PEMILIHAN SUPPLIER MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Authors

  • Nursa Fitriah Universitas Pamulang
  • Iwan Giri Waluyo Universitas Pamulang

Keywords:

Supplier, Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Abstract

Pemilihan suplier yang tepat merupakan hal penting bagi toko mebel dalam menjaga kualitas produk dan keberlanjutan bisnis. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) adalah salah satu pendekatan yang efektif untuk memilih suplier yang paling sesuai dengan kebutuhan toko mebel. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan metode AHP dalam pemilihan suplier toko mebel. Studi ini mencakup beberapa tahapan. Pertama, kriteria-kriteria penting untuk pemilihan suplier toko mebel diidentifikasi, seperti kualitas produk, harga, keandalan suplier, dan layanan purna jual. Kemudian, berdasarkan kriteria-kriteria tersebut, matriks perbandingan pasangan dibentuk untuk menilai tingkat kepentingan relatif antara kriteria-kriteria tersebut. Selanjutnya, matriks perbandingan pasangan dikonsultasikan dengan pemangku kepentingan terkait, seperti manajer toko mebel atau ahli industri, untuk memperoleh bobot relatif dari setiap kriteria. Metode AHP mengolah matriks perbandingan pasangan dan bobot relatif untuk menghitung prioritas relatif dari setiap suplier yang dipertimbangkan.

References

Agustini, & Kurniawan, W. J. (2019). Sistem E-Learning Do’adan Iqro’ dalam Peningkatan Proses Pembelajaran pada TK Amal Ikhlas. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi, 1(3), 155.

Andaru, A. (2019). Pengertian Database Secara Umum. Jurnal Informatika, 4.

Apriadi, H., Amalia, F., & Priyambadha, B. (2019). Pengembangan Aplikasi Kakas Bantu Untuk Menghitung Estimasi Nilai Modifiability Dari Class Diagram. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(11), 76.

Kurniawan, T. A. (2018). Pemodelan Use Case (Uml): Evaluasi Terhadap Beberapa Kesalahan Dalam Praktik. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(1), 77.

Manurian, W., Mubarok, I., Agustin, A. S., Haryanto, & Sania, N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Poin Pelanggaran Tata Tertib Siswaberbasis Website Pada Smk YP Karya 1 Tangerang. Jurnal Informatika, 64.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Nursa Fitriah, & Iwan Giri Waluyo. (2023). PEMILIHAN SUPPLIER MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(5), 1136–1144. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2933