IMPLEMENTASI E-COMMERCE SECARA BUSINESS TO CUSTOMER (B2C) UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK FASHION MENGGUNAKAN REACTJS

(Studi Kasus : Zaurach.co)

Authors

  • Rizqi Wahyuni Rohmahwati Universitas Pamulang
  • Hadi Zakaria Universitas Pamulang

Keywords:

E-Commerce, Reactjs, Framework, Fashion, MySQL, Metode RAD

Abstract

Zaurach.Co merupakan salah satu perusahaan online shop yang bergerak di bidang Modest Fashion Wear yang berkiprah sejak tahun 2017. Zaurach.co memiliki berbagai macam jenis produk fashion wanita & pria, seperti dress, casual, atasan, hijab. Tidak hanya produk fashion saja, Zaurach.co kini mengeluarkan produk berupa set aksesoris kalung, cincin, hingga anting untuk menambah hiasan fashion. Zaurach.co mengumpulkan data laporan penjualan, dengan mencatat transaksi penjualan berupa invoice atau kuitansi penjualan ke aplikasi Spreadsheet. Sehingga sering terjadi kesalahan dalam penginputan dan keterlambatan membuat laporan, hal tersebut membuat laporan transaksi penjualan menjadi sering terhambat. Untuk mempermudah pengerjaan dalam membuat laporan penjualan dan juga aplikasi ini bisa membantu dalam meningkatkan promosi produk secara online. Dalam penelitian ini penulis menggunakan framework reactJS, serta database MySQL sebagai penyimpanan data untuk laporan transaksi jual-beli, hingga data pelanggan. Dan penulis menggunakan metode RAD dalam membuat alur perancangannya.  Diharapkan pembuatan aplikasi e-commerce berbasis web ini dapat mempermudah customer dalam melihat informasi produk yang dibutuhkan, serta pemrosesan data tersimpan secara terpusat dan terintegrasi ke dalam database dan dapat memasarkan dan mempromosikan produk secara online.

References

Zakaria, Hadi; Sewaka; Punkastyo, Dimas Abisono. “Interaksi Manusia dengan Komputer”. Tangerang Selatan : Unpam Press (2021).

Andi Ridho Rachman, Beny, Erick Fernando, Perancangan E-Commerce Berbasis Website Pada Toko Mirabella Batik Jambi, Vol. 12, No. 2, Oktober 2017.

Andriani A, Qurniati E, Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Online Dengan Metode Rapid Application Development (RAD), Vol 10, No 3 (2018). AMIK BSI Yogyakarta

Fergiawan Listianto, Fauzi, Rita Irviani, Kasmi. 2017. “Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Mobile Pada Industri Konveksi Seragam Drumband Di Pekon Klaten Gadingrejo Kabupaten Pringsewu.” Jurnal TAM ( Technology Acceptance Model ) 8(2): 146–52.

Hafiz, Lalu Abdul (2021) Implementasi Metode Cross Selling, pada Aplikasi B2C E-Commerce (Studi Kasus: Jendela Kacamata Kreatif). Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

Ismawan, F., Mufti, A., & Hatmoko, B. D. (2018, 11). Analisis Dan Perancangan E - Commerce Business To Costumer (B2C) Dengan Menggunakan Metode Square. Faktor Exacta, 4(8), 332-339.

Sutri, Handayani. 2018. “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-commerce Studi Kasus Toko KUN Jakarta” Jurnal Ilmu Komputer Vol 10, No 2.

Utama, K., Yudhana, A., & Umar, R. (2018, November 24). Membangun Rancangan Sistem Informasi Menggunakan Berbasis Web Mobile (Studi Kasus : Toko Kgs Rizky Motor). Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 1(1), 92-98

Jumiah; Zakaria, Hadi (2022). Implementasi Data Mining Terhadap Penjualan Cloud Hosting Menggunakan Algoritma Apriori. Prosiding Seminar Informatika Dan Sistem Informasi, 6(03), 163-174

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Rizqi Wahyuni Rohmahwati, & Hadi Zakaria. (2023). IMPLEMENTASI E-COMMERCE SECARA BUSINESS TO CUSTOMER (B2C) UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK FASHION MENGGUNAKAN REACTJS: (Studi Kasus : Zaurach.co). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(5), 1331–1345. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3305

Most read articles by the same author(s)