Aplikasi Point Of Sales (POS) Berbasis Website Dengan Menggunakan Laravel

Studi Kasus: Bakmi Djowo

Authors

  • Supron Universitas Pamulang
  • Atang Susila Universitas Pamulang

Keywords:

Website, Point Of Sales, Sistem, Laravel

Abstract

Perkembangan industri makanan di Indonesia semakin banyak dan bermacam-macam sama halnya dengan teknologi yang semakin berkembang. Dengan teknologi kita dapat mempermudah penjualan dari industri makanan tersebut yaitu dengan aplikasi Point Of Sales. Point of Sales merupakan sebuah sistem software yang dapat mencatat setiap transaksi yang dilakukan oleh penjual dan pembeli. Sistem ini pun dapat mencatat setiap detil secara akurat. Di Bakmi Djowo proses pengelolaan transaksi penjualan masih dilakukan secara manual dicatat menggunakan kertas sehingga sering kali terjadi kesalahan apabila pembelian bakmi dalam jumlah yang banyak. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian untuk membuat sistem aplikasi yang dapat mempermudah dalam melakukan transaksi penjualan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan aplikasi Sistem Point of Sales (POS) menggunakan framework laravel. Dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode waterfall. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan (Observasi), Wawancara(Interview), dan Penginputan data-data menu makanan berdasarkan data didapatkan dari Bakmi Djowo. Untuk perancangan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, JavaScript, MySQL. UML digunakan sebagai pemodelan perancanganan aplikasi penjualan berbasis website ini.

References

Ramadhanu, A. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dan Pendistribusian Bibit Benih Ikan Pada Bbi ( Balai Benih Ikan ) Perikanan Limapuluh Kota Secara Online Menggunakan Bahasa. KomTekInfo Vol. 4, No. 1, Juni 2017, Hal. 1-8, 4(1), 1–8.

Tahir, T. Bin, Rais, M., Hs, M. A., Studi, P., Elektro, T., Teknik, F., & Khairun, U. (2019). Aplikasi Point OF Sales Menggunakan Framework Laravel Point OF Sales Appilaction using Laravel Framework. 2(2), 55–60.

Syukron, A., & Hasan, N. (2015). Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan Berbasis Web Pada Puskesmas Winong. Jurnal Bianglala Informatika, 3(1), 28–34.

Daniel, R., Rahmat Iskandar, A., Teknik Telkom Jakarta, A., Daan Mogot, J. K., & Khusus, D. (2020). Perancangan Aplikasi Jual-Beli Hasil Peternakan Berbasis Web. EJournal Mahasiswa Akademi Telkom Jakarta (EMIT), 2(1), 27–35. http://ejournal.akademitelkom.ac.id/emit/index.php/eMit/article/view/29

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Supron, & Susila, A. . (2023). Aplikasi Point Of Sales (POS) Berbasis Website Dengan Menggunakan Laravel : Studi Kasus: Bakmi Djowo . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(1), 160–167. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2902