Perancangan Sistem Informasi Layanan Pemesanan Percetakan Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall

(Study Kasus : Percetakan Gema Niaga)

Authors

  • Wardhana Setiawan Pratama Universitas Pamulang
  • Resti Amalia Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Informasi, Web, Waterfall

Abstract

Dengan ini penulis akan menggunakan metode penelitian Waterfall sehingga proses perancangan sistem akan lebih terstruktur dan hasil yang akan didapat dari pembuatan sistem ini dapat lebih menghemat waktu, tenaga, biaya, serta   memperbaiki sistem pemesanan yang masih manual. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode Waterfall. Menurut Pressman metode Waterfall adalah sebuah model pengembangan sekuensial yang bersifat sistematis dan berurutan saat membangun perangkat lunak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, dengan adanya perancangan sistem informasi layanan pemesanan percetakan berbasis web menggunakan metode waterfall pada percetakan Gema Niaga, maka memudahkan dalam melakukan pencatatan bukti transaksi konsumen dan dapat tersimpan di database sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pencatatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, dengan adanya perancangan sistem informasi layanan pemesanan percetakan berbasis web menggunakan metode waterfall pada percetakan Gema Niaga maka dapat mempermudah konsumen dalam melakukan pemesanan tanpa harus mendatangi secara langsung ke tempat percetakan sehingga tidak menghabiskan banyak waktu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, dengan adanya perancangan sistem informasi layanan pemesanan percetakan berbasis web menggunakan metode waterfall pada percetakan Gema Niaga maka dapat membuat laporan tanpa menggunakan sistem pencatatan pada buku laporan dan tidak mengakibatkan kesulitan dalam mencari data konsumen yang kemungkinan bisa mengakibatkan kerugian bagi percetakan gema niaga.

References

A.S, Rosa dan M Shalahudin. (2015). Rekayasa Perangkat lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Arif, M. F. (2019). Analisis & Perancangan Sistem Informasi.

Fitri Ayu, N. P. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Praktek Kerja Lapangan (PKL) Pada Devisi Humas PT. Pegadaian, 2(2), 12–26.

G. W. Sasmito, 2017. “Penerapan Metode Waterfall pada Desain Sistem Informasi

Geografis Industri Kabupaten Tegal,” J. Inform. Pengemb. IT, Vol. 2, No. 1, pp. 6–12.

Hasanudin, M. (2018). Rancang Dan Bangun Sistem Informasi Inventori Barang Berbasis Web ( Studi Kasus Pt . Nusantara Sejahtera Raya ). Jurnal IKRA-ITH Informatika, 2(3), 24–37.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Khasani, G. P., & Surjawan, D. J. (2016). Aplikasi Inventory Berbasis Web Pada PT Telkomsel NS Tasikmalaya. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 2(3), 319–330.

Marisa, F. (2017). Web Programming. Yogyakarta: Deepublish.

Mulyani, S., Suzan, L., Sagara, Y., Yuniarti, E., Karya, C. D., Azizah, Z. N., et al. (2018). Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Unpad Press.

Nugroho, Bunafit. 2014. Pemrograman Web :Membuat Sistem Informasi Akademik Sekolah dengan PHP-MySql dan Dreamweaver. Yogyakarta : Gava Media.

Nugroho, Eko. 2010. Sistem Informasi Manajemen: Konsep Aplikasi dan Perkembangnya. Yogyakarta: CV Andi OFFSET.

Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Orbit Station),” J. Teknol. dan Sist. Inf., Vol. 1, No. 2, pp. 64–70.

Rahmalisa, U. (2019). Aplikasi Inventory Berbasis Web Menggunakan Bahasa Pemograman Php Dan Mysql (Studi Kasus Stikes Hang Tuah Pekanbaru). Jurnal Ilmu Komputer, 7(2), 51–57.

Sari, A. O., & Nuari, E. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Dengan Metode Fast (Framework for the Applications). None, 13(2), 261–266.

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal, 2(1), 6–12.

Y. Anggraini, D. Pasha, Damayanti, and A. Setiawan, 2020. “Sistem Informasi

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Setiawan Pratama, W. ., & Amalia, R. (2023). Perancangan Sistem Informasi Layanan Pemesanan Percetakan Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall : (Study Kasus : Percetakan Gema Niaga). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(1), 245–257. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2861

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.