Hujan Buatan Untuk Pendingin Kandang Pada Plasma Berkah Perkasa Menggunakan Internet Of Things (Iot)

Authors

  • Nur Kholis Putra Universitas Pamulang
  • Khaerul Ma'mur Universitas Pamulang

Keywords:

Monitoring, Kontrol Pompa Air, Sistem Pendinginan

Abstract

Kandang milik salah satu plasma berkah perkasa memiliki sistem pendinginan yang menggunakan kipas dan hujan buatan sebagai alat pendinginanya, di mana pada penelitian ini saya mengambil alat sprayer sebagai studi kasus penelitian ini, penerapan teknologi yang digunakan adalah dengan memanfaatkan Internet Of Things dalam sistem pendinginan ruangan kandang. Adanya lot menggantikan aktivitas dalam mengoprasikan sistem pendinginan saat ini. Di mana dalam pengoprasian (menghidupkan dan mematikan alat sprayer masih di lakukan secara manual yaitu dengan datang langsung ke kandang untuk melakukan penghidupan dan mematikan pompa air yang di gunakan untuk menghasilkan tekanan air untuk melakukan sprayer di kandang, di mana dengan adanya teknologi ini di harapkan dapat membantu setiap pengoprasian sistem pendinginan yang di gunakan. Di mana alat ini menggunakan yang terkoneksi pada android. Di mana pada pengaplikasianya alat yang terhubung menggunakan koneksi Wi-Fi dengan ketentuan sensor yang telah diatur berdasarkan kebutuhan suhu yang sesuai pada ruangan kandang.

References

Devi, N. S., Erwanto, D., & Utomo, Y. B. (2018). Perancangan Sistem Kontrol Suhu Dan Kelembaban Pada Ruangan Budidaya Jamur Tiram Berbasis IoT. Multitek Indonesia.

Hidayat, H. (2020). IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS PADA SISTEM KONTROL SUHU DAN KELEMBABAN RUANGAN PADA BUDIDAYA JAMUR MERANG. Universitas Teknokrat Indonesia.

Hilmi, A., Aming, D., & Wijayanto, K. (2021). Sistem Kontrol Suhu Ruangan dengan Metode Fuzzy Logic Controller Berbasis Mikrokontroler dan IoT.

Megawati, D., Masykuroh, K., & ... (2020). Rancang bangun sistem monitoring pH dan suhu air pada akuaponik berbasis internet of thing (IoT).

Orlando, D., Kaparang, D., & Santa, K. (2021). Perancangan Sistem Kontrol Suhu Ruangan Server Menggunakan Arduino Uno Di Pusat Komputer Universitas Negeri Manado. JOINTER: Journal of Informatics

Rahayu H. S., I., Darwati, S., & Mu’iz, A. (2019). Morfometrik Ayam Broiler dengan Pemeliharaan Intensif dan Akses Free Range di Daerah Tropis. Jurnal Ilmu Produksi Dan Teknologi Hasil Peternakan, 7(2), 75–80.

Silalahi, F. D., & Dian, J. (2021). Implementasi Internet Of Things (Iot) Dalam Monitoring Suhu Dan Kelembaban Ruang Produksi Obat Non Steril Menggunakan Arduino Berbasis Web.

Wardandy, iIham S. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Daging Ayam Broiler, 16.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Kholis Putra, N. ., & Ma’mur, K. . (2023). Hujan Buatan Untuk Pendingin Kandang Pada Plasma Berkah Perkasa Menggunakan Internet Of Things (Iot). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(1), 118–124. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2849