Implementasi Scan QR Code Pada Sistem Informasi Kehadiran Peserta Seminar Dengan Metode Extreme Programming (XP) (Studi Kasus Laznas Griya Yatim & Dhuafa)

Authors

  • Zulfikar Universitas Pamulang
  • Adi Syaripudin Universitas Pamulang

Keywords:

Absensi, Scan QR Code, Seminar

Abstract

Aplikasi Sistem Informasi kehadiran peserta seminar dirancang untuk mempermudah proses administrasi penyelenggaran kegiatan seminar di Laznas Griya Yatim & Dhuafa. Baik dalam hal pendataan peserta, proses verfikasi kehadiran maupun pelaporan rekap kehadiran peserta seminar. Pada sistem yang berjalan saat ini proses pendataan masih secara manual, dimana informasi yang diberikan untuk undangan seminar kepada peserta hanya melalui pesan singkat via whatsapp dan mading. Proses verifikasi peserta yang hadir harus menandatangani absensi yang menyebabkan antrian untuk memasuki ruangan seminar. Aplikasi ini berbasis mobile dengan menggunakan bahasa pemrograman Dart yang dibangun dalam framework Flutter. Untuk mempercepat performa dan perubahan data secara realtime, database yang digunakan barbasis NoSQL yang disimpan didalam Firebase Cloud Firestore. Aplikasi Sistem Informasi kehadiran peserta menggunakan fitur Scan QR Code dalam proses verifikasi peserta yang hadir, sehingga mempercepat mulainya kegiatan seminar dan menghindari adanya antrian di pintu masuk ruangan seminar.

References

A.S., R. d. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung.

Adumy, D. A., Periyadi, & Ismail , S. I. (2019). Sistem Absensi Seminar Menggunakan QR Code. Universitas Telkom.

Ardianto, P. (2022). Setahun, Jumlah Transaksi QRIS Tumbuh 202%. Retrieved from investor.id: https://investor.id/finance/285785/setahun-jumlah-transaksi-qris-tumbuh-202

Ariadi. (2011). Analisis dan Perancangan Kode Matriks Dua Dimensi Quick Response (QR) Code. Universitas Sumatera Utara.

Cegielski, R. P. (2015). Introduction to Information System. John Wiley and Sons.

Coronel, C. &. (2015). Database Systems: Design, Implementation, & Management. Cengage Learning.

Ellul, J. (2021). The Technological Society. Blackstone Publishing.

Meimaharani, R. &. (2014). E-Commerce Goody Bag Spunbond Menggunakan QR Code Berbasis Web Responsif. SIMETRIS.

Muslihudin Muhamad., O. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. CV. Andi Offset.

Nadzari, G. (2018). Isu Terkini pada basis data NOSQL. STMIK Atma Luhur Pangkalpinang.

Pavithr, A. S. (2015). Degree Certificate Authentication using QR Code and Smartphone. Int. J. Comput. Appl.

Pulungan, A., & Saleh, A. (2019). Pemanfaatan QR Code dalam Memudahkan Proses Absensi Siswa Berbasis Aplikasi Mobile. Universitas Potensi Utama.

Rhomadhona, H. (2018). Penerapan Teknologi QR Code Berbasis Web untuk Absensi Pegawai pada BKPSDM Kabupaten Tanah Laut. Humaniora dan Teknologi.

Roger S. Pressman, B. R. (2019). SOFTWARE Engineering; A Practitioner's Approach. McGraw-Hill Education.

Soon, T. J. (2008). QR Code. Retrieved 2022, from foxdesignsstudio.com: https://foxdesignsstudio.com/uploads/pdf/Three_QR_Code.pdf

Susianto, D., Astika, R., & Syafitri, Y. (2021). Penerapan QR Code Untuk Media Pelayanan Absensi Mahasiswa AMIK Dian Cipta Cendikia. AMIK Dian Cipta Cendikia .

Wahab, S. A. (2015). Analisis Kebijakan Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara . Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Zulfikar, & Syaripudin, A. . (2024). Implementasi Scan QR Code Pada Sistem Informasi Kehadiran Peserta Seminar Dengan Metode Extreme Programming (XP) (Studi Kasus Laznas Griya Yatim & Dhuafa). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(3), 578–587. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/4164