Optimalisasi Perawatan Injector Guna Menunjang Performa Mesin Induk Di Kapal TB. MDM Banjar

Authors

  • Muh. Fahridhal Khaeril Politeknik Pelayaran Barombong
  • I Made Alet Politeknik Pelayaran Barombong
  • Abu Bakar Politeknik Pelayaran Barombong
  • Sukur Politeknik Pelayaran Barombong
  • Syamsu Politeknik Pelayaran Barombong

Keywords:

Perawatan, Injektor, Mesin Induk

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penyebab kinerja injector yang kurang optimal pada mesin induk, pengaruh kinerja injector yang kurang optimal, dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan optimalisasi kinerja injector guna mendukung kinerja mesin induk. Dengan metode pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan telaah pustaka, penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan data primer maupun sekunder. Berdasarkan hasil temuan penulis, temperatur gas buang pada silinder kanan mesin induk 1, 2, dan 8 Kapal TB. MDM Banjar berada pada kondisi anomali. ditemukan saat kapal berlayar dari Loleba menuju Weda, Halmahera, pada tanggal 27 Juli 2023. Gas buang mesin induk pada silinder 1, 2, dan 8 memiliki temperatur yang tidak normal, yang oleh masinis dianggap sebagai anomali. Berdasarkan hasil temuan penelitian, terdapat penyumbatan pada lubang orifice injector bahan bakar, dan seiring berjalannya waktu, gesekan dengan bahan bakar bertekanan tinggi dan kotoran pada bahan bakar dapat menyebabkan lubang orifice membesar. Temuan ini memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan suhu gas buang di silinder 1, 2, dan 8 mesin utama.

References

Anindya, Y. N. (2017). Identifikasi Penyebab Terhambatnya Sistem Udara Pejalan (Starting Air) pada Mesin Induk Diesel dengan Metode Shel di MT. Serang Jaya/P. 3011. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

Darmana, E., & Hidayat, E. N. (2018). Optimalisasi Perawatan Pengabut Bahan Bakar pada Mesin Induk. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 19(1), 62- 73.

Daryanto dan Ismanto. (2012). Teknik Motor Diesel. Alfabeta.

Dona, S. (2021). Perawatan Injector untuk Menunjang Kinerja Mesin Induk di Kapal MV. Tanto Harmoni.

Dwi, N. H. (2020). Optimalisasi Perawatan Injector Guna Menunjang Performa Diesel Generator di MT. Serang Jaya. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

Handoyo, J. J. (2015). Mesin Diesel Penggerak Utama Kapal. Djangkar, Malang.

Purwanto, F., Farid, A., & Sahbana, M. A. (2014). Analisa Pengaruh Tekanan Pembukaan Injector (Nosel) terhadap Kinerja Mesin pada Motor Diesel Injeksi Tidak Langsung/Indirect Injection. Proton, 6(1).

Sugiyono, (2003). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Fahridhal Khaeril, M. ., Made Alet, I. ., Bakar, A. ., Sukur, & Syamsu. (2025). Optimalisasi Perawatan Injector Guna Menunjang Performa Mesin Induk Di Kapal TB. MDM Banjar. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 3(1), 154–158. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/5093