Implementasi Algoritma Nave Bayes Untuk Memprediksi Kelayakan Kredit Nasabah

Authors

  • Aniq Astofa Universitas Pamulang
  • Eko Sutono Universitas Pamulang

Keywords:

Kredit, Data Mining, Klasifikasi, Naïve Bayes, Aplikasi

Abstract

Dalam memberikan kredit ada resiko yang dihadapi oleh, yaitu terlambatnya pembayaran pengembalian bahkan kegagalan pembayaran kredit. Masalah seperti ini terjadi karena kurang akuratnya pihak pemberi kredit dalam penilaian terhadap kemampuan nasabah, sehingga mengakibatkan kesalahan dalam keputusan pemberian kredit yang berujung pada kemacetan kredit. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut, pihak dalam memberikan pinjaman perlu memprediksi kelayakan pengajuan kredit terlebih dahulu supaya resiko yang timbul dari pemberian kredit kepada calon debitur tidak terlalu besar. Cara untuk menentukan prediksi kelayakan pengajuan kredit yaitu dengan menggunakan algoritma data mining. Salah satu fungsi dalam data mining yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pihak untuk memprediksi kelayakan pengajuan kredit adalah klasifikasi. Metode yang diusulkan adalah naïve bayes. Algoritma naïve bayes bertujuan untuk melakukan klasifikasi data pada kelas tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pola prediksi dari setiap atribut-atribut yang terdapat pada data set dengan menggunakan algoritma naïve bayes dan melakukan pengujian data training terhadap data testing untuk melihat pemodelan data sudah baik atau belum. Dalam membangun aplikasi ini penulis menggunakan bahasa pemrograman visual basic 2008 serta mysql sebagai basis data. Dari hasil implementasi pengujian model data training terhadap data testing sebesar 75%.

References

Vercellis, C., Business Intelligence, Data Mining and Optimization for Decision Making, England: Wiley, 2009.

N. Fitriani, "Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Data Mining Menggunakan Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Resiko Kredit Pada," Skripsi Teknik Informatika AMIKOM, Jogjakarta, 2014.

D. Indonesia, "Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)," Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2008.

C. C. Ciptohartono, "Algoritma Klasifikasi Naive Bayes untuk Menilai Kelayakan Kredit," Skripsi Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, 2014.

Kabir et al., "Credit Risk Assessment and Evaluation System for Industrial Project," International Journal of Trade, Economics and Finance, vol. 1, pp. 331-341, 2010.

E. S. Y. Pandie, "Implementasi Algoritma Data Mining K-Nearest Neighbour (K-NN) dalam Pengambilan Keputusan Pengajuan Kredit," Thesis Sistem Informasi Universitas Diponegoro, Semarang, 2012.

R. D. J. d. Noeryanti, "Aplikasi Metode K-Nearest Neighbor dan Analisis Diskriminan Untuk Analisis Resiko Kredit Pada Simpan Pinjam Di Kopinkra Sumber Rejeki," Jogjakarta, 2014.

R. Oktrivianto, "Aplikasi Data Mining untuk Memprediksi Kelas Resiko Pemberian Kredit Menggunakan Support Vector Machine (SVM)," Tesis Matematika Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2008.

M. Rizki, "Implementasi Data Mining untuk Memprediksi Data Nasabah Bank dalam Penawaran Deposito Berjangka Dengan Menggunakan Algoritma Klasifikasi Naive Bayes," Skripsi Teknik Informatika GUNADARMA, Jakarta, 2014.

M. Berry, Data Mining Techniques, John Wiley & Sons, 2004.

F. A. Hermawati, Data Mining, Yogyakarta: ANDI, 2013.

Bustami, "Penerapan Algoritma Naive Bayes untuk Mengklasifikasi Data Nasabah Asuransi," Jurnal Informatika, vol. 8, p. no.1, 2014.

C. J. a. R. G. Daniela Xhemali, " Naïve Bayes vs. Decision Tree vs. Neural Networks in the Clasification of Training Web Pages," IJCSI International Journal of Computer Science Issues, vol. 4, p. No.1, 2009.

E. D. M. a. M. Aryuni, "Comparative Study of Data Mining Model for Credit Card Application Scoring In Bank," Journal of Theoretical and Applied Information Technology, vol. 59, p. No. 2, 2014.

F. H. N. d. P. Suryati, "Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pengajuan Kredit Sepeda Motor," in Seminar Nasional Teknolofi Informasi & Komunikasi Terapan, Semarang, 2013.

K. d. E. T. Luthfi, Algoritma Data Mining, Yogyakarta: Andi, 2009.

M. I. Hasan, Pokok-pokok Materi Statistik I (Statistik Deskriptif), Jakarta: Bumi Aksara, 2001

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Astofa, A. ., & Sutono, E. . (2024). Implementasi Algoritma Nave Bayes Untuk Memprediksi Kelayakan Kredit Nasabah. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(5), 766–775. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/4442