Penerapan Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Ibnu Hajar Boarding School

Authors

  • Annisa Safitri Universitas Indraprasta PGRI
  • Firdhausa Azzahro Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

Metode Pembelajaran, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMA Ibnu Hajar Boarding Shool. Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah dengan metode penelitian  kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai ialah model analisis dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran matematika seperti siswa yang menyakini bahwa matematika itu sulit dan pemahaman konsep materi yang kurang matang. Untuk penerapannya, penggunaan metode pembelajaran dengan ceramah ini efektif untuk diterapkan, terbukti saat proses pembelajaran matematika berlangsungnya secara kondusif, siswa antusias mengikuti pembelajaran dan aktif bertanya dan menjawab. Metode pembelajaran ini juga bisa meningkatkan hasil belajar siswa   dengan nilai yang bagus.

References

Ardiana, Widyastuti, Susanti, Halim, Herlina, Nugroho, & Yuniwati. (2020). Metode pembelajaran guru. Yayasan Kita Menulis.

Dias. (2023). Peran Orangtua Dalam Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Dini Studi Kasus di Rt.002 Rw.01, Pondok Pucung, Tangerang Selatan. Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Fitrya, & Indra. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Literasi Sains. CV Budi Utama.

Hendryadi, & Zannati. (2019). Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis dan Akademik. Lembaga Pengembagan Manajemen dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium).

Nana Sudjana. (2003). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhaliza, Lestari, & Irawani. (2021). Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Historica Didaktika: Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial , 1(2), 11–19.

Pabesak, R. R., & Santoso, M. P. (2023). Penerapan Metode Ceramah dan Tanya Jawab Dalam Proses Pembelajaran Daring di SD Kristen di Medan. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.1-8

Rahman, Munandar, Fitriani, Karlina, & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur - Unsur Pendidikan. Kajian Pendidikan Islam, 2(2).

Sugiarto. (2020). E- Learning Berbasis Scholoogy Tingkat Hasil Belajar Fisika. CV Mine.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syafarudiin, Supiono, & Burhanuddin. (2019). Guru Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Deepublish.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kuriklum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP). Kencana Prenada Media Group.

Wahyuningsih. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan danHasil Belajar. CV. Budi Utama.

Downloads

Published

2024-05-13

How to Cite

Safitri, A. ., & Azzahro, F. . (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Ibnu Hajar Boarding School. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(3), 624–628. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/4182