Penerapan Pengujian Black Box Sistem Informasi Manajemen Dosen

Authors

  • Yohanes Yeremias Dala Sula Universitas Pamulang
  • Alfredo Alvares Dace Universitas Pamulang
  • Muhammad Harya Daffa Universitas Pamulang
  • Raihan Hari Dwiguna Universitas Pamulang
  • Aries Saifudin Universitas Pamulang

Keywords:

Pengelolaan Informasi Dosen, SIMDOS, Black Box, Pengujian Fungsional, TestProjek

Abstract

Pengelolaan informasi dosen di Universitas Nusa Nipa melalui sistem informasi manajemen dosen (SIMDOS). SIMDOS adalah aplikasi berbasis web yang bertujuan untuk mengembangkan informasi guna meningkatkan sumber daya manusia dan efisiensi dosen. Dalam rangka memastikan semua proses dan fungsi di dalam SIMDOS berjalan sesuai harapan pengguna, pengujian fungsional sangat penting. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengujian black box, yaitu melalui eksekusi data uji dan pemeriksaan fungsional perangkat lunak. Metode pengujian black box adalah pendekatan yang tidak memperhatikan detail internal perangkat lunak, tetapi fokus pada uji program dengan memasukkan data pada setiap form. Proses pengujian black box dilakukan untuk menentukan apakah program bekerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tahap penelitian dimulai dengan penelitian pendahuluan untuk mendapatkan informasi yang relevan, diikuti dengan identifikasi sistem dan perencanaan pengujian. Selanjutnya, dilakukan pengujian menggunakan pendekatan kotak hitam (black box). Dokumentasi pengujian dibuat untuk melacak semua proses dan hasil pengujian. Analisis sistematis dilakukan untuk mengevaluasi hasil pengujian sebelumnya, dan rekomendasi pengujian diberikan untuk perbaikan lebih lanjut. Hasil implementasi dan pembahasan pengujian black box menggunakan alat otomatisasi TestProject pada SIMDOS menunjukkan bahwa sistem informasi dapat mengelola informasi instruktur dengan baik. Pengujian ini meliputi pengujian sistem secara keseluruhan dan hasil analisis pengujian. Dari 53 tes yang diuji dengan SIMDOS, 51 hasil tes sesuai dengan harapan, sedangkan 2 hasil tes tidak sesuai. Dengan demikian, metode pengujian black box dengan bantuan alat otomatisasi telah memberikan hasil yang memuaskan dalam menyelesaikan masalah pengelolaan informasi dosen melalui SIMDOS. Pengujian ini dapat menentukan kesesuaian aliran aktivitas untuk proses bisnis yang diinginkan pengguna, dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kinerja sistem informasi.

References

Utomo, Y. Sutanto, E. Tiningrum, and E. M. Susilowati, “Menggunakan Black Box Testing Boundary,” J. Bisnis Terap., vol. 04, no. 2, pp. 133–140, 2020.

N. Luh Putri Ari Wedayanti, N. Kadek Ayu Wirdiani, and I. Ketut Adi Purnawan, “Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 7, no. 2, p. 113, 2019, doi: 10.24843/jim.2019.v07.i02.p03.

U. Hanifah, R. Alit, and S. Sugiarto, “Penggunaan Metode Black Box Pada Pengujian Sistem Informasi Surat Keluar Masuk,” SCAN - J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 11, no. 2, pp. 33–40, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/scan/article/view/643.

M. Sholeh, I. Gisfas, Cahiman, and M. A. Fauzi, “Black Box Testing on ukmbantul.com Page with Boundary Value Analysis and Equivalence Partitioning Methods,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1823, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1823/1/012029.

W. N. Cholifah, Y. Yulianingsih, and S. M. Sagita, “Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 2, p. 206, 2018, doi: 10.30998/string.v3i2.3048.

Hidayat, T., & Muttaqin, M. (2018). Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis. Jurnal Teknik Informatika UNIS, 6(1), 25-29.

H. Hendri, J. W. H. Manurung, R. A. Ferian, W. F. Hanaatmoko, dan Y. Yulianti, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Masjid Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, vol. 3, no. 2, hlm. 107–113, 2020.

A. Agustian, I. Andryani, S. Khoerunisa, A. Pangestu, dan A. Saifudin, “Implementasi Teknik Equivalence Partitioning pada Pengujian Aplikasi E-learning Berbasis Web,” Jurnal Teknologi Sistem Inormasi. Dan Aplikasi, vol. 3, no. 3, hlm. 178–184, 2020.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Yeremias Dala Sula, Y. ., Alvares Dace, A. ., Harya Daffa, M. ., Hari Dwiguna, R. ., & Saifudin, A. (2023). Penerapan Pengujian Black Box Sistem Informasi Manajemen Dosen . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(1), 299–309. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3034