Automation Testing Tool Dalam Pengujian Website Sistem Informasi Pembayaran Iuran Dan LKS Di MTS Al-Ittihad Menggunakan Puppeteer

Authors

  • Ihsan Nurkholis Universitas Pamulang
  • Agus Heri Yunial Universitas Pamulang

Keywords:

Pengujian, Automation Testing, Puppeteer, Black Box

Abstract

Secara umum, black box testing biasanya dilakukan secara manual. Namun, dalam penelitian ini, digunakan automation testing. Tools yang digunakan adalah Puppeteer dan Jest. Puppeteer dapat dikonfigurasi untuk dijalankan dalam mode full (non-headless). Selain itu, Puppeteer dapat menyederhanakan proses pengujian yang kompleks dan memberikan umpan balik yang jelas untuk setiap test case. MTs AL-ITTIHAD sedang mengembangkan website sistem informasi pembayaran iuran dan LKS akan tetapi website itu belum dilakukan pengujian, sehingga kemungkinan adanya bug sangat besar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas website sistem informasi pembayaran iuran dan LKS serta mengevaluasi efektivitas penggunaan Puppeteer dalam automation testing untuk pengujian black box. Setelah penelitian dilakukan, ditemukan beberapa kesalahan dalam website tersebut. Pengujian menggunakan Puppeteer dalam penelitian ini sangat cepat dan mengurangi waktu pengujian, serta memberikan laporan yang simpel dan mudah dipahami.

References

al Khalil, A., & al Ibrahim, F. (2020). Automation Testing Tool for Web Application.

Faisal, A., Nurkholis, I., & Nurkholis, A. (2021). SISTEM INFORMASI IURAN DAN LKS PADA SEKOLAH MTS AL-ITTIHAD BERBASIS WEB.

Herlinda, Katarina, D., & Windia Ambarsari, E. (2019). AUTOMATION TESTING TOOL DALAM PENGUJIAN APLIKASI BELAJAR TAJWID PADA PLATFORM ANDROID.

Kosasih, Y., & Cahyono, A. B. (2021). Automation Testing Tool Dalam Pengujian Aplikasi The Point Of Sale (Studi Kasus TPOS PT. JAVASIGNA INTERMEDIA).

Queirós, R. (2022). WebPuppet - A Tiny Automated Web UI Testing Tool. OpenAccess Series in Informatics, 102. https://doi.org/10.4230/OASIcs.ICPEC.2022.10

RIZKY ANINDITA. (2021). PERBANDINGAN MANUAL TESTING DAN AUTOMATIC TESTING PADA INTERNET BANKING STUDI KASUS : KLIK BCA INDIVIDUAL.

Thabroni, G. (2022). Black Box Testing – Pengertian, Ciri, Jenis, Kategori & Langkah. Serupa.Id. https://serupa.id/black-box-testing -pengertian-ciri-jenis-fungsi-kategori/

Titus Aditya Kinaswara, Nasrul Rofi’ah Hidayati, & Fatim Nugrahanti. (2019). Rancang BangunAplikasi Inventaris Berbasis Websitepada Kelurahan Bantengan.

Tresnavitane, G. K. S. (2020). PENGUJIAN APLIKASI MOBILE UNTUK LELANG MOBIL DENGAN METODE BLACK BOX MENGGUNAKAN AUTOMATION TESTING TOOL.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Nurkholis, I., & Heri Yunial, A. . (2023). Automation Testing Tool Dalam Pengujian Website Sistem Informasi Pembayaran Iuran Dan LKS Di MTS Al-Ittihad Menggunakan Puppeteer . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(1), 101–108. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2832