Perancangan Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Hipertensi Dengan Metode Teorema Bayes Berbasis Web

Studi Kasus: UPTD Puskesmas Beji

Authors

  • Andika Padillah Universitas Pamulang
  • Agus Heri Yunial Universitas Pamulang

Keywords:

Hipertensi, Sistem Pakar, Teorema Bayes

Abstract

Abstrak-Pada penelitian mengenai rancangan sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit Hipertensi pada manusia dengan mengimplementasikan metode teorema bayes sebagai alat ukurnya. Teorema Bayes adalah teorema yang digunakan dalam statistika untuk menghitung peluang suatu hipotesis. Basis pengetahuan sistem pakar diperoleh dari akuisisi pengetahuan pakar yaitu dokter. Penelitian ini menggunakan 10 data yang didapat melalui rekam medis, lalu rekam medis yang ada diimplementasikan kedalam sistem. Hasil pada sistem dicocokan dengan pakar hingga mendapatkan angka kecocokan maksimal dan hasil identifikasi yang mendekati. Berdasarkan dari 10 data yang telah diujikan terhadap pakar dan sistem, sistem dapat mendeteksi 5 jenis penyakit hipertensi yaitu Hipertensi Esensial, Hipertensi Sekunder, PreEklampsia, Hipertensi Maligna dan Hipertensi Pulmonal . Untuk pasien yang mengalami hipertensi dan sesuai dengan validasi pakar adalah 10 pasien dan hasil yang didapatkan sesuai. Sehingga untuk tingkat akurasi sistem berdasarkan hasil validasi pakar dan sistem adalah 100%.

References

Abdulghani, T., & Solehudin, T. (2018). Sistem Informasi Pengelolaan Administratif Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Berbasis Client-Server Studi Kasus Di Desa Sindangasih Kecamatan Karangtengah. Jurnal Ilmiah SANTIKA, 8(2).

Aprilyana Puspa, M. (2018). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Hipertensi Menggunakan Metode Naive Bayes Pada Rsud Aloe Saboe Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah, 10.

Aulia, M. A., Dina, R., Setyowati, L., Km, S., & Kes, M. (2021). Modul Pencegahan Hipertensi dengan “kardio.” In Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman.

Dinas Kota Depok, K. (2021). Profil Kesehatan Kota Depok. Dinas Kesehatan Kota Depok.

Fadillah, M. R., Andika, B., & Saripurna, D. (2020). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Dan Hama Penyerang Tanaman Bougenville Dengan Metode Teorema Bayes. Jurnal Sains Manajemen Informatika Dan Komputer, 19(1), 88–99. https://ojs.trigunadharma.ac.id/

Kemenkes, R. I. (2018). Manajemen Program Pencegahan Dan Pengendalian Hipertensi Dan Perhitungan Pencapaian Spm Hipertensi.

Oscar, D., & Minarto, E. (2020). Rational Unified Proses Dalam Pembagunan Web Aplikasi Administratif Rukun Tetangga (RT).

Ridho, M. (2015). Pengaruh Kentang (Solanun tuberosum L.) terhadap Hipertensi.

Riskesdas. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018.

Sihotang, H. T. (2018). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit pada Tanaman Jagung dengan Metode Bayes. In Journal Of Informatic Pelita Nusantara (Vol. 3, Issue 1).

Sulardi, N., & Witanti, A. (2020). Sistem Pakar Untuk Diagnosis Penyakit Anemia Menggunakan Teorema Bayes. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 1(1), 19–24. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2020.1.1.12

Talitha Fendya, W., & Chendra Wibawa, S. (2018). Pengembangan Sistem Kuesioner Daring Dengan Metode Weight Product untuk Mengetahui Kepuasan Pendidikan Komputer Pada Lpk Cyber Computer. Jurnal IT-EDU, 03(Nomor 01 Tahun 2018), 45–53.

Trisa Pradipta, N., & Darusalam, U. (2017). Perancangan Sistem Informasi Analisis Medik Menggunakan Logika Fuzzy Sugeno Berbasis Data Rekam Medik Pada Penyakit Hipertensi. In Jurnal Ilmiah Informatika (Vol. 2, Issue 1).

Yanti, F., Sutresna, J., & Perdana Sari, Y. (2021). Pengenalan Computer Vision dalam Penyampaian Mata Pelajaran di Smp 242 Jakarta. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, 3(1)

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Padillah, A. ., & Heri Yunial, A. . (2023). Perancangan Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Hipertensi Dengan Metode Teorema Bayes Berbasis Web : Studi Kasus: UPTD Puskesmas Beji. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(1), 125–133. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2844