Penerapan Data Mining Menggunakan Metode K-means Dalam Menentukan Minat Masyarakat Terhadap Cryptocurrency Berdasarkan Usia

Authors

  • Anarky Halim Universitas Pamulang
  • Resti Amalia Universitas Pamulang

Keywords:

Cryptocurrency, Investasi, Data Mining, Bitcoin

Abstract

Cryptocurrency adalah uang virtual, uang digital, atau uang elektronik yang berada di dunia maya dan tidak memiliki bentuk benda yang konkret. Cryptocurrency ini memiliki banyak macam, antara lain Litecoin, Monero, Ether, Ripple, Ethereun, Qtum, Dash, Zcash, dan Bitcoin. Keamanan Bitcoin dilindungi oleh teknologi Blockchain. Namun, Bitcoin tidak memiliki asset yang mendasari (underlaying asset) dan tidak ada lembaga otoritas yang bertanggung jawab, kepemilikannya anonim, fluktuasi nilai yang sangat ekstrem, dan lebih didominasi oleh faktor publikasi opini sistem pemasaran. Bitcoin adalah salah satu Cryptocurrency yang diminati untuk menjadi media investasi dalam mencapai keuntungan finansial. Maka dari itu sudah banyak orang yang menggunakan Cryptocurrency ini sebagai aset atau investasi jangka panjang, namun tidak sedikit juga orang yang masih belum familiar terhadap Cryptocurrency ini akibatnya masih banyak yang kurang meminati Cryptocurrency ini. Dalam penelitian tugas akhir ini, dilakukan analisis data mining terhadap masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai minat masyarakat terhadap Cryptocurrency.

References

Saputra, E. (2018). Dampak Cryptocurrency Terhadap Perekonomian Indonesia.

Guo, X., & Donev, P. (2020). Bibliometrics and Network Analysis of Cryptocurrency Research. Journal of Systems Science and Complexity, 33(6), 1933-1958.

Chrystian Purba, H., & Siregar, O. M. (2022) Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Pengguna, Pengetahuan Konsumen dan Promosi Terhadap Penggunaan Cryptocurrency Sebagai Instrument Investasi. JOSR: Journal of Social Research Juni, 1(7), 679-693.

Talakua, M. W., Leleury, Z. A., & Talluta, A. W. (2017). Analisis Cluster Dengan Menggunakan Metode K-Means Untuk Pengelompokkan Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Berdasarkan Indikator Indeks Pembangunan Manusia Tahun 2014. Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 11(2), 119-128.

Sani, A, (2019). Penerapan Metode K-Means Clustering Pada Perusahaan. Jurnal Teknologika, 1-8

Downloads

Published

2024-02-13

How to Cite

Halim, A., & Amalia, R. . (2024). Penerapan Data Mining Menggunakan Metode K-means Dalam Menentukan Minat Masyarakat Terhadap Cryptocurrency Berdasarkan Usia. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(2), 421–426. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3739