Penerapan Teknologi Fortigate Dalam Pembangunan Jaringan VPN Berbasis SSL-VPN (Studi Kasus: Kementerian PANRB)

Authors

  • Nur Bayu Universitas Pamulang
  • Atang Susila Universitas Pamulang

Keywords:

VPN, Fortigate, SSL VPN, Efisiensi

Abstract

Kebutuhan akses jarak jauh dalam komuniasi data pada jaringan publik ke sumber daya jaringan menjadi hal yang penting dalam kegiatan operasional. Dengan meningkatnya kebutuhan untuk menyediakan akses jarak jauh ke sumber daya jaringan kantor maka VPN dikembangkan. Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan publik dan menggunakannya untuk bergabung dengan jaringan lokal. Perangkat FortiGate sebagai firewall dan gateway yang saling terhubung dan membentuk tunnel sebagai jalur khusus yang menghubungkan jaringan private lokal yang ada di KEMENPANRB walaupun dalam mengaksesnya menggunakan jaringan yang bersifat publik. Dari hasil penelitian didapatkan hasil, waktu yang lebih cepat dengan menggunakan teknologi VPN. Dengan menghilangkan selisih waktu tersebut user dapat lebih cepat untuk mendapatkan dokumen yang dibutuhkan dan dapat dengan segera melakukan pekerjaan yang lainnya. Dengan demikian, waktu kerja pegawai menjadi lebih efisien dan produktivitas pekerjaan menjadi meningkat serta dapat menunjang kinerja.

References

AFRIANTO, I. (2019). KAJIAN VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN) SEBAGAI SISTEM PENGAMANAN DATA PADA JARINGAN KOMPUTER (Studi Kasus Jaringan Komputer Unikom). Majalah Ilmiah UNIKOM, 12(1).

Alcatel. (2021). 3 PERBEDAAN UNMANAGED SWITCH DAN MANAGED SWITCH. Https://Alcatelkomunikasi.Com/3-Perbedaan-Unmanaged-Switch-Dan-Managed-Switch/.

Amera. (2021). Winbox Mikrotik: Fitur-fitur, Cara Menggunakan & Link Download. GFN.

Bayu, A. (2020). PENGEMBANGAN JARINGAN KOMPUTER DENGAN METODE PPDIOO PADA PT. SAKTI INTI MAKMUR CABANG PALEMBANG.

Desmira. (2016). ANALISISJARINGAN LAN DAN WLAN PLTU PADA PT. PEMBANGKITAN JAWA BALI UNIT MUARA KARANG JAKARTA. Jurnal PROSISKO, 3(2).

Hafid, M. (2020). FortiClient Untuk Memudahkan Anda Terkoneksi Jaringan Kantor Anda dari Rumah Selama WFH. Https://Dapenbri.Co.Id/2020/10/05/Gunakan-Saja-Forticlient-Untuk-Memudahkan-Anda-Terkoneksi-Jaringan-Vpn-Kantor-Anda-Dari-Rumah-Anda/.

Hidayatulloh, S. (2014). ANALISIS DAN OPTIMALISASI KEAMANAN JARINGAN MENGGUNAKAN PROTOKOL IPSEC. JI, 1(2).

Jho. (2023). PuTTY: Aplikasi Remote Server & SSH Client Andalan. JogjaHosting.

Kusuma, G. H. A. (2021). Perancangan Skema Sistem Keamanan Jaringan Web Server menggunakan Web Application Firewall dan Fortigate untuk Mencegah Kebocoran Data di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Informatics and Advanced Computing, 2(2).

Maryanto. (2018). Metode Internet Protocol Security (IPSec) Dengan Virtual Private Network (VPN) Untuk Komunikasi Data.

Putra, O. D., Destiarini, & Rahman, A. (2022). PENGGUNAAN VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN) PADA PT SEMEN BATURAJA (PERSERO) TBK. INTECH, 3(1).

Putra, P. R. (2011). VPN (VIRTUAL PRIVATE NETWORK). Https://Eripahle.Wordpress.Com/2011/09/24/Vpn-Virtual-Private-Network/.

Rosmana. (2015). IMPLEMENTASI VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN) DENGAN OTENTIKASI RADIUS SERVER PADA PT. ANUGERAH TUNGGAL MANDIRI JAKARTA. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 7(1).

Subekti, R. (2020). IMPLEMENTASI VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN) SEBAGAI SOLUSI SECURITY SELAMA WORK FROM HOME. JUNIF, 1(1).

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Bayu, N. ., & Susila, A. (2023). Penerapan Teknologi Fortigate Dalam Pembangunan Jaringan VPN Berbasis SSL-VPN (Studi Kasus: Kementerian PANRB). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(1), 153–159. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2899