Perancangan Aplikasi Buku Laporan Harian Satuan Petugas Keamanan Berbasis Android Menggunakan Metode Extreme Programming (PT. Para Satria Indonesiaku)

Authors

  • Samsoni Universitas Pamulang
  • Aprinia Handayani Universitas Pamulang
  • Achmad Sehan Universitas Pamulang

Keywords:

Laporan Harian, Satuan Petugas Keamanan, Extreme Programming

Abstract

Dalam menjalankan tugas yang diberikan, satuan petugas keamanan membutuhkan berbagai laporan operasional penting untuk menjamin keselamatan lingkungan kerja. Penulisan buku laporan yang berbeda secara manual biasanya membutuhkan waktu yang relatif lama. Demikian pula, pengawas untuk secara langsung mengontrol keselamatan lingkungan kerja, dan mereka harus datang untuk memastikan keamanan dan ketertiban, yang membutuhkan waktu dan tenaga. Analisis sistem dan perancangan sistem aplikasi buku laporan harian satuan pengamanan dengan menggunakan teknologi Android yang bekerja pada smartphone yang mendukung sistem operasi Android. Untuk merancang aplikasi berdasarkan kebutuhan proyek yang direncanakan, digunakan metode extreme programming untuk merancang aplikasi ini. Metode Extreme Programming merupakan metode pengembangan perangkat lunak yang termasuk dalam kelompok Agile. Extreme Programming berfokus pada penyampaian perangkat lunak yang cepat, berkualitas tinggi, dan dapat disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pengguna.

References

Al Fajri Ali. (2019). RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN BARANG BERBASIS JAVA PROGRAMMING. Jurnal SIMTIKA.

Adminnyuspaper. (2020, Agustus 16). Cara Cepat Belajar JavaScript. Retrieved from https://nyuspaper.com/: https://nyuspaper.com/2020/08/16/cara- cepat-belajar- javascript/

Ahmad Ansori. (2022, April 26). Pengertian Sequence Diagram : Tujuan, Simbol, dan Contohnya. Retrieved from AnsoriWeb: https://www.ansoriweb.com/2020/04/pengertian-sequence- diagram.html

Alan, D., Barbara, W., & David, T. (2015). Systems Analysis and Design: An Object- oriented Approach with UML. John Wiley & Sons.

Armanto, M. R. (2020, November 17). MEMULAI APLIKASI FLUTTER. Retrieved from raharja.ac.id: https://raharja.ac.id/2020/11/17/memulai- aplikasi- flutter/

Bondan Dwi Hatmoko, Muhamad Noval Anugrah, & Vickry Ramdhan. (2022).SISTEM INFORMASi PEMESANAN CATERING PADA MAYA CATERING BERBASIS JAVA . Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI).

Efa Fitria Aryani, & Samsoni. (2022). Perancangan Sistem Inventory Pada Proses Persediaan Barang Berbasis Web Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Kasus Pada LC Cell). Scientia Sacra: Jurnal Sains, Teknologi dan Masyarakat.

Fachrul Ahaddin . (2019, Juni 6). Apa Itu Activity Diagram. Retrieved from dumetschool: https://www.dumetschool.com/blog/Apa-Itu- Activity- Diagram

Fitri, R., Kom, S., & Kom, M. (2020). Pemrograman Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Depublish.

Frencis Matheos Sarimole, Yuma Akbar, Firza Novianto, Samuel Praja Raymond, Maruli, & Aloisius Awang Hariman. (2022). Implementasi Sistem Monitoring Security Berbasis Web di Komplek Bulak Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Ganteng, H. P. (2021, November 15). Modifier pada Java. Retrieved from https://codepolitan.com/: https://codepolitan.com/blog/modifier-pada- java

Irma Kartika Wairooy. (2019, November 22). UML Diagram : Activity Diagram. Retrieved from School of Computer Science BINUS UNIVERSITY: https://socs.binus.ac.id/2019/11/22/uml-diagram- activity- diagram/

Khesya, N. (2021). MENGENAL FLOWCHART DAN PSEUDOCODE DALAM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN. https://doi.org/10.31219/osf.io/dq45e.

Lidona Kusuma Wardani, Jon Endri, & Lindawati. (2021). Aplikasi Monitoring TamuPada Sistem Keamanan Perumahan Komplek Berbasis Android. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI).

Meri Audrilia, & Arief Budiman. (2020). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Bengkel Berbasis Web (Studi Kasus: Bengkel Anugrah) . JURNAL MADANI: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Samsoni, Handayani, A. ., & Sehan, A. . (2024). Perancangan Aplikasi Buku Laporan Harian Satuan Petugas Keamanan Berbasis Android Menggunakan Metode Extreme Programming (PT. Para Satria Indonesiaku). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(5), 751–765. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/4441