan dijadikan sebagai faktor untuk memilih kandidat mahasiswa yang akan dibina dan dapat menerima beasiswa adalah Nilai Mata Pelajaran Jurusan, Nilai Bahasa Inggris, dan Nilai Matematika. Kriteria Nilai Hasil Ujian Masuk, Status Ekonomi, dan Riwayat Penghargaan Yang Telah Diperoleh dapat diusulkan sebagai  observasi dan wawancara dengan pimpinan Lembaga Penerimaan Calon Mahasiswa.

References

Fauzan, R., Indrasary, Y., & Muthia, N. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidik Misi di POLIBAN dengan Metode SAW Berbasis Web. Jurnal Online Informatika, 2(2), 79-83.

Muqorobin, M., Apriliyani, A., & Kusrini, K. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW. Respati, 14(1).

Muqorobin, M., Apriliyani, A., & Kusrini, K. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW. Respati, 14(1).

Simatupang, J. (2018). Sistem pendukung keputusan penentuan karyawan terbaik menggunakan metode saw studi kasus amik mahaputra riau. Jurnal Intra Tech, 2(1), 73-82.

Putra, A. S., Aryanti, D. R., & Hartati, I. (2018, November). Metode SAW (Simple Additive Weighting) sebagai Sistem Pendukung Keputusan Guru Berprestasi (Studi Kasus: SMK Global Surya). In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, No. 1, pp. 85-97).

Penta, M. F., Siahaan, F. B., & Sukamana, S. H. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode SAW pada PT. Kujang Sakti Anugrah. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(3).

Adianto, T. R., Arifin, Z., Khairina, D. M., Mahakam, G., & Palm, G. (2017). Sistem pendukung keputusan pemilihan rumah tinggal di perumahan menggunakan metode simple additive weighting (saw)(studi kasus: Kota samarinda). Prosiding 2nd SAKTI, 2(1).

Marbun, E., & Hansun, S. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi Dengan Metode Saw Dan Ahp. ILKOM Jurnal Ilmiah, 11(3), 175-183.

Ikasari, I. H., Amalia, R., & Rosyani, P. (2021). Segmentasi Citra Bunga Menggunakan Blob Analisis. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3(3), 228-234.

Irawan, B., & Rosyani, P. (2022). Perancangan Aplikasi Pengenalan Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur Berbasis Android. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 2(8), 521-526.

Irvan, I., & Rosyani, P. (2021). Implementasi Sistem Monitoring Jaringan Kantor PT Mitra Solusi Infokom Menggunakan Manageengine Opmanager dengan Metode SNMP Protocol. Journal of Information System Research (JOSH), 3(1), 39-46.

Juliono, A., & Rosyani, P. (2022). Implementasi Sistem Monitoring Jaringan Internet Kantor PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) Menggunakan Jessie Observium Dan Mikrotik (Simonjangkar). KERNEL: Jurnal Riset Inovasi Bidang Informatika dan Pendidikan Informatika, 3(1), 27-32.

Mahdiyan, A., & Rosyani, P. (2022). RANCANG BANGUN APLIKASI PENGAJUAN CUTI KARYAWAN BERBASIS ANDROID PADA PT. SURYA TOTO INDONESIA TBK. Biner: Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, 1(1), 10-16.

Nicolaus, A., Maulana, H., Baskoro, S., & Rosyani, P. (2022). PERCANGANGAN PENJUALAN BARANG BANGUNAN BERBASIS WEB PADA TOKO BANGUNAN ENGGAL MAJU. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains, 1(07), 1051-1056.

Published

2022-08-30

How to Cite

Muhammad Gibran Soputra, Yoga Putra Pratama, Lisma Amsi, Robinson Tupu, & Saprudin. (2022). Metode Fuzzy Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Menentukan Calon Mahasiswa Baru Terbaik. BISIK : Jurnal Ilmu Komputer, Hukum, Kesehatan Dan Sosial Humaniora, 1(2), 178–184. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bisik/article/view/364